2 Cara Menjadi Dropship di Shopee dengan Akun Pembeli/Penjual

Shopee merupakan salah satu market place terbesar di Indonesia yang digunakan oleh masyarakatnya untuk berbelanja semua kebutuhan hidup secara online. Cara menjadi dropship di Shopee pun adalah salah satu cara masyarakat untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Salah satu bisnis yang paling mudah dijalankan adalah menjalankan dropship. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan saat menjadi dropshipper salah satunya adalah tidak membutuhkan banyak modal usaha. Lantas apa saja yang harus diketahui tentang dropship dan cara menjadi dropship di Shopee?

Prinsip Usaha Dropship

Prinsip-Usaha-Dropship

Dropship adalah salah satu bentuk usaha yang tidak membutuhkan modal banyak. Apalagi di era digital ini, dropshipper hanya membutuhkan modal kuota internet dan promosi untuk memasarkan produknya. Dropship bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun.

Konsep atau prinsip kerja dari usaha dropship adalah dropshipper atau penjual memasarkan dan menjual kembali dengan harganya sendiri produk yang dijual oleh orang lain (supplier) tanpa harus membeli produknya terlebih dahulu.

Berbeda dengan reseller di mana penjual diharuskan membeli barang yang dijadikan sebagai stock, pada usaha dropship, dropshipper hanya perlu melakukan pemesanan terhadap barang-barang yang dipesan oleh pembeli ke supplier.

Selanjutnya, supplierlah yang akan mengemas dan mengirim barang pada pembeli atas nama dropshipper. Terdengar sangat mudah, namun yang harus dilakukan oleh penjual adalah rutin melakukan promosi produk-produknya untuk menarik pembeli.

Hal Penting Sebelum Memulai Dropship di Shopee

Ada beberapa hal penting yang bisa menjadi catatan dan perhatian ketika ingin memutuskan untuk bergabung sebagai dropshipper di Shopee, di antaranya adalah :

1. Memilih Produk untuk Dijual

Memilih-Produk-untuk-Dijual

Hal pertama yang harus ditentukan sebelum berdagang adalah memilih produk yang akan dijual. Di Shope ada banyak sekali pilihan produk dan bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali dengan cara dropship.

Calon dropshipper juga bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui kategori produk apakah yang paling banyak diminati oleh konsumen. Beberapa kategori populer antara lain gadget, kecantikan, alat rumah tangga dan baju-baju baik anak maupun dewasa.

2. Mencari Supplier yang Tepat

Mencari-Supplier-yang-Tepat

Setelah mendapatkan kira-kira produk apa saja yang ingin dijual, Langkah selanjutnya adalah mencari dan menentukan supplier yang tepat. Caranya tentu dengan mencari toko yang menjualbarang-barang yang ingin dijual kembali.

Kemudian menghubungi calon supplier dan bertanya apakah menerima kerja sama melalui sistem dropship. Jika calon supplier bersedia, selanjutnya adalah memasarkan produk untuk dijual dengan sistem dropship.

3. Tidak Bekerja Sama dengan Banyak Toko

Tidak-Bekerja-Sama-dengan-Banyak-Toko

Salah satu alasan mengapa dropshipper sebaiknya tidak bekerja sama dengan banyak toko sebagai supplier adalah untuk menghindari menumpuknya ongkos kirim yang harus dibayarkan. Hanya bekerja sama dengan satu supplier juga memudahkan dari segi pemesanan dan komunikasi.

Kelebihan Bisnis Dropship di Shopee

Kelebihan-Bisnis-Dropship-di-Shopee

Sebelum masuk ke cara menjadi dropship di Shopee, alangkah baiknya bagi calon dropshipper untuk mengetahui kelebihan apa saja yang bisa didapatkan ketika terjun ke bisnis dropship di Shopee. Kelebihan yang pertama adalah tidak membutuhkan modal yang besar.

Dropshipper bisa menjual berbagai macam produk tanpa harus memiliki stok barang dan memikirkan proses packing serta pengiriman. Shopee sendiri memiliki fitur dropshipper yang memudahkan dropshipper untuk menjual barang-barang milik supplier.

Sebagian besar supplier pun welcome dengan adanya fitur ini. Di satu sisi, ini akan meningkatkan promosi produk-produk yang mereka sediakan dan menambah jumlah konsumen yang masuk ke toko mereka melalui dropshipper.

Shopee sendiri adalah pasar online dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dengan adanya promo gratis ongkir yang tak pernah surut diberikan, Shopee menjadi pilihan pertama konsumen untuk berbelanja secara daring. Oleh sebabnya, peluang menjadi dropshipper di Shopee sangat bagus.

Cara Menjadi Dropship di Shopee

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjadi dropshipper di Shopee. Pertama adalah dengan menggunakan akun sebagai pembeli dan yang kedua adalah membuat akun tersendiri sebagai penjual. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Dropship dengan Akun Pembeli

Dropship-dengan-Akun-Pembeli.
  • Memiliki akun Shopee

Apabila calon dropshipper belum memiliki akun Shopee, daftarkan terlebih dahulu untuk mendapatkan akun dengan cara mendownload aplikasi Shopee dan melakukan pendaftaran menggunakan email atau nomor ponsel.

  • Memesan Produk

Selanjutnya adalah melakukan pemesanan produk sesuai dengan apa yang dipesan oleh konsumen pada toko atau supplier yang telah dipilih.

  • Check Out

Jangan lupa untuk melakukan check out setelah melakukan pemesanan. Periksa Kembali apakah benar produk-produk tersebut merupakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

  • Mengisi Alamat Pembeli

Berikutnya adalah mengisi alamat pembeli secara manual dengan cara menambahkan alamat baru. Biasanya, jika dropshipper menggunakan akun pribadi maka alamat yang dimasukkan adalah alamat rumah dropshipper itu sendiri, oleh sebabnya harus disesuaikan dengan alamat pembeli.

  • Pilih “Kirim Sebagai Dropshipper”

Terakhir adalah dengan mengklik pilihan “kirim sebagai dropshipper” dan masukkan nama dropshipper atau nama toko dropshipper disertai dengan nomor ponsel aktif.

Dropship dengan Akun Penjual

Dropship-dengan-Akun-Penjual

Cara menjadi dropship di Shopee yang kedua adalah dengan menggunakan akun sebagai penjual. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti :

  • Memiliki Akun Shopee

Tanpa mempunyai akun Shopee tentu aktivitas jual beli tidak akan bisa dilakukan. Apabila sudah memiliki akun, maka langsung masuk ke tahapan berikutnya.

  • Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Semua pembeli di Shopee pasti akan berburu dan memanfaatkan promo gratis ongkir yang disediakan oleh Shopee. Toko harus mengaktifkan fitur ini agar pembeli bisa menggunakan fasilitas gratis ongkir tersebut.

  • Masukkan Nomor Rekening Bank

Tahapan selanjutnya adalah menginput nomor rekening di mana uang hasil dropship akan dibayarkan.

  • Mengisi Alamat dengan Alamat Supplier

Jika dropshipper menggunakan akun penjual, maka alamat yang harus dimasukkan adalah alamat penjual. Hal ini akan berpengaruh pada perhitungan ongkos kirim untuk setiap kota. Pastikan juga, dropshipper telah benar-benar menghubungi pihak supplier dan mencapai kata sepakat untuk bekerja sama.

  • Mengupload Foto Produk

Langkah terakhir adalah dengan mengunggah foto produk ke akun toko milik dropshipper. Lagi-lagi, pastikan dropshipper telah mencapai kata sepakat untuk bekerja sama dengan supplier dan meminta izin untuk mengupload Kembali foto-foto yang digunakan di toko supplier.

Hal ini sangat diperlukan agar toko yang dijadikan supplier tidak salah paham dengan kesamaan yang dibuat oleh dropshipper mulai dari alamat toko hingga foto-foto produknya. Apalagi saat ini, isu mengenai plagiasi foto dari toko online sedang menjadi isu yang sensitif.

  • Mempromosikan Produk pada Konsumen

Gunakan strategi marketing yang baik untuk menarik pembeli agar membeli barang-barang dari toko dropshipper. Beberapa fitur seperti ads yang tersedia di media sosial bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi.

Cara menjadi dropship di Shopee adalah salah satu bisnis yang sangat bisa dicoba dan memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar pula. Shopee sebagai market place dengan pengguna terbesar di Indonesia memberikan kesempatan besar bagi pebisnis yang ingin merintis usaha.

Leave a Comment

x