7 Cara Memulai Usaha Jual Beli HP Bekas dan Baru, Cepet Laku!

Usaha jual beli HP termasuk salah satu usaha yang masih memiliki prospek hingga jauh di masa mendatang. Sifat teknologi yang bergerak dinamis akan terus berkembang, dimana HP atau smartphone menjadi bagian dari teknologi itu sendiri.

Eksistensi smartphone yang secara perlahan dianggap bukan lagi sebuah barang mewah tentunya memberikan nilai plus bagi usaha yang satu ini. Kebutuhan akan smartphone yang timbul dari tuntutan masyarakat saat ini merupakan faktor dominan yang akan terus meningkatkan permintaan HP di market.

Kiat Membangun Usaha Jual Beli HP Agar Sukses

Dalam setiap usaha atau bisnis yang akan dijalankan, tentunya seseorang harus mengikuti pakem atau kiat khusus agar lebih menjamin keberhasilan dalam menjalankan bisnis tersebut. Tak terkecuali usaha jual beli HP baruatau bekas, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan.

Suatu permulaan yang baik akan menentukan langkah selanjutnya, begitulah quote yang memang telah terbukti kebenarannya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan tatkala hendak memulai sebuah bisnis jual beli HP, di antaranya:

1. Kuasai Berbagai Produk Knowledge HP

Kuasai-Berbagai-Produk-Knowledge-HP

Untuk memulai sebuah usaha, apapun usaha tersebut tidak terbatas pada bisnis jual beli HP saja, hal utamanya adalah menguasai produk knowledge. Tentunya dalam hal ini adalah HP atau smartphone. Pahami segala informasi terkait produk maupun seri HP.

Ada begitu banyak variasi produk smartphone di market, mulai dari segi merk, sistem operasi, spesifikasi, ataupun fitur. Hal-hal seperti itulah yang harus dikuasai seorang penjual HP atau Smartphone.

Semakin menguasai, tentunya konsumen akan merasa trust dengan penjual yang penuh wawasan akan suatu produk. Selain itu, ini akan membuat pebisnis paham benar tentang produk mana yang harus dipilih dan ditawarkan kepada konsumen.

2. Menentukan Modal Awal

Menentukan-Modal-Awal

Menetapkan modal awal adalah satu dari hal yang harus diperhatikan dan penting dalam memulai usaha jual beli HP atau smartphone. Sadari bahwa usaha ini memerlukan modal yang cukup besar bila dibandingkan usaha-usaha lainnya yang tak ada kaitannya dengan teknologi.

Benar adanya bila usaha apapun yang berhubungan dengan teknologi selalu memerlukan modal yang tidak sedikit. Kalkulasi dengan cermat pengeluaran apa saja yang harus dipersiapkan.

Ini misalnya pengeluaran untuk tempat usaha (termasuk lokasi dari tempat usaha tersebut), pembelian produk, serta anggaran operasional tiap bulan pada awal-awal usaha dijalankan. Selain itu, jangan lupa membuat list dan prioritas. 

3. Pilih Produk Resmi

Pilih-Produk-Resmi

Sekedar saran, sebaiknya produk HP yang dijual bukanlah barang palsu melainkan berstatus resmi. Jual produk yang resmi dan telah mematuhi berbagai mekanisme yang telah diatur dalam peraturan pemerintah. ini akan membuat usaha jual beli HP terlindungi secara hukum.

Produk yang resmi pun berkorelasi dengan kualitas HP atau smartphone yang diperdagangkan. Pada akhirnya hal ini akan memberikan kenyaman dalam pemberian pelayanan terhadap konsumen, baik sebelum atau sesudah bertransaksi.

Memang produk yang ilegal di satu sisi ditawarkan dengan harga yang murah, namun tidaklah bijak untuk mempertaruhkan jerih payah membangun usaha hanya dikarenakan hal tersebut.

4. Pilih Distributor yang Terpercaya

Pilih-Distributor-yang-Terpercaya usaha jual beli hp

Memilih distributor atau produk HP yang berkualitas akan ikut memberi peranan terhadap kenyamanan dan membangun kepercayaan konsumen. Untuk memenuhi hal tersebut, sangat disarankan memilih agen atau distributor yang resmi.

Memang dalam memilih sedikit membingungkan, namun cermatilah dengan seksama mulai dari jenis HP yang ditawarkan, harga, serta respon distributor terhadap apa yang diperlukan penjual.

Terutama pada sisi harga yang akan ditawarkan, bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga pasaran. Ini penting karena sisi ini begitu besar dampaknya bagi besaran profit yang bisa diperoleh.

5. Cari Lokasi Strategis

Cari-Lokasi-Strategis usaha jual beli hp

Menjalankan usaha secara konvensional (memiliki tempat fisik dan langsung melakukan penjualan) jelas perlu memperhitungkan lokasi atau tempat usaha tersebut dijalankan. Dalam bisnis jual beli HP pun hal ini sangat berpengaruh bagi kelangsungan usaha yang akan dijalankan. 

Poinnya adalah cari lokasi terbaik dengan tingkat kunjungan para konsumen yang paling tinggi.

Begitu pentingnya lokasi sebenarnya tidak menjadi krusial bila faktor penunjang lain seperti layanan, misalnya, kurang bagus. Di sisi lain, lokasi nan strategis begitu sangat besar mempengaruhi konsumen secara psikologis.

6. Berikan Garansi Produk Maupun Service

Berikan-Garansi-Produk-Maupun-Service usaha jual beli hp

Beberapa hal yang telah dibahas sebelumnya merupakan hal utama dalam menyiapkan atau memulai sebuah bisnis jual beli HP. Namun, ada juga beberapa hal lain yang cukup krusial untuk diterapkan agar bisnis jual beli HP yang dijalankan bisa sukses paripurna.

Metode atau cara penjualan akan selalu memberikan efek kuat bagi keberhasilan suatu usaha apapun. Hal tersebut berlaku pula pada bisnis jual beli HP sehingga siapapun yang menjalankan bisnis ini pun harus memperhatikan benar-benar caranya berjualan.

Salah satu di antaranya adalah pemberian garansi produk atau service pada konsumen. Ini merupakan bagian dari suatu metode penjualan yang benar. Pemberian garansi juga dapat membuat konsumen memiliki keinginan untuk berbelanja kembali.

7. Jual Produk Secara Online

Jual-Produk-Secara-Online

Selain menjual langsung, metode penjualan lain yang bisa diterapkan adalah menawarkan produk secara online (online shop). Pada era digital seperti sekarang, mendongkrak penjualan hanya dengan mengandalkan penjualan offline saja rasanya mustahil.

Melakukan berbagai promo pun dapat dilakukan agar dapat lebih menarik hati para konsumen. Tetap melakukan perhitungan yang seksama dan cermat untuk menentukan metode penjualan sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kerugian.

8. Update Terhadap Perubahan Harga

Update-Terhadap-Perubahan-Harga usaha jual beli hp

Usaha jual beli HP telah disinggung merupakan bisnis berbasis teknologi yang senantiasa dinamis. Pembaharuan akan selalu ada secara kontinyu yang mengakibatkan perubahan harga pada produk HP.

Terkait masalah harga, inilah faktor yang seringkali berpengaruh besar terhadap pertimbangan konsumen untuk memiliki sebuah HP. Untuk menentukan barometer perubahan harga yang terjadi, disarankan untuk mengikuti perubahan harga yang diupdate distributor resmi.

Harga yang selalu berubah-ubah jatuhnya akan membingungkan para konsumen. Dari poin ini, alangkah bijaknya bila berpatokan pada harga yang ditentukan distributor resmi.

9. Tunjang dengan Aksesoris

Tunjang-dengan-Aksesoris

Tak lengkap rasanya bila menjual HP tapi tidak menjual aksesorisnya sekalian. Untuk itu, gerai HP yang dimiliki selain menjual produk smartphone sebaiknya juga dilengkapi dengan berbagai aksesorisnya, semisal headset, charger, baterai, dan sejenisnya.

Namun, sekali lagi, aksesoris ini pun perlu dipertimbangkan dari mana supplier pemasoknya. Kualitas juga perlu dipikirkan sebagaimana kualitas HP yang dijual.

Dari sekian banyaknya kiat jitu memulai bisnis jual beli HP di atas, hal pamungkas yang menjadi roh dari semuanya adalah keuletan dan semangat pantang menyerah. Meski semuanya sudah disiapkan, kalau modal terakhir ini tidak punya, rasanya akan sangat kurang.

Usaha jual beli HP baru dan second semuanya sama saja. Intinya, kemauan untuk mau meng-upgrade diri dengan segala kebaruan teknologi adalah modal yang juga tak kalah penting. Sudah siap sukses sebagai pengusaha jual beli HP? Siap-siap sedari sekarang. 

Leave a Comment

x