Cara Cek Mutasi di ATM BRI, Mobile, SMS, dan I-Banking

Belum banyak nasabah bank BRI yang mengetahui cara cek mutasi di ATM BRI meskipun mereka sudah tercatat sebagai nasabah lama. Mengetahui cara pengecekan mutasi merupakan hal yang bisa dibilang penting sebab nasabah bisa mengetahui catatan transaksi maupun riwayat keuangannya.

Seorang nasabah bisa tahu kapan uang masuk dan keluar dengan rutin melakukan pengecekan mutasi. Sisa saldo akan jelas diketahui setelah melakukan pengecekan mutasi. Seorang nasabah juga bisa mengetahui rincian transaksi dengan sedetail mungkin. Lalu bagaimana cara untuk mengecek mutasi?

Cara Cek Mutasi di ATM BRI Terbaru

Bagi yang ingin sekali mencoba mengecek mutasi dengan mesin ATM, panduan bawah ini bisa membantu. Nasabah BRI hanya perlu mencari gerai ATM BRI paling dekat.

  1. Pertama, kunjungi gerai ATM BRI yang dirasa terdekat.
  2. Selanjutnya, segera masukkan kartu ATM BRI.
  3. Masukkan PIN.
  4. Setelah itu, pilihlah menu dengan nama ‘Transaksi Lainnya’.
  5. Kemudian pilih saja opsi yang ‘Info Rekening’.
  6. Setelah itu pilihlah opsi yang ‘Mutasi Rekening’.
Setelah-itu-pilihlah-opsi-yang-Mutasi-Rekening
  • Kemudian, tunggu sampai layar ATM BRI menampilkan informasi mengenai lima transaksi terakhir dari akun keuangan.
  • Cetak ke bentuk struk untuk tampilkan riwayat transaksi dari rekening BRI tersebut.

Namun, kekurangan dengan cara cek mutasi melalui ATM BRI ini adalah hanya bisa menunjukkan lima transaksi keuangan terakhir pada akun bank nasabah sehingga untuk transaksi di luar tersebut tidak akan ditampilkan.

Apabila ingin mengecek mutasi yang lebih lengkap dengan periode lebih panjang, maka bisa gunakan cara-cara lain. Ada banyak metode yang bisa dilakukan selain menggunakan cara cek Mutasi di ATM BRI di atas.

Cara Cek Mutasi BRI Lainnya

1. Cara Cek Mutasi BRI Menggunakan Aplikasi BRI Mobile

Cara selanjutnya untuk mengecek mutasi BRI adalah dengan menggunakan aplikasi BRI mobile. Aplikasi mobile banking dari BRI yang sering disebut dengan BRImo ini sering digunakan sebagai alternatif yang mudah untuk cek transaksi keuangan pada akun nasabah.

Bahkan, BRImo ini bisa juga digunakan untuk cek mutasi tanpa menggunakan buku tabungan sekalipun sampai setahun terakhir. Informasi hasil cek mutasi BRI yang disediakan dari aplikasi BRImo juga bisa nasabah simpan ke format PDF untuk dibagikan ke pihak lain, berikut panduannya:

  • Bukalah aplikasi BRImo yang sudah terinstal di ponsel.
  • Selanjutnya, login saja ke akun BRImo dengan memasukkan username dan password.
  • Jika sudah berhasil login, maka klik saja menu ‘Mutasi’.
Jika-sudah-berhasil-login-maka-klik-saja-menu-Mutasi.
  • Setelah itu pilihlah menu bertuliskan ‘Rekening’.
  • Nasabah kemudian bisa klik ikon dengan bentuk kalender.
  • Pilih saja bulan maupun tanggal yang hendak nasabah lihat riwayat transaksinya.
  • Terakhir, pilih saja bulan maupun tanggal pada kalender tersebut dan nantinya layar menampilkan riwayat transaksi pada akun rekening yang dicek.

2. Cara Cek Mutasi BRI Menggunakan I-Banking

Bagi pengguna internet banking BRI, maka pengecekan mutasi juga bisa dilakukan dengan metode ini. Nasabah hanya perlu mengakses akun tabungan dengan menggunakan browser dan bisa dilakukan di browser smartphone atau laptop.

Bagi yang hendak melakukan cara ini, pastikan jika internet yang ada di ponsel ataupun laptop benar-benar stabil, berikut panduannya:

  1. Pertama, buka situs i-banking BRI di situs ib.bri.co.id.
  2. Kemudian masuklah dengan mengetikkan user ID, password, kemudian nomor validasi di layar.
  3. Selanjutnya klik ‘Masuk’.
  4. Setelah itu, klik ikon tiga garis oranye di pojok kiri bagian atas.
  5. Selanjutnya, pilihlah opsi menu ‘Rekening’.
  6. Pilihlah ‘Mutasi Rekening’.
Pilihlah-Mutasi-Rekening
  • Pilih saja periode tanggal dan bulan yang ingin dicek transaksi rekeningnya.
  • Terakhir, klik ‘Tampilkan’ dan nantinya layar i-banking BRI akan menampilkan riwayat transaksimu sesuai periode yang dipilih.

3. Cara Cek Mutasi BRI dengan Menggunakan SMS Banking

Selain menggunakan ATM BRI, ada juga cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk cek mutasi, yakni dengan SMS Banking. Cara yang ketiga ini terbilang mudah karena nasabah hanya perlu mengirim sebuah SMS menggunakan format tertentu saja, berikut panduannya:

  • Buka menu ‘SMS’ pada ponsel.
  • Setelah itu ketiklah ‘INFOMUTASIPIN SMS BANKING’ pada menu SMS.
Setelah-itu-ketiklah-INFOMUTASIPIN-SMS-BANKING
  • Selanjutnya, kirimlah SMS ke nomor 3300.
  • Nantinya, akan ada SMS masuk dari 3300 yang menampilkan riwayat transaksi dari akun rekening BRI.

Hanya saja kekurangan dari cek mutasi rekening BRI menggunakan SMS Banking sendiri akan dikenakan potongan pulsa Rp660 per satu kali SMS. Jadi pastikan jika pulsa yang dimiliki cukup untuk melakukan pengecekan.

4. Cara Cek Mutasi BRI Melalui Teller

Cara-Cek-Mutasi-BRI-Melalui-Teller

Terakhir, nasabah bisa mengecek mutasi BRI langsung dengan berkunjung ke kantor cabang BRI. Pastikan untuk membawa buku tabungan. Selanjutnya, ambil saja antrian ke teller dan tunggu sampai nomor dipanggil.

Sampaikan tujuan ke teller dan buku tabungan akan dicetak lengkap dengan riwayat transaksi pada akun BRI nasabah.

Fungsi Melakukan Mutasi di ATM BRI

Ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan oleh seorang nasabah ketika melakukan pengecekan mutasi sehingga penting baginya untuk mengetahui cara cek mutasi. Berikut panduan untuk mengecek mutasi di ATM BRI:

1. Sebagai Bukti Transaksi

Sebagai-Bukti-Transaksi

Fungsi yang pertama melakukan pengecekan mutasi rekening adalah sebagai bukti telah melakukan transaksi keuangan. Nantinya, di dalam mutasi tersebut akan ada detail mengenai setiap transaksi keuangan entah data uang yang masuk dan keluar.

Semuanya akan tercatat dengan jelas sekali dengan periode waktu nya. Nah, catatan riwayat keuangan ini bisa digunakan untuk menghindari adanya kesalahan ketika bertransaksi. Misalnya, ketika nasabah membeli barang dengan cara online, namun seller merasa belum ada transfer uang masuk.

Maka dengan adanya mutasi rekening, nasabah bisa menjadikannya sebagai bukti bahwa transaksi pembelian sudah dilakukan dan tentu bisa terhindar dari double transfer atau penipuan.

2. Syarat Ajukan Visa

Syarat-Ajukan-Visa

Di berbagai negara memberikan syarat kepada pengunjung untuk melampirkan buku tabungan lengkap dengan catatan transaksi. Mutasi rekening ini harus ditunjukkan dalam waktu 3 atau 6 bulan sebelum pengajuan untuk membuat visa.

Syarat bukti mutasi selama 3-6 bulan ini sangat penting untuk dilampirkan sebagai bukti untuk pemerintah negara yang dituju bahwa pengunjung memiliki uang untuk bisa tinggal sementara di sana.

Jumlah uang yang tersimpan di rekening tabungan dengan catatan keuangan yang lengkap juga sebagai jaminan bahwa pengunjung tidak akan menjadi gelandangan di negara yang dituju. Bukti mutasi dan saldo rekening yang tersisa juga menjadi jaminan agar pengunjung bisa kembali ke negara asalnya.

3. Syarat Ajukan Pinjaman ke Bank

Syarat-Ajukan-Pinjaman-ke-Bank

Bagi nasabah yang ingin ajukan pinjaman, ada beberapa bank yang memberikan syarat untuk lampirkan mutasi rekening. Sebagai contoh, ingin ajukan KPR untuk beli rumah, maka beberapa bank mengharuskan calon peminjam untuk lampirkan mutasi rekening selama periode tertentu.

Lampirkan bukti mutasi yang dimiliki oleh calon peminjam menjadi pertimbangan penting untuk bank untuk menganalisa arus keuangan yang dimiliki nasabah.

Jika arus keuangannya lancar, maka bank bisa saja menyetujui pengajuan peminjaman. Sebaliknya, jika arus keuangannya tidak stabil, maka bank juga kemungkinan tidak bisa menyetujui pengajuan peminjaman.

Cara cek Mutasi di ATM BRI bisa dilakukan dengan mengunjungi gerai ATM terdekat dan memasukkan nomor PIN. Sementara jika ingin menggunakanaplikasi BRImo dan I-banking BRI bisa memasukkan ID akun dan password. Bisa juga dengan SMS Banking ke 3300 atau melalui teller.

Leave a Comment

x