Anggaran Promosi Instagram Per Bulan? Ini Penjelasannya

Berbicara tentang anggaran promosi Instagram, pastinya ada yang beranggapan jika dana yang diperlukan besar.

Akibatnya beberapa orang pun merasa ragu untuk promosi di Instagram karena takut mahal. Padahal tidak demikian karena promosi di Instagram sendiri sebenarnya cukup terjangkau.  

Lantas berapa anggaran promosi instagram yang sebenarnya harus disiapkan? Apa saja jenis promosi yang ada di Instagram?

Temukan semua jawaban tersebut hanya disini!. Sebelum itu ada baiknya untuk mengetahui dulu keuntungan melakukan promosi di Instagram. 

Keuntungan Promosi Instagram

Keuntungan-Promosi-Instagram

Instagram termasuk salah satu media yang terpopuler saat ini. Selain asik untuk digunakan sebagai media sosial ternyata Instagram juga cukup efektif dijadikan media promosi.

Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari promosi instagram seperti:

1. Kegiatan Promosi Jadi Lebih Mudah

Adanya Instagram menjadikan kegiatan promosi akan lebih mudah karena ada fitur iklan di instagram.

Melalui fitur tersebut produk akan diiklankan dengan sedemikian rupa supaya dilihat banyak orang dan bisa menarik calon pembeli.

Untuk menggunakan fitur ini memang harus mengeluarkan biaya tersendiri.

Meski begitu, hasil yang diperolehpun tentunya sesuai dengan yang dikeluarkan. Bahkan bisa jadi hasil yang diperoleh akan melebihi target.

2. Jangkauan Lebih luas

Promosi menggunakan instagram sangat memungkinkan untuk mampu menjangkau banyak orang dari seluruh dunia.

Hal ini tentunya bisa terjadi karena aplikasi instagram ini sangat populer dan sudah digunakan oleh hampir semua orang yang ada di dunia.

Apalagi sekarang di Instagram ada fitur yang namanya tab explore yang diperuntukan khusus untuk pebisnis atau pemilik toko online.

Adanya fitur ini tentunya akan membantu suatu bisnis atau toko online mempunyai jangkauan yang lebih luas lagi.

Jangkauan yang luas inilah yang nantinya mampu membuat suatu bisnis mempunyai kesempatan menarik para pelanggan baru baik pelanggan dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan begitu bisnis pun bisa berjalan dan berkembang dengan baik.

3. Meningkatkan Branding

Pada umumnya orang lebih suka belajar secara visual. Inilah alasan kenapa platform seperti instagram menjadi salah satu platform yang digemari banyak orang.

Instagram sendiri juga sudah terbukti cukup unggul dalam hal memamerkan dan menjelaskan suatu produk.

Untuk itulah promosi melalui instagram bisa sangat menguntungkan suatu bisnis terutama dalam hal branding dan membangun karakter. Dengan begitu suatu bisnis mampu menargetkan pasarnya secara tepat.

Misalnya saja toko online yang menjual produk fashion memanfaatkan fitur story untuk memperlihatkan koleksi terbarunya.

Melalui story ini para follower akan tahu produk apa saja yang terbaru. Efeknya banyak orang yang jadi tahu produk tersebut.

Hal tersebut otomatis akan membuka kesempatan memperoleh pelanggan baru dengan cara ini. Supaya lebih efektif jangan lupa untuk menuliskan kontak bisnis atau link website.

Berbagai keuntungan diatas pastinya sudah cukup menjadi alasan yang kuat untuk segera mencoba promosi melalui instagram.

Apalagi jenis promosi di platform ini juga cukup beragam jadi anggaran promosi instagram bisa disesuaikan dengan dana yang ada, berdasarkan jenis iklan yang dipilih. 

Jenis Iklan Promosi di Instagram

Iklan promosi yang ada di instagram ternyata mempunyai banyak sekali jenisnya.

Adapun setiap jenis itu sendiri juga bisa disesuaikan dengan market yang ditargetkan dan besarnya anggaran promosi instagram yang ada.

Ini dia beberapa jenis iklan promosi di Instagram yang bisa jadi pilihan:

1. Iklan Cerita

Iklan-Cerita

Jenis iklan ini termasuk yang paling dasar dengan memanfaatkan fitur stories yang ada di Instagram.

Iklan promosi yang satu ini bisa langsung dihubungkan dengan website bisnis sehingga memudahkan para calon pelanggan. 

Tak hanya itu saja fitur yang satu ini juga efektif menjangkau banyak pelanggan dalam satu harinya.

Untuk itulah membuka story atau cerita bisa menjadi rutinitas wajib untuk menarik perhatian calon pelanggan atau pembeli baru. 

2. Iklan Foto

Iklan-Foto

Iklan yang satu ini ditawarkan oleh pihak instagramnya sendiri. Iklan promosi yang satu ini biasanya akan muncul di timeline dari para pengguna Instagram.

Adapun fungsi dari iklan ini biasanya untuk mempromosikan salah satu foto produk yang telah diunggah di sebuah akun

Iklan foto ini tak hanya bisa menampilkan foto dan akun dari pemilik bisnis saja, namun dilengkapi juga dengan tulisan biru Shop Now atau call to action untuk membeli produk yang dipromosikan.

Hal ini memang sangat sederhana namun cukup menarik dan efektif.

3. Iklan Video

Iklan-Video

Tak hanya foto saja, ternyata Instagram juga menyediakan fitur mengunggah video yang bisa dimanfaatkan untuk promosi.

Adapun video promosi yang bisa diunggah maksimal berdurasi 2 menit dengan format persegi atau landscape. 

Untuk itulah sebelum membuat iklan video pastikan untuk membuat konsep terlebih dahulu.

Konsep itu pun harus dibuat semenarik mungkin supaya efektif menarik perhatian dan minat yang melihatnya.

klan-Promosi-Carousel

Iklan promosi yang satu ini umumnya berupa rincian produk yang lebih jelas.

Iklan ini pun bisa dibuat dalam satu postingan dengan isi berbagai jenis produk maupun satu produk dengan sisi yang berbeda berupa foto atau video.

5. Iklan Promosi Koleksi

Iklan-Promosi-Koleksi

Jenis iklan ini umumnya mempunyai format persegi namun isinya sangat banyak.

Adapun jenis iklan yang satu ini cukup sering digunakan untuk jenis produk yang berhubungan dengan gaya hidup yang dapat dilihat dari berbagai sudut atau sisi.

6. Iklan di jelajah

Iklan-di-jelajah

Dalam instagram ada fitur jelajah yang bisa membuat para penggunanya dapat melihat beberapa hal dari akun yang tidak di follownya.

Untuk tampilan yang bisa dilihat melalui fitur jelajah ini sendiri biasanya sesuai dengan like maupun interaksi yang dilakukan pengguna.

Fitur ini tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk atau barang yang ditawarkan. Untuk itulah pastikan akun bisnis mempunyai tampilan yang menarik dan meyakinkan. 

Berbagai jenis iklan yang ada di atas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga ketersediaan anggaran promosi Instagram yang ada.

Satu hal yang harus diperhatikan apapun jenis iklan promosi yang dipilih pastikan itu tidak memberatkan dan memang cocok untuk jenis bisnis yang dijalankan.

Berapa Besarnya Anggaran Promosi Instagram Per Bulan?

Berapa-Besarnya-Anggaran-Promosi-Instagram

Setiap orang pasti mempunyai modal dan anggaran promosi yang berbeda-beda, tergantung media promosi yang akan digunakan.

Di Instagram sendiri rata-rata biaya iklannya dibandrol dengan harga sekitar 25.000 per harinya. Harga tersebut adalah yang paling terjangkau.

Namun ada juga kabar terbaru yang menyebutkan jika dengan uang 10 ribu rupiah saja promosi melalui instagram sudah bisa dilakukan. Meski begitu tetap saja untuk masalah jumlah tayang dan jangkauannya juga disesuaikan.

Untuk iklan di instagram yang biayanya 10 ribu ini umumnya hanya mampu menjangkau sekitar 3400 orang saja dan tentunya durasi penayangannya cukup terbatas. 

Adapun untuk yang ingin promosi dengan jangkauan yang lebih luas dan sering ditayangkan paling mahal adalah 10 juta rupiah.

Untuk biaya iklan yang satu ini memang tergolong mahal tapi harga tersebut tentunya sesuai dengan hasil yang akan diperoleh.

Jadi untuk promosi melalui instagram ini ada baiknya untuk menyiapkan anggaran promosi Instagram paling minim 25 ribu dan jika mampu sebanyak mungkin sekitar 10 juta.

Bagi kamu yang ingin beriklan dengan jumlah dana yang besar tetapi tidak memiliki kartu kredit, kamu dapat membaca artikel berikut ini tentang cara pembayaran di instagram ads dengan dan tanpa cc.

Hal ini karena semakin besar biaya promosi iklan yang dikeluarkan akan semakin baik untuk perkembangan bisnis.

Gambaran biaya diatas tentunya sudah cukup untuk dijadikan referensi dalam membuat anggaran Promosi Instagram.

Pada dasarnya besarnya biaya promosi ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan skala bisnis yang dijalankan.

Apabila kemampuan memang terbatas dan skala bisnis masih kecil atau baru mulai maka memilih jenis iklan gratis seperti memanfaatkan fitur story atau memilih promosi yang biayanya terjangkau bisa jadi keputusan yang bijak.

Sebaliknya bila memang dana promosi tersedia dan bisnis sudah berkembang maka memilih jenis promosi dengan jangkauan yang luas dan harga yang agak mahal bisa jadi pilihan terbaik.

Dengan begitu bisnis bisa semakin dikenal dan berkembang lebih baik lagi.

Leave a Comment