Seberapa Besar Kekayaan Bambang Trihatmodjo? Ini Sumber & Aset

Nama Bambang Trihatmodjo tentu tidak asing di telinga masyarakat di Indonesia. Bambang Trihatmodjo sendiri termasuk dalam keluarga Cendana. Tak heran banyak orang yang merasa penasaran seberapa besar kekayaan Bambang Trihatmodjo.

Seorang Bambang Trihatmodjo memang sering kali wara wiri di media Indonesia. Hal ini terjadi setelah ia kedapatan menikah secara diam-diam dengan penyanyi Mayangsari. Tak heran jika namanya menjadi sangat populer di antara anggota keluarga Cendana lainnya.

Profil Singkat Bambang Trihatmodjo

Sebelum membahas lebih jauh tentang kekayaan Bambang Trihatmodjo, tak ada salahnya Anda mengetahui profil singkat sosok karismatik tersebut. Bambang Trihatmodjo merupakan putra kedua dari mantan Presiden RI yakni Soeharto.

Ia suami dari wanita bernama Halimah Agustina Kamil, yakni putri dari seorang mantan diplomat di masa pemerintahan sang mertua, yakni Presiden Soeharto. Bukan hanya itu, ia juga sempat menikah secara siri atau diam-diam dengan salah seorang penyanyi cantik yaitu Mayangsari.

Terbaru, Bambang Trihatmodjo sedang menjalani sidang gugatan perceraian atas Halimah selaku istri pertamanya. Bambang menggugat cerai Halimah, sesudah 26 tahun menjadi istrinya dan memberikan 3 orang anak.

Anak-anak Bambang Trihatmodjo dengan Halimah antara lain Gendis Siti Hatmanti, Panji Adhikumoro, dan terakhir Bambang Aditya Trihatmanto. Kabarnya, perceraian itu merupakan buntut dari tindakan Halimah yang tak mau dimadu.

Bahkan ia bersama anak-anaknya sempat melakukan perlawanan dan melakukan penyerangan ke kediaman Mayangsari. Sementara itu, dengan pernikahannya dengan Mayangsari, ia dikaruniai seorang anak yang bernama Khirani Siti Hartinah.

Sumber Kekayaan Bambang Trihatmodjo

Bertahta sebagai Pangeran Cendana, bukan rahasia umum lagi jika Bambang Trihatmodjo mempunyai kekayaan yang melimpah. Bahkan disebut-sebut suami Mayangsari ini mempunyai gunungan harta yang jumlahnya tak sedikit, tepatnya mencapai 28 triliun, benarkah?

Terlepas dari hubungannya yang problematic, rupanya Bambang Trihatmodjo termasuk salah satu putra dari Keluarga Cendana yang mempunyai banyak usaha. Bahkan, Bambang Tri pernah masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia.

Tak heran ramai orang merasa penasaran seberapa besar kekayaan Bambang Trihatmodjo. Walaupun begitu, dalam perjalanan berbisnis, Bambang menemui berbagai tantangan setelah masa reformasi.

Apalagi, kabarnya Bambang mempunyai utang kepada negara yang jumlahnya mencapai 50 miliar. Pernah masuk ke dalam daftar orang terkaya d Tanah Air, lantas dari mana saja sumber kekayaan suami Mayangsari tersebut?

1. PT Tugu Reasuransi Indonesia

PT Tugu Reasuransi Indonesia

Ayah dari empat orang anak ini merupakan pemilik dengan nilai saham sebesar 42.96% di perusahaan bernama PT Reasuransi Indonesia. Sebagai informasi, PT Tugu Reasuransi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di industri asuransi.

Namun tak ada informasi yang menyebut seberapa besar pendapatan Bambang Trihatmodjo dari perusahaan PT Tugu Reasuransi Indonesia. Namun PT Tugu Reasuransi Indonesia hanyalah salah satu dari banyaknya perusahaan yang diinvestasikan oleh Bambang Trihatmodjo.

2. Bimantara Group

Menurut informasi yang beredar, Bambang Trihatmodjo mempunyai saham di sebanyak 96 perusahaan yang tersebar di Indonesia. Di antara 96 perusahaan itu, 35 di antaranya merupakan subsidiary company. Bukan itu saja, lebih dari 50% modal perusahaan berasal dari Bimantara.

Sementara itu, di 48 perusahaan, Bimantara mempunyai saham kurang dari kisaran 50%. Sedangkan di siste 13 perusahaan lain, Bimantara mempunyai saham sekitar 10% hingga 20%. Sekedar informasi, Bimantara bergerak di bermacam sektor antara lain:

  • Konstruksi
  • Transportasi
  • Broker asuransi
  • Industri kimia
  • Perhotelan
  • Real estate, dan masih banyak lagi.

3. Perusahaan yang Bergerak di Bawah Bimantara Group

Perusahaan yang Bergerak di Bawah Bimantara Group

Rupanya, sumber kekayaan Bambang Trihatmodjo tak hanya berasal dari Bimantara Group. Sebab masih banyak perusahaan lain yang berada di bawah naungan Bimantara Group dan termasuk dalam perusahaan besar serta ternama.

Di bawah ini ada sederet perusahaan yang berada di bawah naungan Bimantara Group:

  • Indonesia Air Transport
  • RCTI
  • Chandra Asri
  • Plaza Indonesia

4. PT Asriland

PT Asriland

Usaha seorang Bambang Trihatmodjo yang merupakan sumber kekayaannya tak hanya sebatas itu. Sebab Bambang Trihatmodjo juga seorang pemilik dari sebuah perusahaan yang bernama PT Asriland dan masih berada di bawah naungan Bimantara Group.

Sebagai informasi, PT Asriland merupakan perusahaan yang bergerak di bidang televisi swasta, transportasi, perkebunan, konstruksi, properti, dan perdagangan.

5. PT Bumi Kusuma

PT Bumi Kusuma

Masih ada lagi bisnis Bambang Trihatmodjo yang termasuk sebagai sumber penghasilan sang Pangeran Cendana. Adapun Bambang Trihatmodjo mendirikan induk usaha yang ia beri nama sebagai PT  Bumi Kusuma.

Ada sejumlah perusahaan yang berada di bawah naungan PT Bumi Kusuma. Beberapa perusahaan yang bernaung di bawah PT Bumi Kusuma antara lain:

  • PT Citra Auto Nusantara / Ford.
  • PT Gelatindo Multi Graha (merupakan produsen di bidang cangkang kapsul).
  • PT Lima Satria Nirwana (bergerak di bidang agen Mercedes Benz).

Aset Kekayaan Bambang Trihatmodjo

Aset Kekayaan Bambang Trihatmodjo

Banyaknya sumber kekayaan seorang Bambang Trihatmodjo tentu membuatnya mempunyai aset yang jumlahnya tidak sedikit. Di banyak perusahaan, Bambang Trihatmodjo mempunyai aset yang jumlahnya tidak sedikit antara lain:

1. Aset di PT Tugu Reasurensi Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bambang Trihatmodjo mempunyai saham sebesar 42.96% di perusahaan PT Tugu Reasuransi Indonesia yang bergerak di industri asuransi besar di Indonesia.

Menurut informasi yang beredar, Bambang Trihatmodjo mempunyai aset sebesar 105,7 miliar Rupiah dalam perusahaan tersebut.

2. Asset di Bimantara Citra

PT Bimantara Citra berdiri sejak tahun 1981 silam oleh Bambang bersama rekannya. Perusahaan tersebut bergerak di banyak bidang dengan asset tersendiri. Dengan jenis bidang kimia misalnya, Bambang Trihatmodjo mempunyai aset sebesar 666,7 miliar Rupiah.

Kemudian ada juga bidang agrobisnis yang terdiri dari sebuah perusahaan kayu di Balikpapan dan Nestle dengan total asset sebesar 957,7 miliar Rupiah. Dari jenis kegiatan sisanya, asset yang ia miliki sebesar 957,7 miliar Rupiah. Namun kabarnya Bambang sudah tak mempunyai saham di sana.

3. Aset Lainnya di Bimantara Group

Dari beberapa perusahaan di bawah perusahaan Bimantara Group, Bambang Trihatmodjo mempunyai aset yang jumlahnya tidak sedikit. Selain yang sudah disebutkan di atas, berikut ini ada sejumlah aset Bambang Trihatmodjo dari Bimantara Group:

  • Bidang pertambangan dan energi sebesar 234,9 miliar Rupiah
  • Farmasi sebesar 10 miliar Rupiah
  • Otomotif mencapai 148,6 miliar Rupiah
  • Real estate dan property sebesar 881,8 miliar Rupiah
  • Transportasi udara 120,2 miliar Rupiah
  • ¬∑Media dan komunikasi mencapai 382,6 miliar Rupiah

4. Rumah

Tak hanya bisnis, rumah Bambang Trihatmodjo yang megah tentu saja menjadi aset miliknya. Bahkan ia kerap kali memamerkan rumah mewah miliknya di sosial media pribadinya dan menjadi sorotan warganet.

Menurut informasi yang beredar, rumah mewah yang ia tempati ditaksir seharga 20 miliar Rupiah.

Sudah ada gambaran terkait sumber dan besaran kekayaan Bambang Trihatmodjo? Bisnis Bambang Trihatmodjo tampaknya semakin berkembang, walaupun ia terlilit hutang negara dan terus ditagih Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Leave a Comment