7 Aplikasi Pinjol yang Datang ke Rumah, Sudah OJK?

Pinjol atau Pinjaman Online merupakan salah satu layanan yang memberikan hutang kepada peminjam atau debitur secara online. Belakangan ini, aplikasi pinjol yang datang ke rumah tengah menjadi bahan perbincangan yang hangat di masyarakat sebab banyak menuai pro dan kontra.

Proses pencairan pinjaman online yang terbilang mudah membuat banyak orang tertarik untuk memilih layanan ini. Sayangnya, pinjol juga sering membuat peminjam merasa khawatir karena bisa datang ke rumah. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk cek dan ricek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk meminjam uang di aplikasi pinjol tersebut. Lantas, apa saja aplikasi pinjol yang bisa datang ke rumah?

7 Aplikasi Pinjol yang Datang ke Rumah, Sudah OJK

  1. Kredivo
  2. Rupiah Cepat
  3. Akulaku
  4. UangMe
  5. Maucash
  6. Tunaikita
  7. Shopee Pay Later

1. Kredivo

Kredivo

Kredivo dapat dikatakan sebagai salah satu aplikasi pinjol yang paling populer di Indonesia. Hal ini karena ada banyak penawaran menarik yang bisa dinikmati oleh para pengguna. Salah satunya adalah cara pendaftaran dan pencairan pinjaman yang relatif mudah dan sangat singkat.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini bagi para pengguna. Untuk akun basic, pengguna bisa mendapatkan pinjaman sebesar Rp3.000.000,- dengan waktu pengembalian selama 30 hari. Sementara itu, pengguna akun premium bisa mendapatkan pinjaman Rp3.000.000,- dengan waktu pengembalian hingga 12 bulan.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa Kredivo juga memberikan bunga sebesar 2,6% per bulan. Selain itu, ada juga denda bagi peminjam yang terlambat membayar cicilan, yaitu sebesar 2 – 4% per 30 hari. 

Sayangnya, layanan pinjaman online ini juga dapat mengeluarkan Dept Collector jika konsumen terlambat membayar pelunasan pinjaman. DC tersebut bisa datang ke rumah atau menghubungi lewat telepon untuk melakukan penagihan.

2. Rupiah Cepat

Rupiah-Cepat

Rupiah Cepat juga merupakan aplikasi pinjol yang datang ke rumah. Aplikasi ini bisa memberikan dana dengan cepat tanpa ribet ke nomor rekening para peminjam. Bahkan, proses pencairan dana tersebut bisa dilakukan kurang dari 5 menit. 

Dengan keunggulan tersebut, maka tidak heran jika Rupiah Cepat menjadi solusi bagi mereka yang sedang membutuhkan dana dengan waktu singkat. Menariknya lagi, Rupiah Cepat mengklaim bisa memberikan dana sebesar Rp20.000.000,- dengan rentang pelunasan selama 3 bulan.

Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa aplikasi pinjol ini memiliki kekurangan dalam hal layanan. Kekurangan tersebut adalah nasabah harus memasukkan random contact sebagai syarat pinjaman. Hal tersebut seringkali menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan data pribadi. 

Pihak Rupiah Cepat tidak segan untuk menghubungi nomor telepon orang-orang terdekat dari peminjam yang terlilit hutang. Bahkan, besaran bunga pinjaman dari Rupiah Cepat juga sangat fantastis, yaitu mencapai 22% per bulan. Angka yang terbilang sangat besar untuk sebuah bunga pinjaman.

3. Akulaku

Akulaku

Nama aplikasi Akulaku juga cukup popular di Indonesia. Aplikasi ini memiliki dua kategori pinjaman, yaitu KTA Asetku dan Dana Cicil. Pada KTA Asetku, pinjaman bisa diajukan tanpa jaminan. Selain itu, proses juga bisa dilakukan lebih cepat dengan nominal penawaran Rp300.000,- sampai Rp1.500.000,- dengan tempo pelunasan maksimal 22 hari.

Sementara itu, Dana Cicil menawarkan tempo pelunasan hutang mulai dari 2 – 12 bulan dengan besaran dana antara Rp2.000.000,- sampai Rp15.000.000,-. Bunga pinjaman yang ditentukan juga beragam, yaitu antara 3 – 13,17%. 

Dalam hal penagihan, Akulaku akan menghubungi debitur melalui email dan SMS. Namun, pihak Akulaku juga bisa menurunkan Debt Collector untuk mendatangi rumah para peminjam yang belum menulasi cicilan sebagai langkah terakhirnya.

4. UangMe

UangMe

UangMe juga menjadi aplikasi pinjol yang datang ke rumah. Sebagai aplikasi pinjaman online, UangMe memiliki keunikan tersendiri karena menyediakan layanan yang menghubungkan antara sang peminjam dengan pemberi dana. Layanan tersebut diberikan dengan metode peer to peer. 

Dengan kata lain, aplikasi ini menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki kelebihan dana dan ingin menginvestasikannya melalui pinjaman online. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan pinjaman uang dengan pencairan dana yang cepat.

Melalui aplikasi pinjol ini, peminjam bisa mendapatkan dana dengan bunga dan biaya admin sebesar 9,6% per bulan untuk pinjaman jangka panjang. Sementara itu, pinjaman jangka pendek ditetapkan bunga sebesar 21,9% per bulan dari jumlah dana yang dipinjam. 

Selain memberikan bunga, UangMe juga memberikan denda keterlambatan sebesar 0,8% untuk para peminjam yang tidak dapat melunasi cicilan tepat waktu. Bahkan, aplikasi ini juga bisa mendatangkan Debt Collector ke rumah peminjam untuk melakukan penagihan hutang.

5. Maucash

Maucash Aplikasi Pinjol yang Datang ke Rumah

Aplikasi MauCash ini menawarkan fasilitas “Maupaylater” yang memudahkan para konsumen untuk melakukan transaksi digital tanpa kartu kredit dengan limit hingga Rp12.500.000,- menggunakan aplikasi AstraPay. Hitungan bunga harian dari kredit ini adalah 0.535% per hari atau mencapai 10% per bulan.

Melalui aplikasi ini, konsumen bisa mendapatkan uang tunai mulai dari Rp500.000,- hingga Rp5.000.000,- dengan jangka pelunasan selama 21 hari sampai 4 bulan. Sayangnya, Maucash juga termasuk aplikasi pinjol yang datang ke rumah. 

Pasalnya, keterlambatan pembayaran cicilan bisa membuat Dept Collector mendatangi rumah peminjam agar pelunasan segera dilakukan. Sebelum datang ke rumah, biasanya pihak Maucash akan menghubungi para konsumen terlebih dahulu melalui telepon. Jika konsumen belum bisa melunasi, maka langkah terakhir yang dilakukan adalah mendatangi rumah konsumen.

6. Tunaikita

Tunaikita Aplikasi Pinjol yang Datang ke Rumah

Sama halnya dengan layanan aplikasi pinjol lainnya, Tunaikita juga memberikan bunga pinjaman dan denda keterlambatan bagi para konsumennya. Denda keterlambatan yang ditetapkan cukup bervariasi dan ditentukan berdasarkan waktu keterlambatan pembayaran pinjaman tersebut.

Contohnya jika terlambat 1 – 3 hari, maka biaya keterlambatannya adalah Rp5.000,- per hari. Sementara itu, jika terlambat membayar hingga 15 hari, maka dendanya sebesar Rp20.000,- per hari. Dalam hal pemberian bunga, Tunaikita menetapkan bunga untuk pinjaman jangka pendek sebesar 0,4-0,8% per hari. Sementara pinjaman produktif memiliki bunga 5 – 8% per bulan.

7. Shopee PayLater

Shopee-Paylater Aplikasi Pinjol yang Datang ke Rumah

Shopee PayLater merupakan sistem pinjaman online yang lebih kepada kredit jasa atau barang melalui aplikasi Shopee. Namun, aplikasi Shopee juga memberikan pinjaman uang secara tunai melalui layanan Shopee Pinjam. 

Sama seperti pinjol lainnya, pembayaran cicilan ke Shopee Pay Later juga harus dilakukan tepat waktu. Jika terlambat atau menunggak pembayaran hutang, maka konsumen bisa menghadapi Dept Collector secara langsung karena mereka bisa datang ke rumah untuk melakukan penagihan.

Shopee Pay Later sendiri memiliki bunga 0% per bulan untuk masa kredit selama 30 hari. Sementara itu, untuk masa kredit selama 2 – 3 bulan akan dikenai bunga sebesar 2,59%. Untuk penjelasan tentang bunga shopee paylater dapat kamu baca pada artikel berikut ini.

Meski begitu, pengguna layanan pinjol melalui aplikasi Shopee ini terbilang sangat banyak jumlahnya.

Itu dia 7 aplikasi pinjol yang datang ke rumah. Selain tujuh aplikasi tersebut, tentunya masih banyak aplikasi pinjol lainnya di Indonesia yang menggunakan sistem penagihan langsung ke rumah. Mengingat saat ini banyak pinjaman online yang tidak resmi, maka pastikan untuk berhati-hati jika ingin menggunakan layanan pinjaman online tersebut.

Leave a Comment

x