10 Jenis Asuransi di Indonesia, Apa saja?

Asuransi bisa dikategorikan sebagai keuangan non bank yang hadir dengan menyediakan beragam alternatif investasi untuk meminimalisir resiko atas kejadian yang tak terduga. Asuransi di Indonesia yang bisa anda dapatkan dengan berbagai jenis.

Jenis – Jenis Asuransi di Indonesia

Pengelompokan jenis asuransi tersebut biasanya terkategori ke dalam fokus dan resiko. Hal tersebut yang sekaligus akan menjadi penentu satu dengan yang lainnya.

Selengkapnya mengenai jenis – jenis asuransi di Indonesia bisa Anda simak dalam uraian berikut ini:

  1. Asuransi jiwa
  2. Asuransi kesehatan
  3. Asuransi kendaraan
  4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti
  5. Asuransi pendidikan
  6. Asuransi bisnis
  7. Asuransi umum
  8. Asuransi kredit
  9. Asuransi kelautan
  10. Asuransi perjalanan

Asuransi jiwa

Asurasi jiwa dapat memberikan keuntungan finansial pada pihak yang tertanggung atas kematiannya.  Ada dua sistem pembayaran asuransi jenis asuransi jiwa yang dilakukan oleh beberapa perusahaan, yakni :

  1. Perusahaan asuransi yang melayani pembayaran setelah kematian
  2. Produk asuransi jiwa untuk diberikan untuk mengcover kepentingan kesehatan jiwa diri sendiri secara personal dan juga untuk kepentingan pihak ketiga selain dirinya sendiri
cara-mendapat-nasabah-asuransi-prudential Asuransi di Indonesia

Asuransi kesehatan

Jenis asuransi yang satu ini hadir untuk menangani masalah kesehatan tertanggung yang diakibatkan oleh suatu penyakit. Asuransi kesehatan digunakan selama proses perawatan.

Perusahaan asuransi kesehatan biasanya menanggung biaya tertanggung seperti  cacat, cedera, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Bukan hanya untuk tertanggung, namun asuransi kesehatan juga dapat dibeli untuk kepentingan tertanggung atau kepentingan orang ketiga.

Aturan-Denda-Telat-Pembayaran-BPJS-Kesehatan-Asuransi di Indonesia

Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan yang biasa digunakan di Indonesia adalah jenis asuransi mobil. Proteksi asuransi jenis ini diberikan ketika terjadi cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh pihak tertanggung.

Bukan hanya itu, asuransi kendaraan ini juga bisa digunakan untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung. Dimana ketika terjadi kerusakan pada kendaraan bermotor, anda dapat melakukan klaim asuransi mobil anda.

Beberapa-Hal-yang-Membuat-Perusahaan-Asuransi-Mobil-Tidak-Menanggung-Mobil-yang-Lecet-Asuransi di Indonesia

Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Rumah dan properti adalah aset yang sangat berharga oleh karenanya biasanya para pemilik rumah dan properti akan melindungi diri dan aset yang dimilikinya dengan ikut serta dalam asuransi kepemilikan rumah dan properti.

Proteksi yang diberikan oleh asuransi berkaitan dengan kehilangan atau kerusakan yang terjadi pada barang-barang tertentu milik tertanggung.

Asuransi juga hadir untuk memberikan perlindungan sekaligus keringanan terhadap rumah atau properti apabila si tertanggung mengalami musibah.

Investasi-Properti-Asuransi di Indonesia

Asuransi pendidikan

Asuransi ini termasuk sebuah solusi yang dapat menjamin kehidupan pendidikan anak di masa yang akan datang. Untuk mendapatkan asuransi pendidikan ini, pihak tertanggung harus membayarkan premi kepada perusahaan.

Ada perbedaan biaya premi yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi pendidikan. Perbedaan ini diklasifikasikan sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan.

Asuransi pendidikan merupakan hal terpenting untuk menunjang kehidupan pendidikan anak – anak kedepannya.

Belajar-dari-Orang-Sukses

Tingginya biaya pendidikan dan kondisi perekonomian Indonesia karena semakin melemahnya mata uang rupiah terhadap dollar Amerika, akan sangat berpengaruh pada biaya pendidikan anak kedepaanya.

Oleh karena itu, asuransi pendidikan perlu Anda miliki, menyadari bahwa dengan semakin naiknya nilai dollar Amerika akan memberatkan orang tua untuk menanggung biaya pendidikan anak kedepannya.

Asuransi bisnis

Proteksi diberikan oleh asuransi ini terhadap potensi kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang biasa terjadi pada seseorang seseorang yang memiliki bisnis.

Jaminan atau pun penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, angin ribut, gempa bumi, ledakan,  petir, hujan, banjir, tabrakan hingga kerusuhan bisa diberikan asuransi.

bisnis-plan-toko-komputer

Bukan hanya itu, perusahaan asuransi bisnis ini biasanya menawarkan berbagai manfaat seperti perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan. 

Asuransi umum

Sifat asuransi ini memang umum dimana proteksi terjadinya resiko diberikan atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Namun jaminan asuransi ini bersifat jangka pendek biasanya berlaku kurang lebih satu tahun.

Asuransi umum diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

Social insurance (asuransi jaminan sosial)

Setiap orang sebenarnya wajib memiliki asuransi ini  dengan tujuan agar setiap orang memiliki jaminan dihari tua. Tak sama dengan asuransi secara umum, pembayaran premi asuransi sosial ini dilakukan dengan cara paksa yaitu seperti memotong gaji seseorang setiap bulan.

Voluntary insurance (asuransi sukarela)

Sesuai dengan namanya, asuransi ini dilakukan secara sukarela. Jenis asuransi sukarela dibagi menjadi 2 yakni Government Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance adalah asuransi yang diterapkan dan dijalankan oleh pemerintah.

Saldo-Jaminan-Pensiun-JP-Asuransi di Indonesia

Sementara commercial insurance atau asuransi komersial ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang atau keluarga bahkan perusahaan dari resiko yang terjadi akibat unexpected events.

Asuransi kredit

Credit insurance atau asuransi kredit merupakan asuransi yang dihadirkan untuk mengcover resiko kegagalan debitur dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti kredit perdagangan, modal kerja dan lain sebagainya. Asuransi kredit memiliki kaitan yang erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan.

Rasio-Kredit-di-Bawah-20

Asuransi kelautan

Bidang kelautan yang memiliki peran untuk memastikan pengangkut serta pemilik kargo sangat perlu asuransi ini. Asuransi kelautan dipergunakaan untuk kemungkinan yang mungkin terjadi  seperti kerusakan kapal, kerusakan kargo dan melukai penumpang.

Asuransi perjalanan

Dengan memiliki asuransi perjalanan maka Anda akan mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi, tanggungan biaya pengobatan darurat, santunan kecelakaan pribadi, pemulangan jenazah, evakuasi medis hingga proteksi terhadap barang yang dibawa baik barang memiliki resiko hilang atau rusak.

Tentukan-Tipe-Mobil-yang-Tepat-Asuransi di Indonesia

Demikianlah beberapa ulasan mengenai jenis-jenis asuransi di Indonesia. Dengan mempunyai asuransi maka Anda akan mendapatkan proteksi tanpa harus memikirkan biaya dan hanya cukup membayar premi. Semoga bermanfaat

Leave a Comment

x