3 Cara Berjualan di TikTok dan Fitur Lengkap TikTok Shop

Saat ini ada banyak cara untuk menjalankan suatu bisnis online. Salah satunya adalah dengan berjualan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga TikTok. Masih banyak pengguna TikTok yang belum mengetahui cara berjualan di TikTok.

Padahal platform yang satu ini sudah bisa digunakan untuk mengelola bisnis online atau berjualan secara online.

Meskipun perjalanannya tidak mulus, TikTok berhasil mendapatkan kepercayaan banyak orang untuk menggunakannya dan mendapatkan keuntungan darinya.

Ini Dia Cara Jualan di TikTok

Memahami-Cara-Jualan-Online-di-TikTok

Pada April 2021, TikTok merilis sebuah fitur baru yang Bernama TikTok Shop. TikTok Shop merupakan suatu layanan inovatif yang sangat bermanfaat bagi para pelaku e-commerce yang ingin menjangkau lebih banyak pembeli dan penjual. Selain itu, fitur ini juga sangat berguna untuk para pembuat konten.

Konten creator jadi bisa berbelanja secara langsung di platform media sosial yang satu ini.

TikTok Shop memberikan kesempatan bagi para penjual dan brand untuk membuat bisnis jadi semakin berkembang berkat fitur khusus seperti live shopping. Hanya dibutuhkan 3 langkah mudah untuk berjualan di TikTok.

1. Mendaftar sebagai salah satu TikTok Shop Seller

Seperti halnya berjualan di berbagai akun e-commerce dan platform media sosial yang lain, cara berjualan di TikTok yang paling awal adalah melakukan pendaftaran akun.

Daftarkan bisnis di TikTok Shop Seller untuk mendapatkan akun khusus untuk berjualan.

Proses pendaftarannya sendiri cukup mudah. Penjual hanya perlu memasukkan beberapa informasi seperti nomor telepon, alamat email, dan data yang lainnya.

Penjual bisa menggunakan akun TikTok yang sudah ada atau membuat akun TikTok Shop Seller yang baru.

Penjual bisa melakukan pendaftaran akun dengan memilih menggunakan email atau nomor telepon. Pendaftaran bisa dilakukan di business-tiktok.com.

2. Menyediakan informasi tentang bisnis

Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh setiap penjual adalah memberikan berbagai informasi tentang bisnis yang dimilikinya.

Beberapa informasi yang diperlukan antara lain nama bisnis, jenis atau kategori bisnis, serta alamat atau lokasi bisnis.

Penjual juga perlu memasukkan informasi tentang produk yang disediakannya serta detail mengenai setiap produk yang dijual. Berikan informasi produk selengkap mungkin sehingga TikTok bisa melakukan verifikasi dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, produk dengan detail yang lengkap dan jelas membuat para calon pembeli lebih tertarik untuk membeli dari toko Anda dan bukan dari toko lain yang keterangannya kurang lengkap.

3. Mengisi form registrasi untuk bisnis Anda

Cara berjualan di TikTok terakhir yang harus ditempuh adalah melakukan pengisian form untuk mendaftarkan bisnis.

Penjual perlu melakukan registrasi bisnis untuk kemudian diverifikasi oleh TikTok. Setelah langkah yang terakhir ini, penjual hanya perlu menunggu.

Tunggu sampai TikTok selesai melakukan verifikasi dan memberikan konfirmasi pada penjual.

Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak TikTok, akun TikTok Shop sudah siap untuk digunakan dan penjual bisa mulai melakukan live streaming untuk menjual produk di platform media sosial yang terkenal ini.

Ada banyak sekali kelebihan berjualan di platform media sosial yang satu ini. Semuanya bisa dinikmati setelah penjual membuat akun khusus TikTok Shop.

Berbagai Fitur Unggulan Akun TikTok Shop

Berbagai-Fitur-Unggulan-Akun-TikTok-Shop

Setelah proses pendaftaran akun TikTok Shop selesai dilakukan dan penjual sudah bisa masuk ke akun TikTok Shop, akan ada banyak fitur yang menunggu.

Berbagai fitur tersebut tentunya dirancang agar bisa memberikan keuntungan tambahan bagi para penggunanya. Apa saja fitur yang tersedia?

1. TikTok Shop Affiliate

Fitur unggulan TikTok Shop yang pertama bernama fitur affiliate. Fitur yang satu ini sangat mempermudah para penjual untuk mempromosikan berbagai produk yang dijual.

Para penjual bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai influencer yang ada di TikTok.

Untuk menggunakan fitur ini, penjual perlu mengunggah produk yang akan dijual ke seller center.

Setelah itu penjual juga perlu memberikan deskripsi produk dengan lengkap dan mendetail. Cara berjualan di TikTok berikutnya adalah memilih collab dengan salah satu influencer yang diinginkan.

TikTok akan memfasilitasi para penjual dengan menyediakan daftar para pembuat konten yang bisa dipilih untuk mengikuti program affiliate ini. Promosi produk pun bisa semakin meningkat.

2. TikTok Shop Profile Page

Seperti semua online shop lainnya, TikTok Shop membawa sebuah fitur yang bernama Profile Page.

Di halaman Profile Page, penjual dan pembeli bisa melihat berbagai produk yang tersedia di toko. Informasi yang muncul di sana adalah nama produk yang tersedia dan harga setiap produknya.

Ketika penjual melakukan live TikTok dan mempromosikan produk, viewer yang tertarik bisa langsung melihat informasi dari produk yang ingin dibelinya.

Penjual pun bisa memperkenalkan produk yang baru. Caranya adalah dengan mempersiapkan kolom link yang terdapat di profil.

Saat viewer mengklik link tersebut, viewer akan langsung diarahkan ke bagian detail produk dan tidak perlu keluar dari aplikasi TikTok untuk melihat keterangan produk dan berbelanja secara langsung.

3. TikTok Shop Seller University

Dari namanya saja sudah bisa ditebak apa fungsi dari fitur TikTok Shop yang satu ini.

Seller University merupakan sebuah halaman yang berisi edukasi dan pusat bantuan bagi para penjual yang baru bergabung dan baru mulai berjualan di TikTok Shop.

Di halaman Seller University ada dua tab yang bisa digunakan untuk memahami proses berjualan di TikTok.

Tab yang pertama adalah Pusat Kebijakan yang berisi cara melakukan pendaftaran dan berbagai informasi yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran.

Tab kedua adalah Fitur yang menginformasikan berbagai fitur dan cara berjualan di TikTok dengan memanfaatkan berbagai fitur tersebut.

Berjualan Laris Di TikTok Shop

Berjualan-Laris-Di-TikTok-Shop

Pengguna TikTok adalah generasi muda yang lebih sering menghabiskan waktu di dunia maya daripada di dunia nyata.

Jadi, target pasarnya adalah pengguna internet aktif yang rentang usianya antara muda hingga dewasa.

Selain mengenali target pasar dan menggunakan berbagai fitur yang ada di TikTok Shop, penjual juga membutuhkan strategi khusus agar produk yang dijual melalui TikTok Shop bisa banjir orderan.

Lakukan beberapa tips di bawah ini agar jualan semakin laris.

  1. Membuat caption yang menarik dan jelas. Caption harus membuat calon pembeli penasaran tapi juga mampu memberikan informasi tentang nama produk, harga produk, dan detail produk.
  2. Gunakan hashtag karena hashtag sangat berpengaruh di dunia media sosial. Banyak orang mencari video tertentu dengan memanfaatkan hashtag. Pastikan hashtag yang digunakan sesuai dengan produk yang dijual.
  3. Post konten pada waktu yang paling cocok. Waktu yang terbaik untuk mengunggah konten adalah antara jam 10 pagi hingga jam 1 siang dan di malam hari. Pada waktu-waktu tersebut, hampir semua pengguna internet aktif membuka TikTok untuk mengisi waktu luang.

Selain berjualan di berbagai e-commerce, jangan ragu untuk mempelajari cara berjualan di TikTok dan mendapatkan penghasilan tambahan dari TikTok Shop.

Pahami cara membuat akun TikTok Shop, gunakan semua fiturnya, dan terapkan tips berjualan agar penjualan semakin meningkat.

Leave a Comment