Cara Cek Mutasi di ATM BNI dan Cara Lainnya

BNI merupakan salah satu bank yang memiliki jumlah nasabah cukup besar. Karena itu mereka juga menyediakan fasilitas layanan perbankan yang lengkap, salah satunya adalah mutasi rekening. Pihak bank BNI sendiri juga memiliki cara cek mutasi di ATM BNI yang mudah untuk para nasabahnya.

Mutasi rekening merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pihak bank sebagai bentuk perhatian kepada nasabah. Mutasi tersebut juga memiliki fungsi yang penting untuk transaksi perbankan nasabahnya.

Apa itu Mutasi Rekening?

Apa-itu-Mutasi-Rekening

Mutasi rekening merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak bank untuk melihat seluruh riwayat transaksi perbankan yang dilakukan atau diterima pada rekening nasabah. Riwayat transaksi tersebut dapat dilihat dalam periode atau kurun waktu yang diinginkan.

Setiap kali nasabah melakukan transaksi atau mengeluarkan dana maka transaksi tersebut akan tercatat di mutasi rekening. Begitu juga dengan transaksi atau pembayaran yang diterima, transaksi tersebut juga akan tercatat pada mutasi rekening.

Mutasi rekening juga biasanya disebut dengan rekening koran. Untuk melihat mutasi rekening, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari cara cek mutasi di ATM BNI, melalui mobile banking atau juga melalui teller dari kantor cabang bank BNI terdekat

Dengan melihat riwayat transaksi di mutasi rekening, nasabah dapat mengatur laporan keuangan hingga sebagai alat pembayaran yang sah juga. Dengan adanya mutasi rekening, nasabah juga dapat menggunakannya untuk mengatur keuangan untuk beberapa bulan kedepan.

Cara Cek Mutasi di ATM BNI

Melalui ATM BNI merupakan salah satu cara untuk melihat mutasi rekening. Berikut ini adalah cara cek mutasi di ATM bank BNI:

  1. Kunjungi mesin ATM BNI terdekat.
  2. Kemudian masukkan kartu ATM BNI ke dalam mesin.
  3. Lalu pilih bahasa yang diinginkan.
  4. Kemudian masukkan PIN ATM.
  5. Lalu pilih menu Informasi kemudian pilih lagi menu Mutasi Rekening.
Lalu-pilih-menu-Informasi-kemudian-pilih-lagi-menu-Mutasi-Rekening
  • Kemudian pilih menu Rekening Tabungan.
  • Tunggu beberapa saat hingga struk resi berisi mutasi rekening bank BNI keluar.

Cara Cek Mutasi Rekening BNI Lainnya

BNI memiliki fasilitas yang dapat memudahkan nasabahnya untuk melakukan segala transaksi. Fasilitas yang diberikan tersebut juga dapat digunakan untuk melihat mutasi rekening. Ada beberapa cara untuk melihat mutasi rekening BNI selain cara cek mutasi di ATM BNI. 

Berikut ini adalah beberapa cara cek mutasi BNI lainnya:

1. Melalui Mobile Banking BNI

BNI juga memiliki aplikasi mobile banking yang dapat digunakan untuk melakukan segala transaksi oleh nasabahnya. Aplikasi tersebut sebelumnya harus didaftarkan dengan bantuan melalui teller dari bank BNI.

Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store di smartphone masing-masing. Untuk cara cek mutasi melalui mobile banking BNI adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi mobile banking BNI, yaitu BNI Mobile.
  2. Masuk dengan menggunakan username dan juga PIN.
  3. Lalu pilih pada menu Informasi.
  4. Kemudian klik pada bagian Mutasi.
  5. Lalu pilih periode yang diinginkan untuk melihat transaksi perbankan.
  6. Kemudian klik pada bagian Lanjut.
  7. Seluruh transaksi yang terjadi dalam periode waktu yang dipilih akan muncul.
Seluruh-transaksi-yang-terjadi-dalam-periode-waktu-yang-dipilih-akan-muncul

2. Melalui Internet Banking

Bank BNI juga memiliki fasilitas perbankan internet banking yang dapat digunakan untuk seluruh nasabah melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

Untuk menggunakan layanan ini, nasabah harus mendaftar terlebih dahulu dengan bantuan dari teller atau customer service di kantor cabang bank BNI terdekat.

Internet banking tersebut juga memiliki mutasi rekening untuk mengetahui seluruh riwayat transaksi yang terjadi. Berikut ini adalah cara melihat mutasi rekening melalui internet banking:

  1. Kunjungi internet banking BNI di https://ibank.bni.co.id/ di browser.
  2. Kemudian masuk dengan menggunakan user ID, PIN yang terdaftar dan captcha yang tersedia.
  3. Setelah masuk ke dalam internet banking BNI, pilih pada menu Rekening.
  4. Kemudian, pilih pada menu Mutasi Tabungan atau Giro.
Kemudian-pilih-pada-menu-Mutasi-Tabungan-atau-Giro
  • Lalu pilih nomor rekening BNI yang diinginkan.
  • Pilih periode waktu yang diinginkan untuk dilihat transaksi yang terjadi.
  • Tunggu beberapa saat hingga mutasi rekening atau riwayat yang terjadi dalam periode yang diinginkan muncul.

3. Melalui SMS Banking

Salah satu layanan dari bank BNI yang jarang dimiliki oleh pihak bank lainnya adalah SMS banking. Layanan tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan apapun. 

Bahkan, salah satu layanan perbankan yang bisa dilakukan dengan menggunakan SMS banking salah satunya adalah melihat mutasi rekening. Berikut ini adalah cara melihat mutasi rekening dengan melalui SMS banking:

  1. Buka menu pada SMS.
  2. Kemudian ketik format HT.
  3. Lalu kirim ke 3346.
Cara-cek-mutasi-di-atm-bni-Lalu-kirim-ke-3346
  • Kemudian tunggu informasi mengenai mutasi rekening BNI.

Untuk melakukan layanan mutasi rekening dengan menggunakan SMS banking membutuhkan biaya pulsa sebesar Rp1.000.

Format Mutasi Rekening

Cara-cek-mutasi-di-atm-bni-Format-Mutasi-Rekening

Dengan beragam fungsi yang dimiliki tidak hanya untuk pengguna pribadi saja tetapi juga pebisnis, mutasi rekening ternyata juga memiliki format yang penting dan lengkap. Format tersebut juga dapat berguna untuk mengetahui keaslian dari mutasi rekening tersebut.

Format mutasi rekening bisa berbeda dari setiap bank. Perbedaan tersebut dikarenakan peraturan dari diterapkan dari masing-masing bank. Berikut ini adalah format dari mutasi rekening bank BNI:

  1. Ada nama dari pemilik rekening.
  2. Terdapat nomor rekening dari pemilik akun.
  3. Jumlah atau nilai transaksi dalam sebuah transaksi.
  4. Tanggal dan waktu yang lengkap pada periode transaksi tersebut.
  5. Tipe transaksi lengkap dengan uraian yang tertulis.

Fungsi Mutasi Rekening

Mutasi rekening ternyata juga memiliki beragam fungsi yang baik untuk para nasabah. Bahkan, fungsi-fungsi tersebut juga bisa bermanfaat tidak hanya untuk pengguna rekening pribadi tetapi juga untuk pengguna rekening bisnis.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari mutasi rekening untuk dua layanan rekening, yaitu rekening pengguna pribadi dan bisnis:

1. Untuk Pengguna Pribadi

Cara-cek-mutasi-di-atm-bni-Untuk-Pengguna-Pribadi

Rekening BNI juga bisa digunakan untuk penggunaan pribadi. Penggunaan yang dimaksud tersebut adalah untuk melakukan transaksi apapun dengan atas nama perorangan. Transaksi tersebut dapat berupa pembayaran, tarik tunai, setor tunai dan lain sebagainya.

Selain itu, dalam rekening pribadi terdapat juga fasilitas yang bisa digunakan secara gratis, yaitu mutasi rekening. Fasilitas tersebut memiliki fungsi yang mendukung transaksi perbankan di rekening pribadi menjadi lebih baik. Berikut ini adalah fungsinya:

  1. Sebagai bukti pembayaran yang sah.
  2. Dapat mengetahui rincian seluruh transaksi secara lengkap.
  3. Dapat digunakan untuk mengontrol seluruh transaksi keuangan.

2. Untuk Penggunaan Bisnis

Cara-cek-mutasi-di-atm-bni-Untuk-Penggunaan-Bisnis

Selain digunakan untuk kepentingan pribadi, rekening bank BNI juga dapat digunakan untuk kegiatan bisnis. Sama dengan rekening untuk penggunaan pribadi, rekening bisnis juga memiliki fitur mutasi rekening yang berguna untuk kelancaran keuangan bisnis yang dikelola. 

Berikut ini adalah fungsi mutasi rekening untuk pebisnis:

  1. Sebagai alat untuk melacak pembayaran konsumen.
  2. Sebagai alat untuk bukti pembayaran yang dilakukan oleh konsumen.
  3. Dapat digunakan untuk mengontrol arus keuangan dalam bisnis.
  4. Sebagai bukti dalam laporan keuangan bisnis.

Memang cara cek mutasi di ATM BNI ini bisa dikatakan mudah. Selain melalui ATM, masih ada beberapa cara lain yang bisa dicoba oleh para nasabah BNI yang ingin cek mutasi.

Leave a Comment

x