Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Beserta Strateginya

Harga jual suatu produk merupakan salah satu aspek penting dalam berbisnis karena harga merupakan bagian dari strategi marketing perusahaan. Dalam menetapkan harga produk harus mempertimbangkan pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen.

Harga produk merupakan salah satu faktor dari kepuasan konsumen. Biasanya sebelum membeli produk, konsumen akan membandingkan harga produk yang sama dari beberapa brand. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah harga produk sesuai dengan kualitas yang diperoleh.

Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Kepuasan-Konsumen

1. Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan suatu perasaan yang dirasakan konsumen saat memperoleh produk sesuai yang diharapkannya. Indikator kepuasan konsumen adalah sebagai berikut:

  1. Konsumen melakukan pembelian ulang produk tersebut.
  2. Konsumen tidak merasa ragu untuk membeli produk dengan harga yang telah ditentukan.
  3. Konsumen memberikan feedback positif terhadap produk yang telah dibelinya.
  4. Menunjukkan kepuasannya secara langsung.

2. Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Perkembangan dunia bisnis yang dinamis dan penuh persaingan mengharuskan produsen memahami kebutuhan dan keinginan konsumen agar tidak kalah saing dalam bisnis. Produsen harus tepat sasaran karena sekarang ini konsumen sudah makin selektif dalam memilih produk.

Tidak hanya kualitas produknya tetapi harga dari produk tersebut merupakan hal yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Di sini pengaruh harga produk terhadap kepuasan konsumen merupakan salah satu cara yang bisa digunakan produsen untuk memahami keinginan konsumen.

Semakin baik harga dari produk, maka tingkat penjualan produk juga semakin meningkat. Penjualan produk yang meningkat tersebut akan mendatangkan laba yang tidak sedikit. Pada akhirnya hal itu sangat berguna bagi kemajuan perusahaan.

Pengertian Harga Produk

Pengertian-Harga-Produk

Harga produk adalah ukuran terhadap nilai kepuasan konsumen terhadap produk yang akan atau telah dibelinya. Jika barang yang dibeli oleh konsumen harganya tinggi tapi kualitas sesuai yang diharapkan konsumen, maka hal tersebut akan menimbulkan kepuasan bagi konsumen.

Fungsi Penetapan Harga

Fungsi-Penetapan-Harga

Penetapan harga produk memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya:

  1. Harga berfungsi sebagai nilai acuan suatu produk.
  2. Mempermudah proses jual beli antara produsen dan konsumen.
  3. Sebagai penentu keuntungan bagi produsen yang memproduksi atau penjual yang menjual produk tersebut.
  4. Sebagai acuan bagi konsumen saat menilai kualitas produk yang akan dibeli.
  5. Sebagai penentu daya beli konsumen pada suatu produk.

Tujuan Penetapan Harga

Tujuan-Penetapan-Harga Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan produsen dalam menentukan harga barang sebab suatu penetapan harga memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Harga produk sebagai penentu pangsa pasar atau konsumen yang akan disasar.
  2. Harga produk yang tinggi bisa meningkatkan profit tetapi produsen tidak bisa begitu saja dalam menaikkan harga karena akan berpengaruh pada tingkat daya beli konsumen.
  3. Untuk menjaga daya saing dengan kompetitor.
  4. Produsen sebisa mungkin harus bisa menyesuaikan harga produk sesuai dengan pangsa pasarnya supaya konsumen tetap loyal.
  5. Sebagai pengembalian modal usaha.
  6. Untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.

Jenis-Jenis Harga

Jenis-Jenis-Harga Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Harga produk tidak hanya ada satu macam saja tapi ada beberapa jenis harga produk yang perlu dipahami, di antaranya:

  1. Harga Subjektif: Harga subjektif adalah harga yang ditentukan berdasarkan pada opini atau pendapat dari seseorang terhadap produk yang akan dipasarkan.
  2. Harga Objektif: Merupakan harga produk yang telah disetujui antara produsen dengan konsumen yang akan membeli produk tersebut.
  3. Harga Pokok: Yang dimaksud dengan harga pokok ialah harga asli dari sebuah produk dan belum termasuk keuntungan.
  4. Harga Jual: Di sini harga jual yang sudah ditentukan oleh produsen adalah harga asli produk ditambah dengan keuntungan yang diambil oleh produsen.

Strategi untuk Menetapkan Harga

1. Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Menentukan Harga

Kunci utama keberhasilan perusahaan adalah kepercayan konsumen. Oleh sebab itu, produsen sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang menjadi pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengenal konsumen dengan melakukan riset pasar yang bisa berupa survei informal dari pelanggan disertai dengan promosi produk.
  2. Produsen harus bisa menghitung cost produksi dan profit yang akan didapat.
  3. Produsen perlu memahami target pendapatan yang disesuaikan dengan daya beli konsumen.
  4. Mengetahui harga dari kompetitor supaya konsumen tidak berpindah ke produk kompetitor.
  5. Memahami target yang akan disasar.

2. Metode yang Digunakan dalam Menetapkan Harga

Metode-yang-Digunakan-dalam-Menetapkan-Harga Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen

Strategi yang dilakukan produsen pastinya berbeda-beda dan menggunakan salah satu metode berikut ini:

  1. Metode berbasis laba yang didasarkan pada keseimbangan biaya dan pendapatan yang diperoleh.
  2. Metode berbasis biaya yang dipengaruhi oleh aspek penawaran.
  3. Metode berbasis permintaan yang dipengaruhi oleh selera dan perilaku konsumen secara umum.
  4. Metode berbasis persaingan dengan mengikuti langkah-langkah bisnis yang dilakukan oleh kompetitor.

3. Patokan Dalam Menetapkan Harga produk

Patokan-Dalam-Menetapkan-Harga-produk

Produsen dalam menentukan harga produk menggunakan beberapa patokan biaya produksi sebagai berikut:

  1. Fixed Cost (Biaya Tetap): Biaya tetap adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin oleh produsen seperti biaya listrik, sewa tempat, dan tagihan yang lainnya.
  2. Variable Cost (Biaya Variabel): Saat memproduksi barang produsen mengeluarkan biaya sesuai jumlah produksi seperti biaya bahan baku, gaji tenaga kerja, dan biaya variabel lainnya.
  3. BEP (Break Even Point): Merupakan penggabungan dari fixed cost dan variable cost yang disebut biaya asli produk sebelum ditambah keuntungan.

4. Strategi untuk Menetapkan Harga Produk

Strategi-untuk-Menetapkan-Harga-Produk

Strategi Secara Umum

Secara umum ada beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam menentukan harga produk, yakni:

  1. Menetapkan tujuan penentuan harga produk yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan, mengetahui posisi kompetitor, dan kemampuan untuk meningkatkan permintaan.
  2. Menggunakan metode break even pricing dengan menentukan harga berdasarkan pada biaya saja.
  3. Menggunakan metode penetapan harga produk lainnya seperti cost-plus pricing dan mark-up pricing.
  4. Menetapkan harga sesuai dengan value produk agar konsumen tertarik dengan produk tersebut.
  5. Mencoba menetapkan harga jual produk dengan MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price) atau harga eceran tertinggi. Bisa dengan menurunkan harga produksi.
  6. Memahami target dan daya beli pasar.
  7. Menganalisa harga produk dari kompetitor.
  8. Pastikan harga yang sudah ditetapkan sudah sesuai dengan etika atau hukum yang berlaku.
  9. Menganalisa pengaruh lain dari penetapan harga produk.

Strategi untuk Produk Baru

Ada beberapa strategi penentuan harga yang bisa dilakukan oleh produsen yang akan meluncurkan produk baru, di antaranya:

  1. Skimming price yang berarti harga mengepung dengan harga tinggi yang berguna untuk menutup biaya produksi serta menghasilkan laba maksimal.
  2. Menetapkan harga rendah atau harga penetrasi yang bertujuan untuk menciptakan permintaan yang tinggi.

Strategi untuk Produk yang Sudah Beredar

Untuk menetapkan harga produk yang sudah lama beredar bisa menggunakan tahapan berikut ini:

  1. Yang pertama adalah tahap pertumbuhan yang ditandai dengan meningkatnya penjualan disertai munculnya kompetitor.
  2. Selanjutnya ada tahap kematangan yang memiliki karakteristik fleksibilitas harga yang terjadi karena efektifitas strategi dalam penetapan harga.
  3. Yang terakhir adalah tahap penurunan di mana jumlah permintaan semakin menurun.

Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen menjadi prioritas utama bagi produsen karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai penentu yang bisa mempengaruhi pilihan konsumen untuk membeli produk dari perusahaan tersebut.

Semakin banyak konsumen yang membeli produk, maka laba yang diperoleh perusahaan semakin meningkat. Hal ini sangat berguna bagi keberlangsungan dan perkembangan perusahaan di masa mendatang.

Leave a Comment