8 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Pasti Untung!

Membuka bisnis sebenarnya tidak sulit dilakukan karena yang diperlukan hanya niat dan kerja keras. Selain itu, seorang pengusaha juga membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Namun, jika belum memiliki modal besar, maka seorang pengusaha perlu mengetahui contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Tidak dipungkiri, modal menjadi salah satu aspek penting untuk mengembangkan bisnis, baik itu untuk menyewa tempat, membeli peralatan, bahan dasar, promosi, dan lain sebagainya. Adapun jika tidak memiliki modal besar, maka jangan khawatir karena saat ini kami akan memaparkan contoh bisnis modal kecil yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Saat sudah yakin untuk membuka usaha, tandanya seorang pengusaha sudah siap untuk bersaing dengan kompetitor. Jika memilih jenis usaha yang  populer, bisa jadi tantangan yang didapatkan bisa lebih besar. Oleh karena itu, setiap pengusaha perlu memiliki keunikan yang mampu membedakannya dengan jenis usaha lainnya.

Meskipun demikian, ada alternatif yang bisa dipilih, yakni dengan memilih usaha yang belum banyak pesaingnya. Lalu, apa saja jenis usaha tersebut? Tanpa basa-basi, inilah rekomendasi yang bisa dipilih:

1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan adalah jenis usaha yang mungkin sudah banyak ditekuni. Namun, variasi produk yang dijual sangat banyak, sehingga Anda bisa memilih berjualan makanan ringan yang belum banyak dijual.

Tidak dipungkiri, bisnis makanan ringan tumbuh subur karena adanya pandemi Covid-19. Selama pandemi ini, banyak orang yang menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas di dalam rumah.

Hal ini membuat banyak orang membutuhkan asupan camilan lebih tinggi. Contoh camilan yang digemari banyak orang yakni seperti kerupuk, keripik, makaroni, jamur krispi, popcorn, dan lain sebagainya.

Jika tertarik menekuni bisnis ini, maka perlu digarisbawahi bahwa usaha ini sifatnya cenderung mengikuti tren. Oleh karena itu, alternatif yang bisa dipilih yakni dengan berjualan camilan yang cocok disantap di segala musim atau di segala aktivitas.

Cara pemasaran yang bisa dicoba yakni dengan menjual produk di marketplace, media sosial, dititipkan ke toko, atau dipasarkan door to door.

2. Katering Sehat

Contoh usaha makanan modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah bisnis katering sehat. Saat ini, katering sehat banyak diperlukan karena masyarakat ingin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tanpa perlu ribet membuatnya.

Target konsumen pada bisnis ini umumnya adalah pekerja yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk memasak dan menghidangkan makanan sehat. Jadi, bisa disimpulkan bahwa jasa catering sehat adalah solusi bagi setiap orang yang ingin menyantap makanan enak dan higienis secara praktis.

3. Frozen Food

Contoh bisnis modal kecil yang minim pesaing berikutnya yaitu usaha frozen food. Dari waktu ke waktu, permintaan konsumen akan frozen food semakin meningkat. Hal ini tidak dipungkiri karena gaya hidup masyarakat modern di masa kini cenderung menyukai sesuatu yang cepat dan praktis, termasuk dalam hal menyantap makanan.

Banyak orang yang membutuhkan makanan yang bisa dimasak secara praktis dengan menyimpannya di dalam kulkas. Beberapa jenis frozen food yang laris di pasaran yakni seperti bakso aci, sosis, dimsum, nugget, dan lain sebagainya.

4. Baju Bekas

Baju-Bekas

Bisnis baju bekas ternyata cukup menggiurkan karena keuntungannya lumayan besar. Tidak hanya itu, pangsa pasar usaha ini akan selalu ada, sehingga tidak perlu khawatir tidak laku.

Tidak hanya itu, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini juga tidak terlalu besar.

Namun, dalam menjual baju bekas, pastikan barangnya masih dalam kondisi yang bagu, warnanya tidak pudar, dan layak pakai.

Target konsumen dari bisnis ini umumnya adalah pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang ingin tampil modis tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Pastinya, bisnis ini sangat minim pesaing karena tidak semua kota memiliki usaha tersebut.

Agar baju preloved yang dijual mudah laku dan laris manis, alternatif yang bisa dilakukan yakni dengan menjualnya di marketplace, toko online, atau media sosial.

5. Paket Sayuran

Paket-Sayuran contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Contoh usaha modal kecil yang minim pesaing selanjutnya adalah berjualan paket sayuran. Bisa dibilang, bisnis yang satu ini sangat hits di kalangan masyarakat.

Pasalnya, secara tidak langsung bisnis ini akan membantu konsumen dalam memilih menu makanan yang akan disajikan di hari tersebut.

Seperti yang diketahui, terkadang banyak orang yang merasa bingung dalam menentukan masakan apa yang sebaiknya dibuat. Namun, berkat adanya bisnis paket sayuran, konsumen tidak perlu membuang waktu untuk berpikir dalam menentukan sayuran apa yang ingin dibeli dan dimasak.

Bisnis sayuran cukup efektif karena tidak membutuhkan banyak modal. Salah satu ketrampilan yang perlu dimiliki oleh penjual adalah ketrampilan mengombinasikan atau memadupadankan aneka jenis sayuran.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan stok sayuran yang segar dan tidak layu agar konsumen tidak kecewa. Lebih potensial lagi jika penjual menyediakan jasa pesan antar sebagai upaya menarik banyak minat konsumen.

6. Salon dan Toko Hewan

Salon-dan-Toko-Hewan

Membuka jasa salon dan toko hewan cukup efektif karena jumlah pesaingnya masih sangat minim. Seperti yang diketahui, dalam suatu kompleks atau dusun akan selalu ada orang yang memelihara hewan, entah itu anjing, kucing, kelinci, atau yang lainnya.

Para pecinta hewan tentu menginginkan perawatan yang terbaik untuk hewan peliharaannya.

Oleh karena itu, mereka tidak akan segan untuk mengeluarkan sejumlah uang, baik untuk perawatan tubuh, makanan, mainan, baju hewan, kandang, tempat makan, dan lain sebagainya. Peluang usaha ini sangat sayang jika diabaikan, sehingga bisa dicoba untuk dijalankan secara online dan offline.

7. Jasa Cek Plagiasi

Jasa-Cek-Plagiasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Peluang usaha minim pesaing yang berikutnya adalah membuka jasa cek plagiasi. Jasa cek plagiasi berbayar dibutuhkan untuk mengecek kredibilitas artikel, makalah, buku, atau karya tulis lainnya.

Umumnya, target konsumen jasa cek plagiasi adalah para mahasiswa, dosen, dan orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan lainnya. Seperti yang diketahui, mahasiswa sering mendapat tugas untuk membuat karya tulis, entah itu jurnal, makalah, skripsi, atau buku.

Setiap karya tulis harus dibuat secara orisinil dan tanpa plagiasi. Oleh karen itu, sebelum diserahkan kepada dosen, maka para mahasiswa akan mengecek terlebih dahulu kualitas tulisannya.

Peluang jasa ini cukup menggiurkan dan modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Membuka jasa cek plagiasi sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa karena tidak akan mengganggu jadwal kuliah.

8. Jasa Mengerjakan Tugas

Jasa-Mengerjakan-Tugas

Jasa mengerjakan tugas juga termasuk usaha yang sangat menjanjikan dan tidak memerlukan banyak modal. Usaha ini bisa ditekuni oleh siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, atau pengangguran.

Tawarkanlah jasa mengerjakan PR, membuat esai, jasa ketik tugas, jasa tulisan tangan, dan lain sebagainya. Pastinya, pemasaran usaha ini akan lebih efektif jika dilakukan secara online.

Setelah menyimak penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing sangat banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan minat atau keahlian.

Leave a Comment

x