Biaya Tarik Tunai ATM Link Terbaru 2022, Apakah Naik?

Keberadaan ATM link memang banyak memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan. Mulai dari cek saldo, tarik tunai, dan transfer. Atm dengan warna merah yang cukup mencolok ini sempat hendak meresmikan kebijakan baru tentang biaya tarik tunai ATM link.

Pada akhirnya, wacana tersebut dibatalkan karena banyak dikeluhkan masyarakat pengguna ATM milik Himbara ini. Bagi yang berencana menggunakan ATM ini untuk melakukan tarik tunai, sebaiknya simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Mengenal-ATM-Link

Bagi pengguna kartu debit pastinya sudah tidak asing dengan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Salah satu pihak yang menyediakannya adalah Himbara (Himpunan Bank Milik Pemerintah). ATM tersebut dinamakan ATM Link yang memuat empat bank BUMN, yaitu sebagai berikut:

  1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  2. Bank Mandiri
  3. Bank Negara Indonesia (BNI), dan
  4. Bank Tabungan Negara (BTN)

Adapun perusahaan switching yang mendukung beroperasinya ATM Link adalah PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin). Perusahaan tersebut berada di bawah naungan Gerbang Pembayaran Nasional yaitu penyedia sistem jaringan antarbank di Indonesia.

Biaya-Tarik-Tunai-ATM-Link-2022

Pada 1 Juni 2021 lalu, Bank BUMN sepakat hendak mengenakan biaya  transaksi perbankan di ATM Link. Adapun dalam wacana tersebut, nasabah harus membayar biaya yang dipotong langsung melalui saldo di rekening.

Dalam kebijakan tersebut, besaran biaya ATM link yang direncanakan adalah sebagai berikut:

  1. Biaya tarik tunai: Rp5.000
  2. Cek saldo: Rp2.500
  3. Transfer antar bank: Rp4.000

Tidak perlu khawatir, daftar biaya di atas pada dasarnya telah dibatalkan pada Juni 2021 lalu. Sekilas, biaya tersebut memang cukup memberatkan masyarakat sehingga menciptakan polemik tersendiri.

Pada akhirnya, Bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BTN, dan BNI pun membatalkan pengenaan biaya. Dengan demikian, keputusan akhirnya adalah biaya admin tarik tunai ATM Link tetap gratis (Rp0).

Begitu pula dengan biaya cek saldo yang sebelumnya direncanakan menjadi Rp2.500. Nasabah kini tidak perlu khawatir saldonya akan didebet otomatis ketika mengecek saldo.

Adapun untuk biaya transfer antar bank tidak mengalami perubahan apapun sejak awal, yaitu tetap Rp4.000 per transaksi. Keputusan pembatalan kebijakan ini tentu menjadi angin segar karena masyarakat bisa tetap setia menggunakan ATM Link tanpa biaya yang memberatkan.

Alasan-Biaya-Tarik-Tunai-ATM-Link-Dibatalkan

Pada dasarnya, wacana yang dilakukan Himbara ketika hendak mengenakan biaya transaksi ATM Link adalah untuk mengedukasi penggunaan m-Banking. Mengingat masih banyak masyarakat yang belum mendaftarkan rekeningnya menggunakan layanan mobile yang bisa diakses dengan HP ini.

Namun, rencana edukasi tersebut akhirnya batal karena munculnya berbagai macam polemik dan keluhan. Rencana biaya cek saldo sebesar Rp2.500 dan tarik tunai Rp5.000 dianggap memberatkan nasabah bank BUMN.

Hambara pun mendengar keluhan tersebut hingga akhirnya membatalkan rencana menaikkan biaya tarik tunai untuk ATM link.

Fitur-Fitur-yang-Tersedia-di-ATM-Link

ATM yang seringkali disebut dengan ATM Merah Putih ini cukup mudah ditemukan di berbagai tempat publik. ATM ini memiliki ciri khas berupa logo Link dan logo empat bank Himbara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN). Lalu, apa saja fitur-fitur transaksi yang disediakan? Berikut diantaranya:

  1. Tarik tunai langsung di ATM selama 24 jam
  2. Pengecekan saldo
  3. Transfer antarbank
  4. Pembayaran berbagai macam tagihan, seperti PLN, internet, telepon, BPJS, TV kabel, asuransi, dan sebagainya.
  5. Pengisian e-money bank Hambara, yaitu Brizzi, Tapcash, Blink BTN, dan e-Money. Namun fitur ini bisa dinikmati di ATM Link yang disediakan bank bersangkutan.
Daftar-Biaya-Transaksi-ATM-Link

Meskipun keberadaannya cukup mudah ditemui, ternyata masih banyak yang belum mengetahui biaya transaksi ATM Link. ATM Merah Putih ini kerap kali menjadi solusi karena biaya transaksinya terbilang murah.

Namun, nasabah memang perlu update terus informasi mengenai biaya tarik tunai ATM Link karena bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan. Adapun daftar harga biaya transaksi di ATM Merah Putih terbaru di tahun 2022 adalah sebagai berikut:

Jenis TransaksiBiaya
Cek SaldoGratis
Tarik TunaiGratis
Transfer antarbankRp4.000

Berdasarkan tabel biaya transaksi di atas, ATM Link sebenarnya masih terbilang terjangkau dibanding ATM lainnya. Terlebih beberapa waktu lalu, Himbara membatalkan rencana pengenaan biaya transaksi karena polemik dari masyarakat.

Dengan biaya cek saldo dan tarik tunai Rp0, jelas ATM yang satu ini masih banyak dijadikan pilihan. Jadi, tidak perlu ragu menggunakannya jika menemukan ATM ini di dekat rumah.

Perbedaan-ATM-Link-ATM-LinkAja-dan-ATM-Bersama.

Pada dasarnya, ATM yang disediakan BUMN bukan hanya ATM Link. Terdapat ATM lain yang tidak kalah populer dan masih banyak diminati hingga saat ini, yaitu LinkAja. Pertanyaannya, apakah kedua media transaksi perbankan ini sama?

Penting untuk memahami bahwa keduanya berbeda dari beberapa segi. LinkAja memiliki beberapa booth yang tersedia di lokasi tertentu untuk memudahkan nasabah bank BUMN. Berdasarkan penjelasan di website Bank Mandiri, kedua jenis ATM tersebut berbeda.

ATM Merah Putih dimiliki oleh anggota bank Himbara dan mesinnya berupa automated teller. Sedangkan LinkAja merupakan media untuk transaksi dompet digital yang dikelola oleh PT Finex Karya Nusantara (Finarya).

Adapun saham perusahaan tersebut sebenarnya masih dimiliki oleh perusahaan BUMN. Tak heran jika sebagian orang kerap kali menganggap ATM Link dan LinkAja seperti media yang sama. Padahal keduanya berbeda dari segi perusahaan yang mengelolanya.

Tidak sedikit yang juga masih bingung dengan perbedaan ATM Link dengan ATM Bersama. Pada dasarnya, kedua ATM tersebut dikelola oleh perusahaan switching yang berbeda, namun masih berkaitan dengan BUMN.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ATM Link dikelola oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara. Sedangkan ATM Bersama dikelola oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa).

Dimana-Tempat-Menemukan-ATM-Link

Setelah mengenal biaya tarik tunai ATM Link, lalu bagaimana cara mencari ATM Link terdekat? Caranya terbilang mudah karena mesin ini tersedia di ruang publik.

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps. Metode yang satu ini termasuk yang paling mudah karena aplikasi Google Maps pastinya sudah tidak asing lagi. Silahkan buka aplikasi maps tersebut lalu, tuliskan ‘ATM Link’ pada kolom pencarian yang disediakan. 

Setelah itu, simbol ATM Link terdekat dari lokasi akan ditampilkan. Anda tinggal mengikuti instruksi yang ada di maps untuk sampai di ATM tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menemukannya di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, SPBU, dan bank Himbara. Pihak bank yang tergabung dalam Himbara pastinya berupaya untuk menyediakan ATM Merah Putih yang lebih banyak guna memudahkan transaksi.

Biaya tarik tunai ATM Link pada dasarnya masih menggunakan kebijakan lama. Hal ini karena wacana pengenaan biaya untuk cek saldo dan penarikan tunai dibatalkan. Dengan demikian, nasabah bisa bernafas lega karena penggunaan ATM ini tetap terjangkau untuk berbagai transaksi.

Leave a Comment

x