Kekayaan Jusuf Hamka Tahun Ini, Sumber & Asetnya

Beberapa waktu belakangan sosok Jusuf Hamka mendadak viral, apalagi setelah terbukti bahwa dia merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia. Disebutkan kalau sampai saat ini kekayaan Jusuf Hamka saat ini mencapai Rp15 triliun, angka fantastis. Darimana sumber kekayaannya dan apa saja asetnya?

Perjalanan hidup pria keturunan Tionghoa ini bisa dijadikan sebuah bukti bahwa kesuksesan bisa datang kepada siapa saja yang berusaha dengan gigih. Bukan instan, pria yang sering dipanggil Baba Alun ini memiliki cerita menarik dari awal merintis usaha hingga saat ini.

Profil Jusuf Hamka

Profil-Jusuf-Hamka kekayaan jusuf hamka

Sosok Jusuf Hamka saat ini dikenal sebagai bos jalan tol di berbagai daerah di Indonesia, dia merupakan pria keturunan Tionghoa yang lahir di Samarinda, Kalimantan Timur yang lahir 65 tahun lalu.

Masa kecil pria yang dulu dikenal dengan nama Alun Joseph ini cukup prihatin, dia sempat menjadi penjual makanan dan es di kawasan Masjid Istiqlal. Dari sanalah dia menjadi akrab dengan lingkungan Islam sampai akhirnya memutuskan menjadi mualaf di usia 23 tahun.

Perjuangan hidupnya cukup berliku, mulai dari hanya taman SMA dan masuk ke beberapa perguruan tinggi namun tidak tamat karena menganggap formalitas tidak penting.

Kemudian bekerja menjadi sambilan sebagai driver traktor sambil bekerja di perusahaan konstruksi. Sampai akhirnya memiliki perusahaan sendiri di tahun 2008 dengan nama PT Citra Marga Nusaphala Persada, setelah sempat menganggur dan bekerja serabutan Selama sekitar 14 tahun.

Dari perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan tol tersebut, Harta kekayaan Jusuf Hamka diprediksi mencapai triliunan rupiah.

Satu hal yang menjadi pedoman dalam hidupnya adalah bersedekah dan berusaha berbuat banyak kebaikan. Bahkan dia sedang dalam proses mendirikan 1000 masjid di Indonesia dengan arsitektur oriental.

Sumber Kekayaan Jusuf Hamka

Jika dikupas lebih dalam, sumber kekayaan Jusuf Hamka terbesar berasal dari proyek jalan tol di sejumlah daerah terutama di Pulau Jawa.

1. Saham Terbesar di PT Citra Marga Nusaphala Persada

Saham-Terbesar-di-PT-Citra-Marga-Nusaphala-Persada

Perusahaan yang dirintis Baba Alun ini bukan perusahaan konstruksi biasa. Untuk sekali membangun tol saja butuh dana yang tidak kecil bahkan mencapai Rp700 miliar untuk 1 km nya, namun dia berhasil membuat perusahaan tersebut menjadi rekanan utama di banyak proyek tol.

Bahkan saat ini tercatat harga total proyek tol perusahaan tersebut mencapai Rp 25 triliun. Saat ini di bawah PT Citra Marga Nusaphala Persada juga sedang dibangun proyek tol Harbour Road 2 dengan nilai proyek ditaksir sekitar Rp 16 triliun.

Ditambah pula proyek NS LINK Bandung yang besarannya mencapai Rp 9 triliun. Angka fantastis bukan? Jadi wajar saja jika cuan yang mengalir ke kantong bos jalan tol ini sangat lancar dan besar.

2. Tol Cileunyi menuju Dawuan

Tol-Cileunyi-menuju-Dawuan

Tol ini panjangnya mencapai 60 km, dimana 51 persen konsesi lahannya merupakan milik perusahaan pria tidak pamer barang mewah ini.

3. Tol Waru menuju Juanda

Tol-Waru-menuju-Juanda

Terletak di Surabaya, jalan tol ini menjadi penghubung pusat kota Surabaya dengan Bandar Udara Juanda yang ada disana. Kepemilikan konsesi jalan ini 96,83 persen merupakan milik Baba Alun. Terbayang berapa kekayaan Jusuf Hamka yang berhasil terkumpul dari bisnis ini?

4. Tol Soreang menuju Pasir Koja

Tol-Soreang-menuju-Pasir-Koja

Melalui anak perusahaannya yang bernama PT Citra Marga Lintas Jabar, Jusuf Hamka membangun tol dengan panjang 10,55 km yang menjadi penghubung antara kota dan Kabupaten Bandung.

5. Tol Bogor menuju Outer Ring Road

Tol-Bogor-menuju-Outer-Ring-Road

Di bangun pada tahun 2009, tol yang panjangnya sekitar 11 km ini merupakan salah satu proyek sukses Baba Alun.

6. Tol Depok menuju Antasari

Tol-Depok-menuju-Antasari kekayaan jusuf hamka

Jarak tol ini cukup panjang yaitu sekitar 21 km, di bawah kepemilikan dari perusahaan milik PT Citra Waspphutowa yang merupakan milik Jusuf Hamka. Hasil bisnis ini juga masuk dalam daftar kekayaan Jusuf Hamka 2022 yang totalnya mencapai triliunan tersebut.

7. Tol di Pelabuhan

Tol-di-Pelabuhan kekayaan jusuf hamka

Tol ini terletak di kawasan Jakarta Utara dengan jarak mencapai 13 km, dan berhubungan langsung dengan tol Ir. Wiyoto Wiyono dan rencananya akan terhubung dengan tol pelabuhan jilid II.

8. Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang menuju Tanjung Priok

Tol-Ir.-Wiyoto-Wiyono-Cawang-menuju-Tanjung-Priok

Tol ini memiliki panjang mencapai 15 km, meliputi kawasan di Jakarta Timur, Pusat, dan Utara. Dalam pengerjaannya memakai sistem tol layang dan teknik yang disebut Sosrobahu.

Proyek tol ini tidak akan berhenti sampai 2022, akan banyak proyek lainnya yang dibangun sehingga potensi semakin besarnya nilai kekayaan pecinta kuliner ini sangat mungkin terjadi.

Aset Terbaru Jusuf Hamka

Dalam beberapa kesempatan wawancara, Jusuf Hamka memang tidak mau mengungkap aset miliknya. Namun berdasarkan informasi berbagai sumber, ada sejumlah aset yang menjadi kekayaan Jusuf Hamka terbaru. Diantaranya adalah:

1. Mobil Land Rover Range Rover

Mobil-Land-Rover-Range-Rover

SUV dengan mesin 2995 cc ini dimiliki oleh Baba Alun, plat nya adalah B 1 RU yang kini harga kisarannya Rp 3,7 miliar. Pria yang naik haji tahun 1984 ini pernah terlihat mengendarai mobil ini saat membuat sebuah konten.

2. Mobil Nissan Elgrand

Mobil-Nissan-Elgrand kekayaan jusuf hamka

MPV premium yang dimiliki ayah tiga anak ini dibanderol dengan harga Rp 1 miliar, terlihat elegan dan cukup sering dipakainya untuk kebutuhan transportasi bisnis

3. Mobil Aston Martin DBS

Mobil-Aston-Martin-DBS

Merupakan supercar milik sang bos tol yang diklaim sebagai mobil paling kencang yang pernah diproduksi oleh Aston Martin. Soal harga cukup mencengangkan yaitu Rp 4,2 miliar.

Tapi, jika menilik kekayaan Jusuf Hamka, membeli mobil ini bukanlah hal yang sulit.

4. Mobil Abarth 500

Mobil-Abarth-500

Nomor polisi dari mobil milik Jusuf Hamka satu ini adalah B 3 BEK, meskipun terlihat kecil namun performanya bisa diadu dengan mobil di kelasnya. Soal harganya bisa mencapai Rp 1 miliar lho.

5. Mobil Bentley Continental FS

Mobil-Bentley-Continental-FS

Yang unik dari mobil ini adalah nomor polisi B 3 NDA yang menjadi identitas utamanya, selain itu soal performa juga tak diragukan dan masuk dalam daftar mobil paling mahal milik sang sultan yaitu mencapai harga Rp 10 miliar.

6. Mobil Hammer H2

Mobil-Hammer-H2

Harganya mencapai Rp 2,75 miliar, dengan body yang terlihat gagah dan gahar. Biasanya dipakai untuk melakukan perjalanan off road.

7. Rumah Mewah

Rumah-Mewah kekayaan jusuf hamka

Anda akan dengan mudah melihat bagaimana mewahnya rumah pengusaha tajir satu ini di internet. Tergolong luas dengan arsitektur berkarakter untuk setiap bagian bangunan, diperkirakan harga rumah ini puluhan miliar bahkan bisa lebih.

Jusuf Hamka memang terkenal tidak suka memamerkan kekayaannya, oleh karena itulah informasi tentang berapa kekayaan Jusuf Hamka 2022 yang dimilikinya mungkin tidak lengkap.

Namun dari daftar di atas paling tidak bisa diketahui bahwa banyak aset mewah yang sudah dimilikinya dari hasil bisnis tol sejak puluhan tahun lalu.

Kalau menceritakan tentang kekayaan Jusuf Hamka mungkin tidak akan ada habisnya, namun banyak hal positif bisa dipetik dari perjalanan hidup dan kesuksesannya.

Seperti kerja keras yang dilakukannya, bersedekah, dan tidak sombong meskipun sudah sukses. Anda bisa menjadikannya contoh, jika mau sukses di masa depan.

Leave a Comment

x