Cara Menjadi Agen Wahana Secara Offline dan Online + Syaratnya

Jaman sekarang sangat mudah mencari peluang kerjasama dengan perusahaan besar. Salah satu contohnya bisa bergabung menjadi mitra atau agen wahana. Cara menjadi agen wahana 2022 pun bisa dilakukan dengan mudah asalkan memenuhi persyaratan yang ada.

Wahana sendiri merupakan salah satu jasa ekspedisi pengiriman yang sudsh cukup populer dan sudah menjalin kerjasama dengan berbagai e-commerce. Wahana ini juga sering dikenal dengan sebutan Wahana ekspres. Kualitas pengirimannya cukup bagus sehingga banyak disukai masyarakat.

Syarat Menjadi Agen Wahana

Sebelum membahas terkait bagaimana cara menjadi agen Wahana Express, calon agen sangat perlu tahu terlebih dulu apa saja syarat yang harus dipenuhi. Sehingga nantinya ketika mendaftarkan diri calon agen sudah siap untuk bekerjasama dalam waktu dekat.

Perlu diketahui bahwa ada tiga syarat utama menjadi agen Wahana. Detailnya akan dijelaskan di bawah ini. Untuk itu, berikut ini beberapa syaratnya:

1. Memenuhi Administrasi

Memenuhi-Administrasi

Hal pertama yang harus diurus oleh calon agen adalah terkait administrasi. Untuk administrasi ini berbeda antara agen perorangan dan agen usaha dengan badan hukum. Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk administrasi adalah:

  1. Fotokopi KTP dan NPWP
  2. Pas foto 4×6 sesuai kebutuhan Wahana
  3. Mengisi surat permohonan menjadi agen Wahana. Nantinya surat ini akan ditujukan ke PT Wahana Prestasi Logistik
  4. Melunasi biaya pendaftaran agen Wahana ke rekening resminya
  5. Fotokopi SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) dan SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan). Ini berlaku untuk agen usaha berbadan hukum.
  6. Fotokopi akta perusahaan dan NPWP perusahaan
  7. Menandatangani MOU yang menyatakan perjanjian kerjasama sebagai agen Wahana

2. Persyaratan Lokasi

Persyaratan-Lokasi

Selain persyaratan yang berkaitan dengan administrasi, cara menjadi agen Wahana Indonesia terkait syarat ini juga harus memenuhi lokasi yang disiapkan oleh calon agen itu sendiri. Kriteria lokasinya juga sudah ditetapkan oleh Wahana. Diantara syarat lokasinya adalah sebagai berikut:

  1. Kios atau lokasi agen Wahana ini harus luas, setidaknya dapat ditampung kendaraan roda empat. Paling tidak calon agen bisa menyiapkan lokasi parkir dengan lebar jalan berukuran 4 meter.
  2. Lokasi kios agen Wahana harus bersifat strategis atau mudah ditemukan. Hal ini dimaksudkan agar kelak para konsumen jadi lebih mudah menemukan lokasi agen, sehingga usaha kerjasama bisa berjalan dengan baik
  3. Ruang kios yang ditempati setidaknya punya ukuran luas mencapai 3×3 meter. Luas ruang ini sudah cukup untuk menampung paket-paket dan meja layanan untuk ekspedisi pengiriman.
  4. Lokasi agen dalam beroperasi adalah bangunan yang sifatnya permanen atau tidak berpotensi digusur oleh pihak tertentu. Artinya calon agen bisa saja menggunakan gedung sewaan asalkan gedung tersebut sudah berdiri secara permanen di atas tanahnya sendiri.

3. Menyiapkan E-System

Menyiapkan-E-System

Selanjutnya calon agen harus menyiapkan persyaratan E-System. Paling tidak beberapa poin di bawah ini bisa dipenuhi, diantaranya adalah:

  1. Memiliki perangkat seperti komputer atau laptop beserta mesin printer atau mesin cetakannya, minimal ada satu unit tiap perangkat.
  2. Memasang WiFi atau jaringan internet yang sinyalnya stabil agar proses kinerja bisa berjalan lancar.
  3. Menyediakan alat timbangan digital dengan kapasitas timbangan mencapai 100 kg barang.
  4. Minimal ada satu perangkat Android atau smartphone dan dipakai untuk akses aplikasi ‘sahabat Wahana’.

Cara Menjadi Agen Wahana Daftar Offline

Cara-Menjadi-Agen-Wahana-Daftar-Offline

Setelah memahami berbagai syarat untuk menjadi agen Wahana, selanjutnya calon agen bisa langsung mempelajari cara atau prosedur mendaftar jadi agen Wahana. Calon agen bisa mendaftar secara offline untuk proses yang lebih detail. Diantara prosedurnya adalah:

  1. Datangi kantor cabang Wahana yang ada di daerah domisili calon agen. Jika belum tahu dimana letak kantornya, bisa dicari tahu melalui website Wahana atau calon agen bisa secara langsung mendatangi tim marketing Wahana.
  2. Sebelumnya telah dijelaskan terkait persyaratan administrasi untuk daftar jadi agen Wahana. Maka setelah calon agen datang ke kantor Wahana, serahkan semua persyaratan administrasi yang sudah disiapkan tersebut. Pihak Wahana akan secara langsung memproses data tersebut.
  3. Lakukan pengisian formulir yang isinya adalah pengajuan menjadi agen Wahana. Isikan semua data yang sesuai dengan kondisi calon agen. Pastikan mengisi semua kolom yang ada, jika terdapat ketidak jelasan, langsung tanyakan pada cutomer service.
  4. Petugas Wahana akan membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk memproses data dan formulir pendaftaran yang sudah diajukan oleh calon agen.
  5. Ketika Wahana sudah mengumumkan hasil seleksi agen, para calon agen yang diterima harus menyiapkan biaya administrasi yang ditransfer langsung ke rekening resmi Wahana atau PT Wahana Logistik.
  6. Setelah melakukan pembayaran administrasi agen Wahana, para calon agen diharuskan membuat ID agen baru untuk digunakan selama beroperasi atau bekerjasama dengan Wahana kedepannya.
  7. Proses dilanjutkan dengan adanya training sistem. Tidak menutup kemungkinan para calon agen resmi Wahana tidak begitu memahami kerja sistem Wahana sehingga akan kesulitan selama bekerja.

Maka proses training sistem ini dianggap sangat penting untuk dilakukan. Proses training akan secara langsung dilakukan di PT Wahana Logistik.

  • Proses terakhir menjadi agen adalah melakukan training seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Setelah itu agen resmi Wahana siap beroperasi dengan menggunakan fasilitas Wahana yang sudah disediakan. Para agen diberi kebebasan untuk mencapai target komisi lebih.

Cara Daftar Agen Wahana Secara Online

Cara-Daftar-Agen-Wahana-Secara-Online

Selain bisa dilakukan secara offline, cara menjadi agen Wahana juga bisa dilakukan secara online. Pasalnya mendaftar jadi agen Wahana via online ini akan jauh lebih efisien dan memudahkan para calon agen yang lokasinya jauh dari kantor cabang Wahana.

Calon agen juga hanya perlu menyiapkan modal kuota untuk melakukan pendaftaran, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang Wahana. Untuk kendala atau kesulitan selama melakukan pendaftaran secara online, calon agen bisa menghubungi kontak Wahana secara langsung.

Cara daftarnya juga sangat mudah. Para calon agen hanya perlu membuka situs www.wahana.com/agen-wahana/. Setelah itu calon agen akan disuguhkan dengan formulir online tang harus diisi semua kolomnya sesuai dengan kondisi atau data calon agen.

Jika calon agen diterima dalam seleksi administrasi tersebut, pihak Wahana akan memberikan informasinya via telepon. Kemudian calon agen bisa langsung melakukan pembayaran administrasi. Proses pembayaran administrasi ini sama dengan saat mendaftar secara offline.

Tujuan rekening untuk transfer juga sama, yakni ke rekening PT Wahana Prestasi Logistik. Meskipun mendaftar secara online ini lebih praktis, namun calon agen juga harus tetap memperhatikan syarat yang harus dipenuhi seperti yang sudah dijelaskan para pembahasan syarat menjadi agen.

Cara menjadi agen Wahana memang bisa dilakukan dengan dua cara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Calon agen bisa menyesuaikan untuk memakai cara offline ataupun online.

Tetap saja pada akhirnya nanti saat diterima, agen harus melakukan training sistem langsung ke lokasi PT Wahana Prestasi Logistik. Menjalin kerjasama dengan Wahana akan menghasilkan keuntungan yang cukup bagus, sama halnya dengan kerjasama dengan ekspedisi sejenis.

Leave a Comment

x