Manfaat Hubungan Internasional di Berbagai Bidang (Politik, Ekonomi, dll)

Setiap negara membutuhkan kerjasama dengan negara lainnya yang disebut dengan hubungan internasional. Manfaat hubungan internasional adalah untuk menciptakan sebuah keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat dalam lingkup global.

Adapun hubungan internasional ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu antarregional, regional, multilateral dan bilateral. Hubungan internasional merupakan sebuah hubungan yang sifatnya mendunia untuk menjalin kerjasama dengan negara lain.

Hubungan internasional juga dikenal dengan nama politik internasional dan salah satu keuntungannya adalah tercapainya kepentingan suatu negara dalam sebuah aspek. Tentu saja hubungan internasional memiliki beberapa manfaat lain dari berbagai bidang yaitu sebagai berikut:

Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik

Negara yang tidak menjalin hubungan internasional maka akan terisolasi dari perkembangan dunia. Tidak ada partner untuk berdiskusi terkait suatu hal jika ada masalah. Oleh karena itu adanya hubungan internasional memiliki dampak positif bagi bidang politik sebagai berikut:

1. Menghalangi Terjadinya Intervensi Asing dari Politik Dalam Negeri

Menghalangi-Terjadinya-Intervensi-Asing-dari-Politik-Dalam-Negeri

Kondisi politik sebuah negara yang telah menjalin hubungan internasional dengan negara lainnya akan cenderung lebih terjaga dari segala bentuk gangguan atau intervensi dari luar. Intervensi sendiri adalah campur tangan atau adanya perselisihan antara dua pihak, negara atau golongan.

2. Mendorong Terjadinya Stabilitas Dunia

Mendorong-Terjadinya-Stabilitas-Dunia

Manfaat adanya hubungan internasional dalam bidang politik adalah untuk menciptakan stabilitas dunia. Setiap negara tentu akan berkomitmen untuk menjaga dan menghilangkan segala hal yang bisa mengganggu kestabilan dunia.

3. Berdaya dalam Mempengaruhi Kebijakan Internasional

Berdaya-dalam-Mempengaruhi-Kebijakan-Internasional

Hanya negara yang menjalin politik internasional yang dapat memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kebijakan internasional. Jika tidak menjalin hubungan internasional dengan negara manapun maka tidak memiliki kapasitas untuk turut serta dalam kebijakan tersebut.

4. Melindungi Warga Negara Apabila Sedang Berada di Negara Lainnya

Melindungi-Warga-Negara-Apabila-Sedang-Berada-di-Negara-Lainnya

Selain bisa mendorong terjadinya kestabilan dunia, manfaat hubungan internasional antara lain dalam bidang politik adalah untuk melindungi warga negaranya apabila berada di negara lainnya. Jadi setiap warga negara yang ingin berkunjung ke luar negeri tidak perlu merasa cemas dan was-was.

5. Mendapatkan Kepercayaan dari Negara Lain

Mendapatkan-Kepercayaan-dari-Negara-Lain

Manfaat berikutnya dalam bidang politik adalah akan mendapatkan kepercayaan dari negara lainnya. Kepercayaan ini sangat penting didapat agar mudah untuk menjalin kerjasama dengan negara lainnya dan mendapatkan keuntungan.

6. Menjaga Reputasi di Mata Negara Lainnya

Menjaga-Reputasi-di-Mata-Negara-Lainnya

Manfaat terakhir adalah untuk menjaga reputasi sebuah negara di mata negara lainnya. Dengan memiliki reputasi yang baik maka akan memudahkan aktivitas internasional seperti kegiatan ekspor impor. Kegiatan ini akan memudahkan sebuah negara dalam memenuhi kebutuhannya.

Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Ekonomi

Manfaat-Hubungan-Internasional-di-Bidang-Ekonomi

Salah satu motivasi dari adanya hubungan internasional adalah agar perekonomian di seluruh negara lebih sejahterah. Negara yang melakukan hubungan internasional ini memiliki banyak kesempatan agar ekonomi semakin meningkat, selain itu manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

1. Dapat Menarik Minat Investor Asing

Adapun untuk manfaat pertama adalah dapat menarik minat investor asing untuk berinvestasi di Indonesia. Investor yang merasa tertarik akan memberikan modal serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di dalam negeri.

2. Kesempatan Agar Bisa Mengisi Devisa Negara

Manfaat hubungan internasional antar negara yaitu bisa untuk mengisi devisa negara. Lewat hubungan internasional ini akan membuat kegiatan ekspor impor semakin bertambah, selain itu ini juga akan menguntungkan warga Indonesia yang bekerja di luar negeri.

3. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Adanya hubungan internasional ini tentu bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri karena negara tersebut sudah melakukan kerjasama dengan Indonesia. Tentu hal ini akan memberikan pilihan bagi warga negara yang membutuhkan pekerjaan.

Contohnya adalah seorang TKI yang merantau ke luar negeri dapat dikatakan sebagai “pahlawan devisa” bagi negara Indonesia. Banyaknya lapangan pekerjaan juga disebabkan dengan banyaknya kegiatan ekspor impor di sebuah negara.

Salah satu faktor yang dapat menentukan terjadinya kelancaran sebuah proses produksi adalah jumlah tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan barang baku. Oleh karena itu semakin banyaknya kegiatan ekonomi maka semakin terbuka lebar lapangan pekerjaan.

4. Terbukanya Peluang Ekspor

Manfaat berikutnya adalah semakin terbuka lebar peluang untuk melakukan penjualan barang ke luar negeri. Hubungan Internasional sama dengan membuka kesempatan untuk memasarkan produk dalam negeri.

Manfaat Hubungan Internasional Pertahanan Keamanan

Manfaat-Hubungan-Internasional-Pertahanan-Keamanan

Tidak hanya memberikan manfaat di bidang politik dan ekonomi saja akan tetapi manfaatnya juga pada bidang pertahanan dan keamanan. Hubungan internasional merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh sebuah negara untuk memenuhi kebutuhannya.

1. Pemerintah Berada Dalam Posisi Agar Mudah dalam Menjalin Hubungan Diplomatik dengan Negara Lain

Manfaat pertama adalah agar memudahkan Indonesia jika ingin mengadakan hubungan diplomatik dengan negara lainnya. Hubungan diplomatik merupakan sebuah hubungan satu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dari negara terkait.

Tentu untuk memulai yang namanya hubungan diplomatik itu harus disertai dengan kesepakatan antara kedua pihak. Artinya kemufakatan bersama itu tertuang dalam bentuk pernyataan bersama atau persetujuan. Hubungan internasional ini ada untuk memudahkan hubungan diplomatik.

2. Pemerintah Mampu Dalam Mempromosikan Partisipasi dalam Kegiatan PBB

Jika sebuah negara telah menjalin hubungan internasional dengan sebuah negara maka akan lebih mudah untuk berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan di PBB. Hal ini berkaitan dengan menjaga kestabilan dunia agar tidak terjadi banyak intervensi yang bermunculan.

3. Pemerintah Dapat Menciptakan Reputasi Internasional yang Baik

Selain menjaga kestabilan dunia, manfaat hubungan internasional yang lainnya adalah dapat menjaga reputasi internasional di mata negara lainnya. Dengan adanya hubungan internasional maka Indonesia akan mendapatkan kepercayaan dari negara lain jika ingin menjalin hubungan kerjasama.

4. Pemerintah Mampu Mendorong Negara Lain Agar Mau Menjalin Kerjasama

Indonesia adalah sebuah negara yang tidak bisa berdiri sendiri karena pasti membutuhkan bantuan dari negara lainnya. Setiap negara memiliki produk andalan yang dijual ke negara lainnya untuk memenuhi kebutuhan begitu pula Indonesia. Indonesia butuh produk dari luar negeri sebagai kebutuhan.

Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Sosial Budaya

Manfaat-Hubungan-Internasional-di-Bidang-Sosial-Budaya

Manfaat lainnya dari hubungan antarnegara ada pada bidang sosial budaya. Menjalin hubungan internasional dapat mencakup berbagai aspek lainnya. Hubungan internasional ini juga dapat dikatakan sebagai hubungan antarnegara.

Berdasarkan sebuah buku Penerapan Mind Mapping terdapat beberapa manfaat penting menjalin hubungan antarnegara khususnya di bidang sosial budaya. Pertama adalah turut berperan aktif dalam mengembangkan serta membina nilai-nilai sosial.

Melalui hubungan internasional maka Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan budaya-budaya lokal ke mancanegara. Sehingga kebudayaan Indonesia dapat dikenal luas oleh masyarakat luar negeri.

Selain itu Indonesia juga akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran informasi mengenai masalah sosial budaya. Contohnya adalah Indonesia bisa lebih mudah dalam mempelajari kebudayaan lokal bangsa Malaysia atau Korea.

Banyak manfaat hubungan internasional yang bisa didapatkan oleh Indonesia . Hubungan internasional ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk memperkenalkan kebudayaan lokalnya dan bisa belajar budaya negara lain.

Leave a Comment

x