10 Manfaat MEA Bagi Perekonomian di Indonesia dan ASEAN

MEA jadi salah satu fasilitator untuk berkembangnya sektor bisnis tidak hanya di Indonesia tapi di semua negara ASEAN. Manfaat MEA bagi perekonomian di Indonesia cukup luas dan terus berkembang.

Dampak dari MEA tidak hanya berlaku di sektor ekonomi saja bahkan juga menyentuh sektor utama negara lainnya. Tapi istilah MEA ternyata masih jarang terdengar di masyarakat luas. Lalu apa pengertian MEA dan apa manfaatnya?

Apa Itu MEA?

Apa-Itu-MEA

ASEAN Economic Community atau MEA adalah sistem ekonomi antar negara yang dibentuk di atas perserikatan negara Asia Tenggara. Dalam Bahasa Indonesia MEA merupakan singkat dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dimana dengan adanya sistem ini Indonesia dan negara ASEAN lain bisa leluasa melakukan kerja sama.

Sistem ini lebih sering digunakan sebagai alat untuk menjual berbagai komoditas dalam skala yang cukup besar. Mulai dari produk jasa hingga produk barang semuanya akan lebih mudah dilakukan karena sudah terikat sistem yang mempermudah.

Karenanya manfaat MEA bagi perekonomian di Indonesia bisa dibilang cukup besar. Sektor yang terlibat didalamnya juga cukup banyak meliputi sektor pangan, keunguan, pertanian, pariwisata, kesehatan, teknologi, e-commerce, energi bahkan hingga komunikasi.

Indonesia yang punya hampir semua sektor di atas akan sangat diuntungkan. Karenanya masalah terkait sulitnya ekspor seperti jarang muncul ke permukaan. Indonesia nantinya bisa dengan mudah menjual berbagai komoditas ke 9 negara MEA lain diantaranya:

  1. Malaysia
  2. Filipina
  3. Thailand
  4. Singapura
  5. Brunei Darussalam
  6. Laos
  7. Vietnam
  8. Kamboja
  9. Myanmar

Berdasar sumber dari situs resmi MEA, sistem di dalamnya memiliki sistem dengan karakteristik tersendiri yang semuanya dimuat dalam dokumen berjulukan Blueprint. Dokumen ini telah disepakati oleh para anggota di pertemuan 2006.

Dokumen tersebut telah disepakati dan berjalan secara semestinya hingga saat ini. Pertemuan dari sistem asosiasi ini selalu memiliki titik temu yang sama-sama menguntungkan. MEA juga memiliki sistem dengan tujuan yang cukup general dan rata diantaranya:

  1. Membangun pasar tunggal dengan basis produksi.
  2. Membuat kawasan ekonomi dengan daya saing tinggi.
  3. Membangun kawasan ekonomi terintegrasi dengan ekonomi global yang rata.

Manfaat MEA bagi Perekonomian di Indonesia

Dengan menjadi salah satu anggota MEA tentu saja Indonesia dapat mendapat beragam manfaat terutama di sektor ekonomi, bisnis dan pembangunan. Tidak menutup kemungkinan juga bagi sektor lain seperti sektor pangan untuk merasakan manfaatnya. Berikut manfaat yang akan didapatkan.

1. Margin Pendapatan Laba Lebih Besar

Margin-Pendapatan-Laba-Lebih-Besar

Tentu saja salah satu alasan penjualan suatu komoditas adalah untuk mendapatkan laba. Pada sistem penjualan oleh negara sendiri laba biasanya akan masuk ke anggaran kas negara atau devisa negara.

Semakin banyak komoditas yang dijual dengan harga saing tertentu maka akan semakin banyak pula laba yang didapatkan. Hal ini lah yang selanjutnya akan didapatkan oleh Indonesia begitu ikut berkecimpung dalam sistem Masyarakat Ekonomi ASEAN.

2. Perkembangan Industri Semakin Pesat

Perkembangan-Industri-Semakin-Pesat

Manfaat MEA bagi perekonomian di Indonesia kedua yang bisa dilihat dan dirasakan dampaknya yakni perkembangan industri yang semakin pesat. Kemungkinan luas untuk ‘berjualan’ berbagai komoditas jadi salah satu penyebabnya.

Saat suatu komoditas dijual dan ternyata dapat memenuhi kebutuhan konsumennya maka produksi komoditas harus lebih masif dilakukan. Inilah yang berlaku saat Indonesia ikut MEA. Perkembangan industri semakin pesat salah satunya dengan permintaan yang melonjak tinggi.

3. Pasar yang Lebih Menjanjikan

Pasar-yang-Lebih-Menjanjikan

Bagi pengusaha lokal apa pun bentuk perusahaannya memiliki pasar yang pasti adalah sebuah keuntungan. Biarpun pasar yang didapatkan merupakan pasar konsumen lokal akan tetap menguntungkan dibanding tidak punya pasar tetap sama sekali.

Namun apa jadinya bila punya pasar internasional? Ini yang terjadi saat Indonesia memasuki sistem penjualan ASEAN. Dimana pasar tetap dengan skala internasional bisa didapatkan. Tidak hanya itu, nilai jual yang diberlakukan juga bisa lebih tinggi.

4. Membuka Peluang Kerja Sama Panjang

Membuka-Peluang-Kerja-Sama-Panjang

Kerja sama antar negara bisa jadi pembuka peluang perkembangan berbagai sektor. Termasuk sektor ekonomi, ada berbagai kemungkinan perjanjian saling menguntungkan yang bisa dibuat kedua belah pihak.

Dengan masuknya Indonesia dalam sistem MEA juga jadi salah satu jalan membuka peluang kerjasama berdurasi panjang. Tidak hanya kerja sama ekonomi, kerja sama sektor lainnya juga sangat bisa dilaksanakan.

5. Meningkatnya Kesejahteraan Nasional

Meningkatnya-Kesejahteraan-Nasional

Terakhir, Indonesia berpeluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam skala nasional. Tidak hanya membuka lapangan kerja yang luas, ternyata proses meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bisa diupayakan lewat sistem MEA.

Opsi ini bisa saja dimaksimalkan oleh instansi terkait untuk meningkatkan angka kesejahteraan. Namun saat ini kebanyakan regulasi peningkatan kesejahteraan nasional masih berkutat di cara pemberdayaan sistem yang ada di lingkungan internal.

Manfaat MEA bagi Perekonomian di ASEAN

Manfaat-MEA-bagi-Perekonomian-di-ASEAN

Tidak hanya Indonesia yang mendapat manfaat dari sistem MEA, ternyata negara lain bahkan satu area ASEAN sekalipun berpeluang mendapat manfaat menyeluruh. Berikut 5 diantaranya manfaat MEA bagi ekonomi ASEAN.

1. Kas Negara Bertambah

Manfaat pertama yang bisa didapatkan yakni dengan bertambahnya kas negara secara berkelanjutan. Hal ini bisa didapatkan karena banyak hal salah satunya dari tambah banyaknya laba penjualan suatu komoditas.

Sistem MEA juga memungkinkan setiap negara yang ingin ekspor barang atau jasa tidak perlu membayar. Biaya ekspor yang dihapuskan tentu akan semakin meningkatkan nilai keuntungan bagi suatu negara.

2. Lancarnya Kegiatan Ekspor

Kegiatan ekspor yang semakin lancar juga jadi salah satu keuntungan bagi semua negara yang berkecimpung dalam MEA. Peniadaan sistem Bea dan Cukai jadi salah satu keuntungan besar bagi banyak negara ASEAN.

Terutama sektor produksi dan ekonomi akan mendapatkan keuntungan berlipat. Bisa jadi negara di ASEAN jadi negara barometer jual beli profesional antar negara.

3. Kualitas Komoditas Barang Terjaga

Peniadaan Bea dan Cukai di setiap negara MEA tidak hanya mendatangkan laba yang lebih besar tapi juga bisa mendatangkan manfaat lainnya. Salah satunya yakni komoditas barang yang lebih terjaga kualitasnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu barang akhirnya tidak diterima salah satunya karena kualitas barang yang rusak. Namun dengan sistem yang terintegrasi ini barang akan lebih terjaga dan cepat sampai.

4. Peningkatan Kesejahteraan ASEAN

Peningkatan kesejahteraan yang merata di negara ASEAN juga bisa terwujud seiring dengan perkembangan waktu. Peningkatan kesejahteraan ini bisa terjadi karena efek domino positif yang terjadi saat sistem MEA diberlakukan di awal.

5. Investasi Antar Negara Meningkat

Manfaat MEA bagi perekonomian di Indonesia ternyata juga bisa dirasakan oleh negara lain di ASEAN. Investasi dan kerja sama antar negara bisa jadi meningkat pesat tidak melihat sektor apa yang diselami.

Investasi tidak hanya mendukung perkembangan sistem ekonomi suatu negara tapi juga jadi salah satu faktor terhindarnya krisis ekonomi. Karenanya beragam upaya dilakukan untuk terus mengembangkan sistem yang berlaku.

Beragam manfaat lain bisa didapatkan oleh Indonesia khususnya dari sistem yang diberlakukan oleh MEA. Indonesia sendiri sudah mendapatkan dan merasakan efek nyatanya dengan meningkatnya nilai ekonomi nasional.

Leave a Comment

x