4 Alasan Notifikasi SMS Banking BRI Tidak Masuk dan Solusinya

SMS Banking BRI, fitur yang memudahkan nasabah BRI untuk melakukan transfer tanpa melalui mesin ATM dan tanpa harus memiliki HP yang mumpuni. Salah satu masalah fitur ini yaitu terkadang pengguna tidak menerima notifikasi. Kenapa notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk?

Ada 4 penyebab yang umum terjadi. Berikut 4 alasan notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk yang umum terjadi.

Penyebab Kenapa Notifikasi SMS Banking BRI Tidak Masuk

Ketika melakukan transaksi perbankan melalui SMS Banking, proses yang terjadi diawali dengan mengirimkan SMS ke nomor 3300. Kemudian sistem akan memproses transaksi ini. Hasil akhirnya yaitu berupa transfer atau pembelian dan berupa notifikasi SMS ke nomor pengirim.

Notifikasi atau laporan yang tidak masuk bisa dikarenakan oleh kendala yang terjadi di salah satu proses di atas. Bisa terjadi akibat kendala dalam proses input, akibat kendala sistem ketika memproses transaksi, atau akibat kendala dalam output proses.

1. Nomor Telepon Belum Terdaftar

Nomor-Telepon-Belum-Terdaftar

Penyebab pertama kenapa notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk adalah nomor HP belum terdaftar untuk fitur SMS Banking. Ketika nomor HP belum terdaftar, fitur SMS Banking tidak dapat digunakan pada nomor tersebut.

Bisa jadi nasabah BRI sudah mendaftar fitur SMS Banking melalui mesin ATM. Namun, proses pendaftaran ini tidak hanya sampai dengan menerima struk bukti pendaftaran SMS Banking saja. Proses selanjutnya yaitu mendatangi bank untuk melakukan konfirmasi pendaftaran.

Mungkin saja proses yang satu ini terlewatkan sehingga nomor telepon belum terdaftar. Untuk mengetahui tata cara pendaftaran fitur SMS Banking lebih lanjut, ketahui cara mengaktifkan SMS Banking BRI.

2. Jaringan atau Penyedia Layanan Komunikasi Seluler Bermasalah

Jaringan-atau-Penyedia-Layanan-Komunikasi-Seluler-Bermasalah

Penyebab SMS Banking tidak masuk di HP selanjutnya yaitu akibat gangguan jaringan seluler. SMS tidak dapat terkirim dengan baik mengakibatkan transaksi tidak terjadi. Atau transaksi berhasil tetapi notifikasi transaksi tidak terkirim dengan baik ke nomor HP nasabah.

Hal tersebut umumnya diakibatkan oleh lokasi yang susah sinyal atau sedang ada gangguan sinyal di lokasi tersebut.

Bisa juga disebabkan karena penyedia (provider) layanan komunikasi seluler yang digunakan sedang mendapat gangguan. Akibatnya pengguna jasa harus menunggu agar penyedia jasa memperbaiki masalah tersebut.

3. Transaksi Perbankan Tidak Mencapai Nominal Minimal

Transaksi-Perbankan-Tidak-Mencapai-Nominal-Minimal

Transfer dapat dilakukan asalkan melebihi nominal minimum transfer SMS banking BRI sebesar Rp10.000 per hari. Batas maksimalnya berbeda-beda, tergantung dari jenis tabungan yang digunakan. Umumnya dengan nilai maksimal sebesar Rp1.000.000 per hari.

Namun, untuk mendapatkan notifikasi, nasabah perlu untuk melakukan transaksi dengan nominal minimal sebesar Rp100.000. Bisa jadi penyebab kenapa notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk karena nominal transaksi yang dilakukan tidak melebihi batas minimum.

4. Gangguan Sistem BRI

Gangguan-Sistem-BRI

Tidak menerima notifikasi juga bisa diakibatkan oleh transaksi yang gagal. Salah satu faktor transaksi yang gagal adalah gangguan pada sistem pemrosesan data yang dimiliki oleh pihak bank.

Jika demikian, nasabah perlu untuk menunggu proses perbaikan sistem selesai dilakukan untuk melakukan ulang transaksi. Ada juga kasus gangguan sistem dimana ada SMS Banking tapi saldo tidak masuk. Cara mengatasinya, segera hubungi call center BRI untuk mengatasi hal ini.

Setelah menghubungi call center umumnya nasabah akan dimohon untuk menunggu sampai uang dikembalikan. Dana akan dikembalikan dalam hitungan jam bahkan hari.

Tips Agar Mendapatkan Notifikasi SMS Banking

Tips-Agar-Mendapatkan-Notifikasi-SMS-Banking

Dari beberapa penyebab di atas, ada beberapa tips agar notifikasi dapat diterima oleh nasabah. Tips berikut hanya untuk hal-hal yang dapat dikendalikan oleh nasabah saja.

  • Cara mendapatkan notifikasi SMS Banking BRI yang pertama tentunya memastikan apakah nomor telepon nasabah sudah terdaftar dalam fitur SMS Banking atau belum. Untuk memastikan hal ini, nasabah perlu untuk mengunjungi cabang BRI terdekat.

Ketika mengunjungi bank, nasabah perlu membawa KTP dan buku rekening untuk melakukan konfirmasi. Nantinya proses konfirmasi akan dibantu oleh customer service.

  • Nasabah perlu untuk memastikan apakah jaringan komunikasi seluler sedang bagus atau tidak untuk digunakan melakukan transaksi. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gangguan dalam transaksi.

Maka, nasabah dianjurkan untuk menunggu jaringan dalam kondisi normal untuk melakukan transaksi.

  • Jika transaksi yang dilakukan memiliki nominal dibawah Rp100.000, maka tidak ada notifikasi yang akan masuk. Hal tersebut wajar terjadi dan nasabah tidak perlu bingung ketika tidak mendapatkan notifikasi.

Namun jika dana tidak terkirim, nasabah perlu segera menghubungi call center BRI untuk melaporkan kendala yang terjadi.

  • Jika semua tips di atas sudah dilakukan, namun notifikasi tidak pernah diperoleh, langkah terakhir yang dapat ditempuh yaitu menghubungi cabang BRI terdekat atau menghubungi call center. Nasabah BRI dapat menghubungi call center BRI di 14017/1500017.

Cara Mengaktifkan SMS Banking BRI

Cara-Mengaktifkan-SMS-Banking-BRI

Sebelum mendaftar SMS Banking, nasabah perlu untuk mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu. Persyaratan mendaftar SMS Banking adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki rekening Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) dan Giro (nasabah perorangan) yang memiliki Kartu ATM BRI aktif.
  2. Memiliki ponsel dengan kartu SIM yang masih aktif.
  3. Setelah mempersiapkan persyaratan tersebut, maka dapat segera dilakukan registrasi. Terdapat dua metode pendaftaran, yaitu melalui mesin ATM dan melalui cabang BRI terdekat.

1. Pendaftaran Melalui Mesin ATM BRI

Untuk melakukan pendaftaran menggunakan mesin ATM BRI, hal yang perlu dipersiapkan oleh nasabah yaitu kartu ATM BRI dan nomor ponsel. Pendaftaran dapat dilakukan di tiap mesin ATM BRI. Direkomendasikan untuk melakukan pendaftaran di ATM yang memberikan rasa aman dan nyaman.

Berikut langkah pendaftarannya:

  1. Memasukkan ATM dan nomor PIN.
  2. Memilih menu transaksi lain.
  3. Memilih menu registrasi.
  4. Memilih menu SMS Banking.
  5. Memasukkan nomor HP yang akan digunakan untuk SMS Banking.
  6. Membuat nomor PIN SMS Banking. Direkomendasikan untuk menggunakan angka yang mudah diingat, namun tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain. Contoh angka yang mudah ditebak yaitu tanggal lahir dan angka berurutan 123456.
  7. Pendaftaran selesai. Nasabah menerima struk bukti pendaftaran. Untuk saat ini hanya bisa menggunakan fitur cek saldo dengan SMS Banking.
  8. Melakukan konfirmasi ke customer service untuk mengaktifkan fitur SMS Banking lainnya (transfer, pembayaran tagihan, dan isi ulang pulsa).

2. Pendaftaran Melalui Cabang BRI Terdekat

Direkomendasikan untuk mendaftar melalui cabang BRI terdekat untuk mendapatkan semua fitur dari SMS Banking. Namun jika nasabah terburu-buru ingin segera cek saldo, maka registrasi menggunakan mesin ATM menjadi opsi terbaik.

Untuk melakukan pendaftaran di cabang BRI terdekat, nasabah perlu untuk membawa kartu ATM, buku rekening, KTP, dan mempersiapkan nomor HP. Langkah pendaftarannya cukup mudah, yaitu:

  1. Mengunjungi cabang BRI terdekat
  2. Mengambil antrean customer service (jika perlu meminta bantuan satpam yang bertugas) dan menunggu giliran
  3. Melakukan pendaftaran SMS Banking BRI dengan dibantu oleh customer service

4 alasan kenapa notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk, tips untuk mendapatkan notifikasi, dan cara mendaftar SMS Banking ini perlu dipahami nasabah BRI. Jika saat ini SMS Banking sedang bermasalah, cari tahu dulu penyebabnya dan segera cari solusi untuk memperbaikinya.

Leave a Comment

x