Tujuan Koperasi Bagi Anggota, Pemerintah, Konsumen, Usaha Kecil, dll

Pada dasarnya, tujuan koperasi adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui asas kekeluargaan sehingga mampu menstabilkan ekonomi suatu negara. Itulah mengapa koperasi menjadi bagian dalam perekonomian indonesia dan tidak bisa dipisahkan.

Sebelum membahas tentang tujuannya, Anda harus tahu apa yang dimaksud dengan koperasi, yakni badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan maupun badan hukum koperasi untuk memenuhi keperluan para anggotanya atas asas kekeluargaan.

Tujuan Dibentuknya Koperasi

1. Bagi Anggota Koperasi

Tujuan utama pembentukan koperasi adalah anggotanya sendiri. Hal ini berdasarkan UU Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian pasal 3 yang menjelaskan bahwa tujuan koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya.

Selain anggota koperasi, UU tersebut juga menyebutkan bahwa tujuan umum dari koperasi adalah untuk masyarakat serta membangun tatanan perekonomian nasional. Tujuan ini sesuai dengan harapan negara dalam mewujudkan masyarakat yag maju, adil dan makmur.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki keperluan dan kebutuhan yang berbeda-beda tapi dengan keperluan itulah mereka berkumpul menjadi satu sehingga membentuk koperasi. Itulah mengapa tujuan khusus atau utama dari koperasi akan kembali pada anggotanya.

Dengan tujuan yang berfokus pada kesejahteraan anggotanya membuat semakin banyak orang yang ingin bergabung dalam koperasi tersebut. Apabila koperasi dikelola dengan baik, maka jangkauannya akan bertambah besar jika jumlah anggota koperasi makin banyak.

Apabila tujuan pembentukan koperasi bagi anggotanya sudah tercapai, maka koperasi akan fokus ke tujuan lain yang melibatkan lebih banyak pihak. Misalnya, produsen, konsumen, usaha kecil hingga pemerintahan dalam membangun perekonomian yang lebih stabil.

Kesejahteraan anggota koperasi menjadi bagian yang paling penting dalam pembentukan dan penyelenggaraan koperasi. Dengan begitu, fungsi dan peran koperasi dapat dirasakan oleh semua anggota yang terlibat dalam koperasi tersebut.

2. Bagi Produsen

Seperti yang diketahui, fungsi utama dari pembentukan koperasi adalah demi kesejahteraan anggota di dalamnya. Ternyata bukan hanya itu saja, koperasi juga memiliki tujuan bagi produsen yang akan kita bahas berikut ini.

Dalam pengadaan barang yang akan dijualnya, koperasi tentu tidak bisa bekerja sendiri sehingga membutuhkan peran keberadaan produsen, suplier atau distributor. Dari pihak pihak itulah koperasi bisa mendapatkan barang yang akan dijual nantinya.

Pada umumnya, produsen memiliki tujuan yang hampir sama dalam menjalankan suatu bisnis, yakni mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pengeluaran yang minimal. Keberadaan koperasi bisa menjadi sarana bagi produsen untuk mencapai tujuan tersebut.

Produsen memiliki tujuannya tersendiri mengapa harus ikut berperan dalam koperasi, yakni menawarkan barang dengan harga yang cukup tinggi. Dengan begitu, produsen bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, apalagi jika koperasi sudah berskala besar.

Bagi produsen, tujuan koperasi adalah suatu keuntungan yang bisa didapatkan apabila kualitas dan harga yang ditawarkan mampu bersaing dengan produsen lainnya. Harga menjadi bagian penting yang harus dipertimbangkan dalam pengadaan barang koperasi.

Kerja sama yang terjalin antara produsen dan koperasi tentu bisa memberikan keuntungan satu sama lain. Jadi, keberadaan koperasi tidak hanya bermanfaat untuk anggotanya sendiri, tapi juga turut dirasakan bagi para produsen.

3. Bagi Konsumen

Bagi-Konsumen

Selain produsen, tujuan khusus koperasi juga melibatkan masyarakat selaku konsumen untuk memperoleh barang baik dan berkualitas dengan harga yang lebih rendah. Umumnya, barang yang ditawarkan koperasi memiliki harga yang relatif lebih rendah dibanding harga pasaran.

Tentu saja hal ini menjadi solusi terbaik bagi para konsumen, apalagi di tengah harga keperluan yang semakin tinggi atau mahal. Barang atau produk yang disediakan oleh koperasi menjadi angin segar bagi para konsumen karena bisa memangkas pengeluaran.

Ada beberapa barang yang selalu menjadi kebutuhan utama atau pokok bagi masyarakat selaku konsumen, misalnya beras, sayuran, lauk, air, bumbu dapur dan lain sebagainya. Jika keperluan ini tersedia dalam harga yang lebih rendah, tentu akan membantu konsumen.

Meskipun koperasi tidak menyediakan semua barang yang dibutuhkan dalam keperluan sehari-hari, tapi keberadaan beberapa barang dengan harga murah sudah sangat membantu. Oleh karena itu, konsumen akan merasa senang ketika membeli produk koperasi.

Meskipun harga yang ditawarkan oleh koperasi relatif lebih murah, tapi tidak perlu khawatir tentang kualitas dari produk tersebut. Pasalnya, koperasi memiliki mitra pilihan yang mampu menyediakan barang-barang tersebut dengan kualitas yang sama bagusnya.

4. Bagi Usaha Kecil

Bagi-Usaha-Kecil

Bukan hanya menyediakan barang keperluan sehari-hari yang diperjualbelikan ke konsumen, koperasi juga memiliki tujuan lain bagi usaha kecil, yakni untuk mendapatkan modal usaha ringan sekaligus bisa membentuk usaha bersama.

Bagi usaha kecil, koperasi adalah solusi bagi mereka yang ingin membangun suatu usaha atau bisnis tapi memiliki kendala dalam modal. Hampir semua bisnis pasti membutuhkan modal berupa uang, baik itu sedikit maupun besar.

Sayangnya, tidak semua orang beruntung bisa memiliki modal yang cukup untuk memulai suatu bisnis. Meski begitu, kendala modal saat ini bukan lagi masalah besar karena sudah ada koperasi yang siap membantu para pengusaha kecil dalam mempersiapkan modalnya.

Koperasi memiliki layanan khusus bagi mereka yang ingin menawarkan kerja sama dalam menjalankan bisnis. Koperasi tidak hanya memberikan bantuan berupa modal, tapi juga kerja sama secara profesional yang membantu Anda dalam memulai bisnis dari nol.

Setiap koperasi memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan bantuan modal, baik besaran hingga syarat yang diperlukan. Oleh karena itu, Anda juga harus menyesuaikan jumlah modal yang dibutuhkan dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak koperasi.

5. Bagi Pemerintah

Bagi-Pemerintah tujuan koperasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, koperasi tidak hanya memiliki fungsi bagi anggota di dalamnya, tapi juga lebih menyeluruh, yakni bagi pemerintah. Harapan besar dari suatu koperasi adalah membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Apabila semua tujuan sudah tercapai, bukan hal yang sulit untuk mencapai tujuan koperasi bagi pemerintah. Pada akhirnya, kesejahteraan anggota koperasi, produsen, konsumen dan usaha kecil dapat membantu negara dalam menstabilkan perekonomian negara.

Sebagai warga negara yang aktif, tentu kita tidak bisa hanya berdiam diri dan mengandalkan langkah pemerintah dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Melalui koperasi, tujuan pemerintah tersebut juga bisa dicapai dengan kerja sama semua pihak.

Koperasi yang dapat mencapai semua tujuannya dan dapat berperan dengan baik tentu juga membantu pemerintahan dalam membangun tatanan perekonomian nasional yang lebih baik dan stabil.

Besar dan luasnya tujuan koperasi menjadi perhatian bagi para anggota dan pihak yang terlibat di dalamnya untuk bersama-sama mewujudkan tujuan koperasi tersebut. Kerja sama inilah yang bisa merealisasikan tujuan koperasi hingga dirasakan oleh masyarakat luas.

Koperasi memiliki beberapa tujuan yang berbeda, tergantung pada sudut pandang yang diambil dalam pembentukan koperasi tersebut. Meski begitu, tujuan koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota maupun pihak yang terlibat di dalamnya.

Leave a Comment

x