Usaha Jual Beli Motor Bekas: Peluang, Modal, Strategi

Untuk saat ini, usaha jual beli motor bekas memang bisa mendatangkan prospek yang sangat menguntungkan. Kebutuhan akan kendaraan roda dua yang semakin meningkat, tentu saja membuat peluang keberhasilan dari bisnis ini sangat tinggi.

Terlebih lagi, bisa dibilang jika modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini termasuk kecil, namun mampu memberikan keuntungan yang lumayan besar. Oleh karena itu, usaha bisnis yang satu ini memang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk membuat suatu bisnis tapi masih bingung bisnis apa yang harus dibuat, mungkin jual beli motor bekas bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk informasi secara lebih lanjut, simak dulu penjelasan yang ada di bawah ini.

Latar Belakang Usaha jual Beli Motor Bekas

Latar-Belakang-Usaha-jual-Beli-Motor-Bekas

Data menunjukkan jika Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengendara sepeda motor terbesar di dunia. Di setiap tahunnya, peningkatan jumlah penjualan sepeda motor terbilang sangat tinggi. Hal itu tidak hanya berlaku untuk motor baru saja, tetapi juga untuk motor yang bekas.

Menariknya lagi, bisnis jual beli kendaraan roda dua ini tidak harus menggunakan modal yang besar. Anda dapat memulai bisnis tersebut dengan modal kecil, atau bahkan tanpa adanya modal sekalipun. Anda bisa menggunakan strategi berjaring agar lebih praktis dan efektif.

Dengan kemudahan dan keuntungan yang menjanjikan, usaha motor bekas ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif bisnis yang menjanjikan. Dan Anda pun juga bisa menentukan keuntungan dari bisnis ini, sehingga prospek jangan panjangnya memang sangat baik.

Hal yang tidak kalah menarik, bisnis yang satu ini juga dapat Anda jadikan sebagai usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Pasalnya bisnis ini sifatnya fleksibel, yang artinya bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja.

Strategi Usaha jual Beli Motor Bekas

Memang benar bisnis jual beli motor bekas adalah salah satu bisnis yang fleksibel dan mendatangkan keuntungan yang besar. Namun bukan berarti Anda dapat melakukannya tanpa adanya strategi. Nah, agar nantinya bisnis bisa berjalan lancar, berikut ini beberapa strategi yang perlu diketahui.

1. Mencari motor bekas sendiri

Mencari-motor-bekas-sendiri

Saking mudahnya bisnis yang satu ini, bahkan cara untuk mendapatkan barang dagangan yakni sepeda motor bekas pun tidaklah susah. Pada kenyataannya, banyak orang yang sengaja menawarkan sepeda motor bekas yang dimiliki karena memang sedang butuh uang.

Untuk informasi mengenai orang yang akan menjual kendaraannya sendiri, Anda bisa melihatnya di berbagai media, seperti koran lokal hingga media sosial. Bahkan, ini terdapat banyak grup jual beli motor di Facebook sesuai domisili dengan anggota yang sangat banyak.

2. Bekerja sama dengan showroom motor

Bekerja-sama-dengan-showroom-motor

Untuk saat ini, banyak orang yang telah menjalankan bisnis jual beli motor bekas ini dalam skala yang lebih besar. Bahkan showroom motor pun kini tidak hanya menjadi tempat untuk menjual motor baru saja, namun juga motor-motor bekas.

Khususnya di kawasan perkotaan, Anda bisa menemukan banyaknya showroom yang menjual motor bekas. Nah, keberadaan dari banyaknya showroom tersebut, tentunya dapat Anda manfaatkan, terutama bagi yang masih pemula dengan modal terbatas.

Dengan menjalin kerja sama dengan pemilik showroom, maka bisnis jual beli motor ini bisa dilakukan tanpa modal sekalipun. Dalam hal ini, berkerja sama bukan berarti menjadi karyawan, melainkan menawarkan dagangan mereka untuk mendapat keuntungan lebih banyak.

Nah, posisi menjadi semacam marketing freelance ini juga tidak hanya membantu Anda untuk membangun kerja sama dengan satu showroom saja. Namun Anda juga bisa menjalin dengan banyak showroom sekaligus untuk memperluas jaringan.

Dapat dikatakan pengalaman sebagai tenaga pemasaran inilah, yang akan menjadi bekal berharga pada saat ingin membuat showroom sendiri. Jika nantinya showroom sudah dibuka, maka Anda sudah punya jaringan untuk menjual barang dagangan tersebut.

3. Memasarkan motor bekas

Memasarkan-motor-bekas

Jika Anda sudah bisa mulai merintis sendiri usaha jual beli motor bekas, terdapat beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memasarkannya. Nah, di sinilah pengalaman Anda menjadi marketing freelance sebelumnya sangat berharga untuk bisa menjual motor dengan cepat.

Anda dapat menggunakan cara marketing konvensional, seperti yang telah dilakukan oleh banyak pelaku bisnis. Misalnya saja seperti memasang iklan kecil di koran lokal, membuat dan menyebarkan brosur, sampai bergabung ke dalam berbagai macam komunitas pecinta kendaraan.

Dan untuk mendongkrak lagi penjualan yang bisa didapatkan, Adan juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana yang efektif. Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, saat ini ada banyak grup di Facebook yang berisikan jual beli kendaraan bekas.

Nah, Anda dapat bergabung dan berpartisipasi di dalam grup tersebut dengan menawarkan setiap unit sepeda motor yang dimiliki. Jika sudah bergabung di dalam grup, jangan lupa untuk selalu update dan posting motor besa untuk ditawarkan.

Modal Usaha Jual Beli Motor Bekas dan Keuntungan

Modal-Usaha-Jual-Beli-Motor-Bekas-dan-Keuntungan

Banyak orang yang menggandrungi bisnis jual beli motor bekas ini, karena modal yang dibutuhkan terbilang minim. Namun dengan modal yang terbatas sekalipun, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penghitungan umu untuk modal dan keuntungan bisnis tersebut.

Modal bisnis jual beli motor bekas

Perlu untuk Anda ketahui, jika bisnis jual beli kendaraan yang satu ini bisa dimulai dengan modal mulai 7 jutaan rupiah, lho. Nah, modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli motor bekas dari pengguna dengan harga yang sama atau justru lebih rendah.

Keuntungan bisnis jual beli motor bekas

Jika misalnya saja Anda bisa mendapatkan motor bekas dengan harga yang sama yakni 7 juta, kemudian menjualnya 7 juta 300 ribu rupiah, maka Anda sudah mendapat untung 300 ribu rupiah pertama. Simpanlah keuntungan tersebut, dan gunakan 7 juta untuk mencari motor bekas dari pengguna lagi.

Nah, misal dalam satu bulan Anda bisa melakukan sebanyak 10 kali transaksi, maka keuntungan yang akan didapatkan dikali 10. Jadi kemungkinan Anda dapat memperoleh keuntungan hingga 3 juta rupiah dalam satu bulan. 

Jika Anda berhasil mendapat harga beli motor yang lebih murah, dan harga jual yang lebih tinggi. Tentu saja keuntungan yang akan didapatkan akan semakin besar. Belum lagi jika transaksi yang dilakukan bisa lebih banyak, peluang Anda mendapat 5 juta dalam satu bulan pun juga cukup besar.

Risiko yang Bisa Terjadi

Risiko-yang-Bisa-Terjadi

Tentu saja Anda sudah tahu, jika setiap bisnis atau usaha itu pasti memiliki risiko tersendiri ketika dijalankan. Termasuk juga dengan bisnis jual beli motor bekas ini, ada beberapa risiko yang mungkin saja akan Anda temui, seperti berikut.

  1. Harga jual motor bekas yang tiba-tiba melambung.
  2. Daya beli masyarakat untuk motor bekas menurun.
  3. Biaya lebih untuk perawatan motor sebelum dijual.
  4. Jumlah pembeli yang tidak bisa disamaratakan setiap bulan.

Usaha jual beli motor bekas memang bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastinya Anda perlu menjalankannya dengan tekun. Selain itu, bisnis yang satu ini memang butuh kesabaran untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Leave a Comment

x