Usaha Pet Shop, Ini Analisa dan Tips Usahanya Agar Sukses

Usaha pet shop menjadi salah satu opsi yang menarik bagi kalangan pecinta hewan peliharaan. Saat ini banyak orang-orang yang menghabiskan kesehariannya bersama hewan peliharaannya. Mulai dari kucing, anjing, ikan hias, burung atau bahkan hewan jenis reptil sekalipun.

Beberapa orang tak segan-segan memberikan treatment dan perawatan terbaik untuk hewan peliharaannya, meskipun biaya yang nanti akan dikeluarkan terbilang cukup besar. Hal ini didasari akan wujud cinta dan kasih sayang pada hewan peliharaannya tersebut.

Saat ini banyak yang tertarik mencoba peruntungannya dalam memulai usaha pet shop di mana saja. Selain karena ketertarikan terhadap hewan peliharaan, omzet yang didapat bisa mencapai ratusan juta rupiah. Agar lebih mengenal bisnis dalam bidang ini. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Analisa Usaha Pet Shop

Analisa-Usaha-Pet-Shop

Banyak faktor-faktor yang bisa mempengaruhi jalannya bisnis tersebut, terlebih dalam bisnis pet shop. Tentunya semakin hari semakin marak masyarakat yang berbisnis bidang ini sebagaimana seperti yang disinggung di awal tulisan tadi.

Platform digital seperti sosial media menjadi salah satu yang mempengaruhi bisnis ini. Banyak para influencer yang membagikan momen-momen kebersamaan dengan hewan peliharaannya. Sehingga dari hal tersebut dapat memunculkan keinginan masyarakat untuk memiliki hewan peliharaan sendiri.

Permintaan akan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh para pecinta hewan peliharaan memunculkan berdirinya bisnis pet shop. Hampir di setiap pelosok daerah dapat ditemukan toko-toko yang menjual produk dan jasa perawatan untuk hewan peliharaan. 

Modal dari pembuatan pet shop memang tidak sedikit, disesuaikan dengan produk dan layanan apa yang ingin ditawarkan. Tapi keuntungan yang akan diperoleh nantinya akan sebanding dengan modal yang sudah dikeluarkan sehingga banyak yang tertarik dalam memulai bisnis ini.

Namun hal tersebut tetap tergantung dengan analisa para pebisnis melalui metode apa yang dilakukan agar bisnis berjalan dengan lancar. Sejatinya, bisnis memang selalu berorientasi pada keuntungan. Namun, orientasi tadi tidak serta merta dapat mencederai kualitas pelayanan yang baik.

Karena sebagai langkah kontinuitas bisnis, customer satisfaction adalah hal yang paling utama. Selain itu, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis pet shop ini.

Tips-Tips Dasar dalam Membuka Usaha Pet Shop

Sebelum membuka sebuah bisnis, tentu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa tips dasar membuka bisnis pet shop yang harus dipahami:

1. Ketahui Lokasi yang Strategis

Ketahui-Lokasi-yang-Strategis

Bisnis selalu berkaitan dengan penempatan lokasi usaha. Sebab seberapa strategisnya lokasi tersebut dapat mempengaruhi engagement toko. Biasanya dalam mengetahui lokasi yang tepat, bisa dilakukan dengan survey ke tempat yang aksesnya mudah ditempuh menuju toko tersebut.

Jangan lupa juga untuk memastikan berapa banyak usaha sejenis yang ada disekitar lokasi tersebut. Persaingan pasar memang kerap terjadi dalam bisnis. Dengan mengetahui jumlah kompetitor di lokasi yang sama, kemudian target customer bisnis akan bisa diperkirakan.

Selain itu, perhatikan pula banyaknya masyarakat sekitar yang memiliki hewan peliharaan. Sebab hal ini bisa jadi blunder bagi pebisnis jika tidak mengetahui pasarnya. Mungkin opsi lokasi terbaik dalam bisnis pet shop adalah sekitaran pinggir jalan raya atau di sekitar komplek perumahan.

2. Rencanakan Bisnis secara Matang

Rencanakan-Bisnis-secara-Matang

Rencana pembangunan usaha pet shop perlu dikaji secara matang dari mulai modal awal, margin keuntungan yang diambil, hingga ke service apa yang ditawarkan kepada customer nantinya. Selain itu, perlu diperhatikan juga branding bisnis pet shop kepada target customer nantinya.

Peralatan penunjang bisnis juga perlu menjadi perhatian agar nantinya toko dapat terkonsep dan tertata baik dalam displaying produk ataupun dalam pelayanan. Dengan begitu, menambah estetika dari pet shop serta jaminan kepuasan customer dapat terjaga dengan baik.

Kenali treatment yang ditawarkan dalam pet shop ini. Penjualan kebutuhan hewan peliharaan seperti kandang, makanan, hingga aksesoris sebisa mungkin di variasikan agar opsi yang ditawarkan kepada customer pun semakin banyak dan variatif.

Pelayanan hewan peliharaan seperti grooming, penitipan, atau bahkan pengobatan bisa dijadikan one stop service pada bisnis ini agar memudahkan para customer dalam merawat hewan kesayangannya dengan baik. Tentunya akan lebih mudah juga menarik customer melalui pelayanan seperti ini.

3. Rekrut Tenaga Ahli Profesional

Rekrut-Tenaga-Ahli-Profesional

A right man in the right place, prinsip ini perlu diimplementasikan sebagai pilar penunjang pelayanan terbaik di bisnis pet shop ini. Rekrut veterinarian yang profesional dan mengetahui tentang perawatan hewan peliharaan. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kepercayaan customer pada bisnis ini

Seringkali terjadi suatu saat dimana customer belum mengetahui produk atau pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan peliharaannya. Karyawan pet shop perlu mengetahui seluk beluk permasalahan tersebut. Bukan tak mungkin akan muncul pelanggan tetap pet shop nantinya

Dengan adanya tenaga profesional, mutu dan kualitas dari pelayanan serta produk yang ditawarkan pet shop akan terjaga dengan baik. Jadi nantinya tujuan dan target usaha Ini dapat tercapai sesuai yang direncanakan sebelumnya.

4. Memahami Risiko yang Muncul di Usaha Pet Shop

Memahami-Risiko-yang-Muncul-di-Usaha-Pet-Shop

Semakin berkembangnya masyarakat yang memelihara hewan peliharaan tentunya berbanding lurus dengan munculnya bisnis pet shop. Karena setiap lapisan masyarakat dapat dengan mudah mengakses segala kebutuhan yang berkaitan dengan hewan peliharaan di toko tersebut.

Dalam menjalankan bisnis tentunya tidak serta merta akan terus berjalan dengan lancar. Banyak sekali para pebisnis yang kerap kali terlena dengan keuntungan yang sudah dicapai dalam bisnisnya. Memang hal tersebut tidak dapat dipungkiri, namun dalam realitanya bisnis pun dapat berfluktuasi.

Resiko yang sering muncul adalah munculnya kompetitor baru dalam mekanisme persaingan pasar. Pengembangan bisnis perlu dianalisis tiap saat agar bisnis yang dijalankan tidak terjerumus ke dalam dampak negatif persaingan pasar tadi.

Banyak yang bisa dilakukan sebagai antisipasi resiko yang muncul dalam menjalankan bisnis pet shop, diantaranya:

  1. Analisa kekurangan dan kelebihan dari para kompetitor yang ada sehingga bisa diketahui langkah apa yang bisa dilakukan untuk menjaga eksistensi serta kualitas dari produk dan pelayanan bisnis pet shop sendiri.
  2. Kembangkan inovasi pelayanan maksimal yang ditawarkan agar customer bisa mencoba hal-hal baru, dan yang dapat dibedakan dengan pet shop lainnya. Contohnya seperti pelayanan spa untuk hewan peliharaan misalnya kucing atau anjing.
  3. Manfaatkan keahlian marketing, baik secara konvensional maupun digital untuk memperluas jangkauan branding toko. Contohnya seperti mengadakan kontes kecantikan untuk hewan.
  4. Ajak komunitas pecinta hewan terdekat untuk bekerja sama dalam memberikan edukasi tentang bagaimana perawatan hewan secara sederhana sebagai bagian dari upaya branding.

Itulah beberapa informasi mengenai usaha pet shop, baik dari analisa, tips serta resiko yang muncul. Banyak cara untuk memulai bisnis baru, namun tetap perlu riset dan perhitungan dengan matang mengenai bagaimana bisnis nantinya berjalan.

Rangkuman tadi sekaligus menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam membuka sebuah bisnis, khususnya bisnis pet shop. Oleh karena itu, sebagai entrepreneur masa depan beranikan diri dan teruslah belajar dalam mengelola bisnis sendiri. 

Leave a Comment

x