2 Cara Daftar Agen BNI Secara Online dan Langsung (+Syaratnya)

Salah satu kelebihan bank BNI adalah selalu Ingin memberikan pelayanan yang maksimal agar tidak kalah dengan bank lainnya, Bank Nasional Indonesia atau BNI akhirnya membuka layanan perbankan dengan sistem agen yang bernama Agen46 atau Agen BNI.

Agen BNI 46 ini nantinya akan membantu para nasabah untuk melakukan kegiatan perbankan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang bank BNI terdekat yang hanya bisa melayani sesuai dengan jam operasional berlaku.

Apa itu Agen BNI?

Apa-itu-Agen-BNI

Kata agen pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Agen sendiri merupakan pihak lain yang menyediakan jasa atau produk yang sama dengan yang disediakan oleh pihak pusat. Agen tersebut nantinya bisa mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak. 

Oleh karena itu, menjadi seorang agen bisa jadi sebuah ladang bisnis yang juga menguntungkan. Untuk menjadi seorang agen, bisa melalui cara direkrut oleh pusatnya atau juga mendaftarkan diri. 

Cara pendaftaran agen juga berbeda tergantung dengan kebijakan dan persyaratan dari masing-masing perusahaan. Hingga saat ini ada banyak perusahaan yang menggunakan cara agen untuk memperluas pelayanan dan pemasaran produknya. 

Bahkan, cara ini juga digunakan oleh banyak bank di Indonesia salah satunya adalah BNI. Salah satu perusahaan BUMN tersebut mengeluarkan fasilitas yang berguna untuk meningkatkan pelayanan para nasabah BNI dengan adanya agen bank BNI atau juga disebut dengan Agen46.

Agen bank BNI tersebut dapat membantu para nasabah untuk melakukan layanan perbankan yang sama dengan kantor bank BNI, seperti pembukaan buku rekening baru, setor tunai, transfer uang antar atau beda bank, setor tunai, hingga pembayaran tagihan.

Semua masyarakat umum tentu saja diperbolehkan untuk mendaftarkan diri menjadi Agen bank BNI dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat Menjadi Agen BNI

Syarat-Menjadi-Agen-BNI

Untuk menjadi agen di bank BNI tentu saja ada beberapa persyaratan yang diperlukan. Persyaratan tersebut harus dipenuhi agar pendaftaran berjalan dengan lancar dan disetujui. Berikut ini adalah syarat dokumen dan syarat lainnya untuk menjadi agen di bank BNI:

1. Syarat Dokumen

Persyaratan dokumen sangat diperlukan dalam hal administrasi untuk setiap pendaftaran menjadi seorang agen di perusahaan manapun termasuk bank BNI. Berikut ini adalah syarat dokumen yang diperlukan untuk menjadi agen bank BNI:

  1. Formulir pendaftaran untuk agen yang sudah diisi dan ditandatangani.
  2. Fotocopy identitas diri, seperti E-KTP, SIM atau Paspor.
  3. Fotocopy buku rekening tabungan BNI dan juga memiliki kartu ATM BNI.
  4. Fotocopy NPWP bagi yang sudah wajib memiliki sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  5. SKU atau Surat Keterangan Usaha yang ditandatangani dari Kelurahan.
  6. Pas foto dengan ukuran 3×4.

2. Syarat Lainnya

Setelah persyaratan dokumen di atas dipenuhi, ada juga persyaratan lainnya. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengelola keuangan.
  2. Dapat menggunakan mesin EDC yang nanti diberikan dan digunakan untuk melakukan layanan transaksi perbankan.
  3. Dapat memasarkan layanan agen Bank BNI di lingkungan sekitar.
  4. Memiliki usaha dan penghasilan tetap lainnya.

Cara Daftar Agen BNI

Cara-Daftar-Agen-BNI

Untuk mendaftarkan diri menjadi seorang agen di bank BNI ada dua cara, yaitu datang langsung ke kantor cabang bank BNI terdekat atau dengan melalui online. Kedua cara tersebut memiliki langkah-langkah yang mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Melalui Kantor Cabang Bank BNI

  1. Kunjungi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan.
  2. Kemudian isi formulir pendaftaran yang diberikan dan lampirkan dengan dokumen yang dibutuhkan.
  3. Lalu tunggu informasi dari pihak bank BNI mengenai proses selanjutnya.
  4. Kemudian pihak bank BNI akan melakukan survey ke lokasi agen. Apabila lokasi sesuai dan memenuhi syarat maka bisa langsung melakukan perjanjian kerja sama.
  5. Setelah menandatangani perjanjian kerja sama, pihak bank BNI akan memberikan fasilitas kepada agen untuk menunjang kegiatan layanan perbankan.

2. Melalui Online

  1. Kunjungi situs website di https://agenbni46.bni.co.id/register.
  2. Lalu isi data diri sesuai dengan kolom yang disediakan.
  3. Kemudian isi juga lokasi lengkap tempat Anda membuka agen bank BNI.
  4. Setelah itu, lakukan verifikasi dan kemudian pilih Daftar.
  5. Jika sudah diproses, pihak bank akan melakukan survey ke lokasi agen dan jika sudah memenuhi syarat maka akan langsung melakukan perjanjian kerja sama dan memberikan fasilitas yang diperlukan oleh seorang agen.

Keuntungan Menjadi Agen Bank BNI

Keuntungan-Menjadi-Agen-Bank-BNI

Sebagai pembuka layanan agen, tentu saja bank BNI telah mempersiapkan beberapa keuntungan yang nantinya akan didapat jika Anda berminat mendaftarkan diri menjadi seorang agen. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gratis

Biasanya, saat mendaftarkan diri menjadi seorang agen ada yang namanya biaya pendaftaran tertentu sesuai dengan ketentuan dari perusahaan terkait. Sedangkan untuk mendaftarkan diri menjadi seorang agen di bank BNI, Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran karena gratis.

2. Mendapatkan Komisi

Ini merupakan salah satu keuntungan yang tentu saja diinginkan dari setiap agen, yaitu mendapatkan komisi. Pihak bank BNI tentu saja juga memberikan komisi tersebut kepada semua agennya. Komisi tersebut didapatkan agen dari setiap transaksi perbankan yang Ia layani dari nasabah yang datang.

Setiap transaksi tersebut memiliki jumlah komisi yang berbeda-beda. Komisi tersebut bisa mencapai sekitar Rp3.000 lebih untuk setiap transaksi. Semakin banyak nasabah BNI yang melakukan transaksi, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan oleh agen bank BNI tersebut.

3. Kemudahan Mengajukan Modal Usaha

Sama dengan bank lainnya, BNI juga memiliki KUR atau Kredit Usaha Rakyat untuk memberikan pinjaman modal usaha bagi nasabahnya. Apabila Anda merupakan seorang agen di bank BNI, maka pinjaman tersebut bisa lebih dipermudah lagi nantinya.

Selain itu, limit pengajuan bank BNI bagi agen juga bisa lebih besar dibandingkan dengan nasabah lainnya. Tentu saja hal tersebut dapat menguntungkan untuk memperbesar modal usaha.

4. Mendapatkan Fasilitas

Keuntungan selanjutnya menjadi seorang agen adalah mendapatkan fasilitas dari bank BNI untuk menunjang pemberian layanan perbankan kepada nasabah dengan gratis. Fasilitas tersebut antara lain adalah spanduk, brosur, sertifikat, dan akses aplikasi untuk transaksi.

Alasan BNI Membuka Agen46

Alasan-BNI-Membuka-Agen46

Bank BNI memiliki alasan tersendiri untuk membuka fasilitas agen, salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan keuangan dan memberi kemudahan bagi pelaku UMKM. Selain itu, ada juga alasan lainnya. Berikut ini informasinya:

1. Lebih Dekat dengan Masyarakat

Dengan adanya agen dari bank BNI yang hadir di tengah-tengah masyarakat dan bisa beroperasi kapanpun dan dimanapun, maka bisa menjangkau masyarakat dari semua daerah dan menjadi lebih dekat.

2. Proses Transaksi Lebih Mudah

Salah satu alasan bank BNI membuka agen adalah untuk mempermudah pihak bank dan menghemat waktu operasional karena semua transaksi bisa dibantu dengan adanya agen bank BNI.

3. Menambah Penghasilan UMKM

Dengan adanya komisi untuk para agen, tentu saja hal tersebut dapat menambah penghasilan bagi Anda para pelaku UMKM.

Dari informasi mengenai Agen BNI di atas, bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk mendaftar dan menjadi bagian dari bank BNI?

Leave a Comment

x