Bagaimana Cara Kita Agar Modal yang Kita Miliki Tepat Guna? Ini Jawabannya

Modal usaha yang besar tidak selamanya menjamin kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun pengelolaan modal usaha yang baiklah nantinya bisa menjadi penggerak kesuksesan dari bisnis. Sudah mengetahui dan paham bagaimanakah cara kita agar modal yang kita miliki tepat guna?

Sangat penting untuk mengetahui dan menerapkan metode mengolah modal usaha dengan baik supaya bisa membantu bisnis memperoleh keuntungan maksimal dan terus berkembang.

Bagaimanakah Cara Kita Agar Modal yang Kita Miliki Tepat Guna Untuk Perusahaan?

Tentunya modal usaha yang tidak dikelola dengan baik, tanpa terasa bisa cepat habis dalam waktu singkat. Alhasil akan berdampak pada bisnis yang sedang dijalani menjadi sulit untuk dikembangkan karena kehabisan modal. Adapun 5 cara mengolahnya seperti berikut ini:

1. Buatlah Rencana Keuangan yang Tepat

Buatlah-Rencana-Keuangan-yang-Tepat

Bagaimanakah cara kita agar modal yang kita miliki tepat guna? Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat rencana keuangan. Sebab semua aktivitas bisnis bisa berjalan dengan baik apabila memiliki perencanaan yang matang.

Oleh karena itu, sebelum terjun ke dunia bisnis pastikan terlebih dahulu telah membuat rencana keuangan yang tepat. Caranya yaitu dengan mencatat modal awal yang dibutuhkan untuk memulai mendirikan usaha, arus penggunaan uang dan pengeluaran lainnya.

Dalam hal ini, jangan lupa juga untuk memberikan keterangan pada setiap arus kas masuk maupun keluar. Dengan begitu, nantinya Anda bisa mengetahui ke mana saja modal usaha itu digunakan. Apakah sudah sesuai atau belum?

2. Membuat Laporan Laba Rugi

Membuat-Laporan-Laba-Rugi

Bagaimana cara kita agar modal yang kita miliki tepat guna dan menguntungkan? Caranya yaitu dengan membuat laporan laba rugi secara detail. Karena dengan laporan itu, nantinya Anda bisa mengetahui secara jelas berapa banyak keuntungan maupun kerugian yang telah diperoleh.

Di samping itu laporan laba rugi juga bisa membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan finansial dari bisnis yang sedang dijalani. Dengan begitu, apabila terjadi kerugian yang cukup banyak, maka bisa segera mengambil langkah tepat untuk mengatasinya.

3. Pisahkan Uang Bisnis dengan Pribadi

Pisahkan-Uang-Bisnis-dengan-Pribadi Cara Kita Agar Modal yang Kita Miliki Tepat Guna

Bagaimanakah cara kita agar modal yang kita miliki tepat guna yaitu dengan memisahkan uang pribadi dan bisnis. Hal itu bertujuan agar keuangan bisnis mudah dikontrol. Dengan begitu, jumlah pengeluaran dan pemasukan dapat terukur secara jelas.

Sebab jika uang pribadi dan bisnis dicampur menjadi satu tidak hanya berdampak negatif pada usaha yang sedang dijalani saja. Namun, juga berpotensi gagal dalam mengelola dana sehingga bisa menyebabkan kebangkrutan dalam bisnis.

4. Sediakan Dana Khusus untuk Membayar Angsuran

Sediakan-Dana-Khusus-untuk-Membayar-Angsuran

Ketika modal usaha telah terpakai dan melihat perkembangan positif pada bisnis, alangkah baiknya untuk menyediakan dana khusus yang bisa digunakan membayar angsuran. Dalam hal ini, bisa juga setiap ada pemasukan langsung menyisihkannya.

Jika tidak disediakan dana khusus untuk membayar angsuran, bisa menyebabkan penunggakan hutang sehingga jumlah bunga akan terus mengalami pembengkakan dan berakibat modal tidak tepat guna.

5. Lakukan Penagihan Piutang

Bagaimanakah cara kita agar modal yang kita miliki tepat guna yaitu jika memiliki piutang dari konsumen sesegera mungkin untuk melakukan penagihan. Apalagi jika bisnis yang dijalankan bergerak di bidang perdagangan.

Dengan melakukan penagihan piutang kepada konsumen, maka secara otomatis akan lebih mudah untuk mengetahui kesehatan finansial bisnis yang sedang dijalani saat ini.

Dalam hal ini tidak lupa juga untuk memastikan bahwa telah mencatat setiap piutang dengan jelas dan terperinci. Selain itu, hindarilah menggabungkan laporan piutang dengan kas/pengeluaran.

6. Fokus Pada Satu Bisnis

Fokus-Pada-Satu-Bisnis

Cara agar modal yang kita miliki tepat guna dan menguntungkan yaitu dengan fokus pada satu bidang usaha yang sedang digeluti saja. Dengan begitu, pusat pikiran tidak akan terbagi dan bisnis bisa berjalan secara maksimal.

Dalam hal ini, jangan terlalu cepat untuk menambah usaha lain jika target bisnis pertama belum tercapai. Karena hal itu nantinya bisa mempengaruhi keadaan modal usaha dan menyebabkan ketidakstabilan keuangan pada bisnis yang sedang dijalani.

7. Melakukan Konsultasi

Melakukan-Konsultasi

Salah satu tips agar modal usaha dapat tepat guna yaitu dengan meminta saran dan komentar dari orang lain seperti keluarga, sahabat, maupun sesama rekan bisnis. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membuat bisnis berumur panjang.

Dalam hal ini alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi dengan kenalan yang lebih berpengalaman misalnya konsultan keuangan. Apabila takut mengeluarkan biaya yang banyak, dapat bertanya langsung kepada teman yang pernah membuka bisnis sendiri.

8. Memonitor Keuangan Bisnis

Agar modal usaha yang dimiliki bisa tepat guna, maka perlu mendata secara rinci dan lengkap semua pengeluaran dan pemasukan. Dalam hal ini, alangkah baiknya untuk membuat anggaran setiap bulan atau per 3 bulan sekali. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui arus keuangannya.

Tentunya semakin lancar arus keuangan, maka bisa dipastikan bahwa semua kewajiban perusahaan telah terpenuhi dengan baik. Namun apabila arus itu tidak lancar, berarti ada permasalahan dengan pengelolaan modal usaha selama ini.

9. Membuat Akun Khusus Pengeluaran

Supaya modal usaha yang dimiliki bisa tepat guna, alangkah baiknya untuk membuat akun pengeluaran tersendiri. Dalam hal ini, rencanakan berapa persen pengeluaran untuk bisnis yang sedang Anda geluti itu dari modal.

Selain itu, agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal targetkan berapa persen laba yang ingin dicapai dalam waktu 1 bulan. Disamping itu untuk berjaga-jaga adanya situasi darurat bisa juga mencadangkan kas.

10. Kurangi Berhutang

Kurangi-Berhutang Cara Kita Agar Modal yang Kita Miliki Tepat Guna

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab bisnis tidak bisa berumur panjang dikarenakan terjerat hutang. Oleh karena itu, agar modal usaha yang dimiliki bisa tepat guna sebaiknya hindari untuk meminjam uang bila tidak begitu penting atau mendesak.

Dalam hal ini lebih baik untuk mengembangkan usaha dengan modal yang dimiliki terlebih dahulu. Kemudian setelah nantinya dirasa cukup mampu bisa melakukan pinjaman ke pihak terpercaya yang telah memiliki reputasi yang baik.

Apa Saja Kesalahan Mengelola Modal Usaha?

Kesalahan umum yang sering terjadi dalam mengelola modal usaha yaitu mengalokasikan dana untuk mempekerjakan orang-orang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hal itu tentunya membuat pengeluaran kurang efektif. Bahkan bisa menyebabkan kerugian di masa mendatang.

Bukan hanya itu saja, kesalahan yang seringkali terjadi pada usaha baru yaitu meremehkan pengeluaran perusahaan dan terlalu berharap dengan penghasilan. Dengan begitu, menyebabkan kurang fokus pada usaha sehingga mengakibatkan bisnis terbengkalai.

Selain itu, ada juga pengeluaran-pengeluaran opsional yang tidak dipertimbangkan secara matang oleh pebisnis pemula dalam tahap perencanaan. Dengan begitu, menyebabkan pendapatan usaha lebih kecil dari perkiraan.

Kesalahan-kesalahan itu jika dibiarkan tentunya bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar padat bisnis Anda. Oleh karena itu, perlu sesegera mungkin untuk memperbaikinya.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel di atas bagaimanakah cara kita agar modal yang kita miliki tepat guna yaitu dengan membuat laporan keuangan. Dalam hal ini, pastikan membuatnya secara detail karena laporan itu termasuk salah satu patokan dalam akuntansi.

Leave a Comment

x