Cara Memulai Bisnis Kaos Polos Sendiri Dengan Modal Kecil

Produksi kaos merupakan salah satu yang paling diminati oleh permintaan pasar, terlebih lagi banyaknya situs e-commerce maupun online shop yang menjual kaos menjadikan permintaan yang selalu banyak dicari.

Terlebih lagi dengan peminat khususnya kaos polos sendiri, bahan yang simpel tidak dengan banyak motif menjadikan salah satu pilihan utama di tengah masyarakat, terutama kaum muda.

Kaos polos sendiri memang terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan kaos bermerek bermotif. Tampil simpel dan bergaya tanpa harus modal mahal, menjadikannya top penjualan di situs situs besar e-commerce.

Jika kamu ingin memulai cara memulai bisnis kaos polos, simak beberapa ulasan berikut ini, agar kamu tau bagaimana memulai berjualan yang tepat.

Cara memulai bisnis kaos polos sendiri

Berikut tips ini bisa membantumu dalam berjualan dan strategi apa saja kedepannya:

Melakukan riset pasar / permintaan minat pasar

Jangan berjualan ketika anda tidak tau pasar dan target mana yang ingin di sasar, seperti tren dan usia berapa yang ingin kamu targetkan. Riset pasar tentunya tidak semudah yang di bayangkan, terlebih lagi seperti apa jenis bahan dan nantinya harga berapa yang akan dijual ke pasar nantinya.

Ketika sudah memiliki gambaran target usia, hal selanjutnya adalah melihat kompetitor. harga yang di patok ini sangat penting, sebab jika kamu mematok lebih mahal, bisa jadi produk kaos yang kamu jual akan sulit terjual.

Jika kamu mendapatkan produk bahan sesuai kompetitor dengan harga dibawahnya, ini menjadi awal yang bagus untuk berjualan.

Jenis metode bisnis berjualan

Kamu ingin berjualan dengan menyetok barang atau kamu ingin menjadi dropshipper? jika memiliki modal yang cukup lebih baik ambil metode bisnis stok barang, agar barang selalu ready ketika dijual.

Ketika waktu ngepas dan tidak banyak serta hanya ingin menjadi usaha sampingan, metode dropshipper menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu luangmu sambil berjualan.

Pertimbangkan modal dan juga waktu yang bisa digunakan untuk berjualan, jika salah langkah maka bisnis jualan kaos polosmu akan selesai.

Mencari supplier kaos yang terpercaya

Banyak supplier yang menyediakan kaos polos, setiap wilayah tentu ada konveksi maupun supplier yang membuatnya. Terlebih lagi ketika kita menyetok dari luar negeri seperti halnya dari alibaba, beragam merek dan jenis yang dijual.

Hal yang perlu di perhatikan adalah dalam mencari supplier kaos polos, konsistensi dalam menyediakan stok serta kualitas bahan yang di tawarkan. Carilah kaos yang mudah menyerap keringan dengan harga yang bersaing. Terlebih lagi ketika kamu membeli dalam jumlah yang banyak, mintalah diskon pembelian, apalagi jika kamu beli melalui luar negeri.

Jenis-jenis kaos polos yang tersedia

Cotton blend

Salah satu jenis bahan yang memiliki 80% dantaranya adalah katun serta 20% nya terdiri dari linen, rayon serta polyster. Menjaga bahan tetap dingin dan tidak mudah panas. Dimana bahan cotton blend ini sendiri termausk terbaik di kelasnya karena bebas dari kusut ketika di gunakan.

Cotton combed

Dimana menggunakan bahan yang umum digunakan di kaos kaos, bahan ini sendiri halus dan nyaman ketika digunakan. Mampu menyerap keringat dengan mudah dan pas di gunakan ketika kondisi terik matahari.

Rayon

Model bahan ini sendiri perpaduan antara rayon dan kapas, dimana lebih licin serta mudah kusut ketika di gunakan. Ketika digunakan bahan ini terasa sejuk dan menyerap keringat dengan cepat.

Pemilihan warna dan ukuran

Jika kamu pedagang dengan melakukan stok barang, pastikan memilih warna yang banyak di gunakan, yakni hitam dan putih. Setelah itu perbanyaklah ukuran yakni M – XL – XXL dimana standar orang Indonesia umumnya menggunakan ukuran M – XL serta XXL.

Untuk alternatif warna yang di gemari yakni merah, hijau, biru dan cokelat. Pastikan untuk pemilihan warna utama, stok lebih banyak dari pada warna lainnya.

Tentukan target jualan kamu

Setelah langkah di atas sudah di jalankan, cara memulai berbisnis kaos polos sendiri hal yang paling penting adalah dimana kamu menjualnya. Bisa melalui marketplace e-commerce seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dan lazada , sosial media atau melalui web jualan pribadi.

Terlebih lagi dijaman saat ini, anda bisa manfaatkan marketplace e-commerce untuk berjualan, di karenakan perputaran penjualan di marketplace lebih cepat dibadingkan dengan lainnya. Atau jika kamu hobi menggunakan media sosial seperti IG, Tiktok, dan Facebook, ke 3 sosmed tersebut menjadi salah satu pilihan tepat berjualan saat ini.

Pengiriman barang

Ini digunakan ketika kamu berjualan di sosmed maupun berjualan menggunakan web pribadi online shop. Pastikan menggunakan agen ekspedisi yang umum digunakan dan terjangkau, seperti halnya JNE, Pos Indonesia, Tiki, J&T, Sicepat dan AnterAja.

Pilihlah yang terjangkau dekat rumah pastinya, agar ketika terjadi penjulan yang banyak, kamu tidak perlu repot mencari jasa ekpedisi. Dan juga pastikan jangan sampai salah pengiriman barang, sebab akan merpotkan kamu ketika terjadi retur barang akibat kesalahan kirim.

Ekspedisi

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika berjualan ini sendiri?

Sebagai contoh ketika kamu membeli bahan berjenis cotton blend di alibaba, untuk 1pcs kaos umumnya dihargai Rp 35.000.

Nah pastikan kamu juga merinci biaya bea cukai, serta biaya ongkos kirim. untuk bersih sekitar 10.000 untuk per 1 pcs kaos. Nah dari sini kamu sudah bisa menghitung untuk per 1 kaos bisa menghabiskan modal sebesar 45.000, nah kamu bisa menjualkan di marketplace dengan selisih harga keuntungan Rp 10.000 atau sama dengan Rp 55.000 per kaos polos.

Bagaimana tertarik untuk memulai berbisnis kaos polos dengan modal yang terjangkau? pastikan kamu melihat kompetitor yah! untuk melihat untung rugi dari jualan kaos polos ini sendiri.

Leave a Comment

x