Cara Menjadi Agen JNE: Syarat, Modal, dan Aturannya

Cara menjadi agen JNE merupakan salah satu informasi yang menarik untuk dibahas. Siapa yang menyangka, JNE yang dulunya tidak begitu dilirik sebagai bisnis menjanjikan sekarang begitu diidam-idamkan.

Lebih-lebih dengan semakin banyaknya bisnis online, sekarang semakin banyak orang yang menggali informasi mengenai cara menjadi mitra dari JNE.

Nyatanya, untuk menjadi agen JNE, calon agen tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dan tetap memperoleh keuntungan yang cukup lumayan. Tertarik mencoba bisnis ini?

Syarat Menjadi Agen JNE

Salah satu cara menjadi agen JNE tentu saja dengan mengikuti seluruh syarat yang ditentukan. Berikut berbagai macam syaratnya, seperti:

1. Syarat Administrasi Umum

Syarat-Administrasi-Umum

Untuk memenuhi syarat administrasi umum, yang harus dilakukan ialah membuat surat permohonan menjadi agen dengan mengisi formulir pendaftaran di sales counter, kemudian ditujukan ke kantor JNE Pusat Jakarta.

Ketika melengkapi syarat administrasi umum ini, ada beberapa hal yang harus disiapkan seperti copy KTP, pasfoto berwarna milik pemohon dengan latar belakang merah.

Kemudian calon agen juga harus menyiapkan copy kepemilikan lokasi usaha, copy rekening koran, SHM atau AJB, copy pembayaran PBB, copy surat keterangan domisili usaha, copy surat gangguan, foto tampak depan, dalam dan luar.

Bila calon agen mendaftar sebagai perseorangan, calon agen juga harus menyertakan copy KK serta NPWP masing-masing sebanyak 1 lembar. Syarat akan berbeda untuk badan hukum, yayasan dan koperasi.

2. Lokasi Agen

Lokasi-Agen

Selain syarat administrasi, syarat lain yang harus dipenuhi adalah lokasi agen. Jarak minimal dengan Sales Counter JNE lainnya paling dekat adalah 1 kilometer, selain itu dalam satu gedung yang sama tidak diperbolehkan terdapat lebih dari satu sales counter.

Agen juga dianjurkan memilih lokasi yang strategis, serta memilih lokasi yang bisa menampung kendaraan roda empat. Syarat lainnya adalah area lokasi memiliki ukuran 3X4 meter atau minimal luas ruangan 12 meter.

3. Syarat Infrastruktur

Syarat-Infrastruktur cara menjadi agen jne

Untuk menjadi agen, syarat infrastruktur juga harus dipenuhi. Syarat infrastruktur ini seperti tersedia jaringan internet, komputer minimal 2 unit.

Calon agen juga harus menyiapkan timbangan meja, timbangan lantai, sertifikasi Tera Ulang oleh dinas terkait, keranjang sortir plastik serta ATK.

4. Syarat SDM

Syarat-SDM

Cara jadi agen JNE perorangan yang lainnya adalah harus memenuhi syarat SDM. Calon agen harus memiliki minimal 2 orang karyawan pria atau wanita dengan usia minimal 18 tahun.

Selain itu, karyawan tersebut merupakan lulusan SMA, dan dapat mengoperasikan komputer, memiliki penampilan yang menarik, energik serta mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.

Karyawan juga harus memiliki SIM C agar dapat mengoperasikan pick up serta SIM A untuk mengoperasikan kendaraan.

Cara Menjadi Agen JNE

Cara-Menjadi-Agen-JNE cara menjadi agen jne

Setelah seluruh persyaratan terkumpul, calon agen dapat melakukan pendaftaran dengan cara mendatangi kantor cabang JNE sesuai dengan lokasi. Informasikan pada customer service serta serahkan berbagai berkas administrasi yang diharuskan.

Jangan lupa mengisi formulir pendaftaran Sales Counter Registration Form. Nantinya, pihak JNE akan melakukan sejumlah survey mulai dari survey lokasi serta mengecek syarat yang sudah diserahkan.

Bila pendaftaran agen berhasil dilakukan, calon agen harus mempersiapkan uang jaminan atau deposit. Besarnya uang deposit ini kurang lebih Rp5 juta. Namun untuk lebih jelasnya, besaran uang deposit ini dapat ditanyakan ketika melakukan pendaftaran.

Modal Awal Menjadi Agen JNE

Modal-Awal-Menjadi-Agen-JNE

Bukan hanya biaya deposit, namun agen yang bekejrasama dengan JNE harus mempersiapkan sendiri berbagai kebutuhan usahanya mulai dari internet, komputer, meja dan lainnya. Berikut detail perlengkapan yang diperlukan, antara lain:

  1. Papan merek neon box
  2. Spanduk
  3. Backdrop logo JNE
  4. Poster
  5. Seragam karyawan
  6. SOP Sales counter
  7. Plastik flyer kiriman bening
  8. Plastik flyer kiriman merah
  9. Formulir
  10. Sticker marking serta label layanan

Sedangkan untuk rincian biayanya, berikut rincian biaya modal menjadi agen JNE, yaitu:

  1. Biaya perlengkapan sales Rp5 juta
  2. Deposit Rp5 juta
  3. Sewa ruko Rp5 juta
  4. Komputer Rp5 juta
  5. Printer Rp1 juta
  6. Timbangan Rp1 juta
  7. Lain-lain Rp2 juta

Sehingga, keseluruhan modal yang harus dikeluarkan adalah Rp24 jutaan. Namun, modal tersebut belum termasuk gaji karyawan JNE, biaya air dan listrik, biaya internet, hingga iuran lingkungan. Oleh sebab itu, calon agen harus mempersiapkan anggaran lebih ketika memulai usaha ini.

Target Penjualan

Target-Penjualan cara menjadi agen jne

Nantinya, agen JNE yang berhasil terdaftar akan melalui masa percobaan selama kurang lebih 3 bulan, terhitung semenjak berhasil menjadi agen. Berdasarkan gradenya, agen harus mencapai target penjualan ketika masa percobaan.

Untuk grade A memiliki target Rp50 juta, grade B memiliki target Rp20 juta, grade C memiliki target Rp10 juta, kemudian Grade D memiliki target Rp5 juta, sedangkan Grade E memiliki target Rp2 juta.

Selain itu, agen juga harus menjalankan SOP dengan baik dan benar. Bila di bulan ke 4, sampai 1 tahun, agen belum mencapai target, JNE akan menunjau kerjasama dengan agen.

Berbagai Aturan Lain

Berbagai-Aturan-Lain

Meskipun cara menjadi agen JNE terlihat mudah, tetapi terdapat aturan lain yang harus dipatuhi, seperti:

  1. Calon agen diharuskan mengikuti proses interview yang dilakukan sales retail ketika mengembalikan berkas persyaratan
  2. Sesudah memperoleh persetujuan pembukaan keagenan, pemilik serta petugas counter harus mengikuti pelatihan yang diadakan JNE.
  3. Kewajiban perpajakan. Agen harus mematuhi aturan serta ketentuan pajak yang berlaku, serta membuat laporan pajak tahunan dengan cara memberi Salinan dokumen laporan atau tanda terima lapor pajak dari KPP pada JNE.
  4. Maksimal kepemilikan sales counter ini adalah 2 titik, berlaku untuk kepemilikan atas nama perorangan atau badan usaha.

Tips Agar Sukses Menjadi Agen JNE

Setelah berhasil menjadi agen JNE, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar sukses melakoni bisnis ini, seperti:

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Memilih-Lokasi-yang-Strategis cara menjadi agen jne

Pemilihan lokasi akan menentukan prospek bisnis keagenan kedepannya. Pilih lokasi yang ramai, mudah dijangkau serta menjadi perputaran bisnis.

Umumnya, pemilihan lokasi dengan menggunakan kriteria tersebut ditemukan di pusat kota maupun pusat perkantoran. Pemilihan lokasi akan berpengaruh pada bisnis keagenan ini.

2. Lakukan Promosi

Lakukan-Promosi

JNE memang salah satu jasa ekspedisi yang terkemuka. Tetapi, promo untuk keagenan milik sendiri harus dilakukan. Promo bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial, atau dengan memberitahu pada orang terdekat secara lisan.

Namun, ketika ingin memberikan promo, pastikan tidak bertentangan dengan syarat serta ketentuan keagenan JNE.

3. Persiapkan Sumber Daya dengan Baik

Persiapkan-Sumber-Daya-dengan-Baik

Sebelum berkecimpung dalam usaha ini, disarankan untuk mempersiapkan sumber daya yang berkualitas. Contohnya seperti personel yang nantinya akan menjaga counter atau menjadi karyawan.

Selain itu, perhatikan sarana dan prasarana dengan baik. Sehingga ketika kemitraan sudah mulai berjalan, pebisnis sudah siap dan tidak disibukkan dengan berbagai persiapan.

4. Jalin Relasi Sebanyak Mungkin

Jalin-Relasi-Sebanyak-Mungkin

Agar dapat mencapai target pengiriman yang diberikan, pebisnis juga harus menjalin relasi dengan baik. Contohnya saja menjalin relasi dengan penjual online.

Meskipun cara menjadi agen JNE merupakan hal yang mudah, tetapi pastikan untuk melakukan persiapan keagenan dengan baik agar pengajuan berjalan dengan lancar.

Leave a Comment

x