3 Cara Menjadi Agen Shopee Express, Keuntungan + Biayanya

Saat ini, ada berbagai macam bisnis yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Salah satunya bisnis jasa angkutan barang. Bisnis ini semakin lama seperti semakin berkembang saja. Bila ingin ikut serta mencoba bisnis ini, agen Shopee Express bisa dipilih. Cara menjadi agen Shopee Express juga mudah.

Namun, perlu diketahui, ketika menjadi agen Shopee Express, pengguna hanya bisa menerima paket Shopee Xpress Hemat, serta Shopee Xpress Standard yang berasal dari pengguna.

Hingga sekarang, tidak sedikit pengguna marketplace Shopee yang lebih memilih pengiriman barang serta paket menggunakan layanan Shopee Express.

Syarat Menjadi Agen Shopee Express

Syarat-Menjadi-Agen-Shopee-Express

Dengan menjadi mitra agen Shopee Express, tentu memberikan kita sebuah pengalaman baru ketika menjalankan bisnis. Selain itu pengguna juga akan memperoleh komisi serta keuntungan.

Sayangnya, informasi yang mendetail mengenai menjadi agen Shopee Express belum tersedia di website resmi Shopee. Namun, biasanya terdapat tim marketing khusus yang memiliki tugas menawarkan pembukaan agen Shopee Express untuk pengguna tertentu.

Bila menjadi salah satu pengguna yang beruntung mendapatkan penawaran menjadi agen Shopee Express, tentu harus memenuhi sejumlah syarat pendaftaran, seperti:

  1. Memiliki tempat yang strategis untuk membangun kantor agen Shopee Express
  2. Selain itu lokasi kantor agen Shopee Express ini juga mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat
  3. Sedangkan pada gudang barang atau paket, juga harus berada di area yang cukup besar agar dapat memenuhi kebutuhan pengiriman
  4. Calon agen Shopee Express juga harus memiliki perangkat komputer maupun laptop untuk berbagai macam keperluan contohnya seperti mengumpulkan data serta mengecek kwitansi
  5. Selain komputer agen Shopee Express juga harus memiliki scanner dan printer
  6. Kelengkapan alat tulis mulai dari pulpen, pemotong, isolasi, kertas, gunting dan yang lainnya juga tidak boleh ketinggalan
  7. Agen Shopee Express juga harus memiliki timbangan. Timbangan ini tentu saja digunakan untuk menghitung berat dari paket
  8. Tidak ketinggalan, agen Shopee Express juga harus memiliki telepon rumah atau ponsel.

Ketika pelamar sudah menyelesaikan seluruh persiapan di atas, cara menjadi agen Shopee Express yang berikutnya adalah mengikuti panduan menjadi agen.

Cara menjadi Agen Shopee Express

Cara-Menjadi-Agen-Shopee-Express-Mudah-dan-Menguntungkan

Prosedur pendaftaran agen Shopee Express ini tidak seperti layanan ekspedisi lainnya yang harus melakukan pengurusan berbagai macam dokumen. Mendaftar sebagai agen Shopee Express sangat mudah. Berikut langkah menjadi agen Shopee Express, antara lain:

1. Pengisian Formulir

Anda hanya perlu mengisi formulir agen Shopee. Formulir menjadi agen Shopee Express ini berisi mengenai nama, nomor handphone, alamat email, alamat lengkap, titik koordinat, foto luar dari depan, foto tempat parkir dan lainnya.

2. Mengirimkan Form

Setelah selesai melakukan pengisian data, calon agen Shopee Express dapat mengirimkan form ke tim CS Marketing Shopee.

Nantinya pihak agen Shopee Express akan melakukan evaluasi serta validasi mengenai data untuk menentukan apakah dapat menjadi agen atau mitra Shopee.

Umumnya, pihak marketing juga mengirimkan draft yang berisi mengenai perjanjian kerjasama antara Anda serta agen Shopee Express. Baca dengan baik seluruh syarat dan ketentuan dengan mendetail pada dokumen yang dikirim.

3. Menunggu Kabar dari Marketing Agen Shopee Express

Jika sudah mengisi seluruh data kemudian memberikannya pada tim marketing, calon agen Shopee Express hanya perlu menunggu kabar dari marketing, apakah nantinya pengajuan menjadi agen agen Shopee Express ini diterima atau tidak.

Keuntungan Menjadi Agen Shopee Express

Keuntungan-Menjadi-Agen-Shopee-Express

Menjadi agen Shopee Express tentu saja memberikan sejumlah keuntungan. Berikut berbagai keuntungan menjadi agen Shopee Express, seperti:

1. Terintegrasi Dengan Sistem Shopee

Ketika menjadi agen Shopee Express, nantinya sistem yang Anda miliki akan terintegrasi secara langsung dengan sistem yang dimiliki oleh Shopee, sehingga Anda tidak perlu cemas bila pengguna akan berkurang.

2. Layanan Pelanggan Mudah Dihubungi

Ketika memiliki masalah pengiriman, Anda juga tidak perlu cemas karena layanan pelanggan dari agen Shopee Express sangat mudah dihubungi.

3. Proses Pendaftaran Mudah

Proses menjadi agen Shopee Express sangat mudah, cukup mengikuti sejumlah langkah di atas.

4. Biaya Pendaftaran Gratis

Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran karena seluruh proses menjadi agen Shopee Express ini gratis.

Biaya yang Harus Disiapkan Menjadi Agen Shopee Express

Biaya-yang-Harus-Disiapkan-Menjadi-Agen-Shopee-Express

Pada dasarnya, menjadi agen Shopee Express memang tidak membutuhkan biaya pendaftaran, tetapi tentu saja calon agen Shopee Express ini harus menyiapkan berbagai macam fasilitas serta membangun kantor. Berikut biaya yang harus disiapkan, seperti:

1. Biaya Sewa Kantor

Untuk biaya sewa kantor, jika kantor yang digunakan sebagai agen Shopee Express memiliki lokasi yang strategis, biaya sewa yang dimiliki mulai dari Rp10 juta per tahun.

2. Membeli Perangkat

Selain biaya sewa kantor, biaya lain yang harus disiapkan sebelum menjadi agen Shopee Express adalah biaya pembelian perangkat.

Untuk biaya pembelian perangkat ini seperti pembelian komputer Rp5 juta, biaya membeli printer Rp1 juta, kemudian ada pula perlengkapan gerai Rp1 juta.

Kebutuhan lainnya seperti listrik Rp1 juta, terakhir gaji karyawan sebesar Rp1.5 juta. Biaya tersebut tentu harus ditanggung sebelum pembukaan gerai agen Shopee Express.

Potensi Pendapatan yang Diterima

Potensi-Pendapatan-yang-Diterima

Bila sudah membahas cara menjadi agen Shopee Express namun tidak membahas potensi pendapatan atau gaji agen ataupun gaji kurir paket yang dapat diterima, tentu akan sayang rasanya.

Perlu diketahui, nantinya besarnya keuntungan yang diterima oleh agen Shopee Express adalah Rp500 per paket. Bila memiliki banyak langganan penjual Shopee, tentu potensi keuntungan bisa menjadi semakin banyak.

Contohnya saja dalam sebulan, Anda dapat menerima 10 ribu paket dari banyak penjual. Sehingga, pendapatan yang diperoleh adalah Rp500 X 10.000 paket, total pendapatan yang diperoleh adalah Rp5 juta.

Dengan hanya bermodalkan sewa tempat di awal, potensi pendapatan yang diterima dapat mencapai jutaan rupiah. Jumlah tersebut bisa semakin bertambah jika semakin banyak penjual yang mengirim melalui agen Shopee Express Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Menjadi Agen Shopee Express

Hal-yang-Harus-Diperhatikan-Saat-Ingin-Menjadi-Agen-Shopee-Express

Meskipun memberikan potensi keuntungan yang besar, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menjadi agen Shopee Express, seperti:

1. Pastikan Banyak Penjual Shopee

Perlu diingat, nantinya Anda hanya akan menerima paket Shopee standard sehingga, pastikan kembali jika ada banyak penjual Shopee yang berada di wilayah Anda.

Jangan sampai, Anda asal menerima tawaran menjadi agen Shopee Express padahal, tidak banyak penjual Shopee yang berada di wilayah tersebut.

2. Pastikan Lokasi Kantor Tidak Terlalu Jauh

Selain memastikan banyak penjual Shopee, hal lain yang harus dipastikan adalah lokasi kantor tidak begitu jauh dari jangkauan penjual Shopee, sehingga akan ada banyak penjual Shopee yang memilih mengirim paket melalui agen Shopee Express Anda.

3. Memiliki Peralatan yang Sesuai

Agar modal yang dibutuhkan tidak membengkak terlalu besar, Anda dapat menggunakan peralatan untuk menjadi agen Shopee Express seadanya terlebih dahulu. Contohnya saja seperti menggunakan laptop dibandingkan dengan harus membeli komputer.

Cara menjadi agen Shopee Express memang mudah, tetapi hal lain yang harus diperhatikan adalah potensi keuntungan harian atau jumlah paket harian, apakah dapat menutup biaya operasional nantinya.

Leave a Comment

x