4 Cara Cek Status Kredit Mandiri dan Berbagai Istilahnya

Bank Mandiri adalah salah satu bank milik negara yang telah berdiri lebih dari 140 tahun. Banyak sekali kontribusi yang sudah diberikan terhadap perekonomian Indonesia dan dunia perbankan. Dengan menjadi pengguna kartu kredit, maka harus tahu pula bagaimana cara cek status kredit Mandiri.

Pembahasan ini penting dalam rangka menghindari risiko mendapatkan denda dan bunga karena keterlambatan dalam membayar. Untuk pengguna baru yang belum memahami cara memeriksa tagihan, berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Cek Tagihan Kredit Mandiri

Penggunaan kartu kredit sebaiknya harus dikontrol. Untuk bisa melaksanakan poin ini, maka solusinya adalah memeriksa tagihan dengan rutin agar nominalnya tidak membludak ketika masa penagihan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Via SMS

Via-SMS

Menjadi seorang nasabah yang menggunakan kartu kredit, pengguna dapat memeriksa tagihan dengan metode SMS banking. Cara ini merupakan metode paling sederhana dan mudah. Namun, bagi nasabah yang belum mengetahui langkah-langkahnya, dapat menyimak poin-poin berikut ini.

  1. Buka aplikasi SMS pada ponsel.
  2. Ketik TGH[spasi]KK[spasi]16 digit kartu kredit[spasi]6 digit tanggal lahir (dd/mm/yy).
  3. Kirim SMS ke nomor 3355.
  4. Tunggu hingga ada balasan dari pihak bank mengenai nominal tagihan yang harus dibayar.

2. Via Mesin ATM

Via-Mesin-ATM

Mesin ATM juga melayani penggunaan kartu kredit. Apabila pengguna lebih terbiasa bertransaksi dengan mesin ATM, langkah-langkah untuk memeriksa tagihan berjalan kartu kredit Mandiri tidak sulit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan kartu kredit ke dalam mesin dan ketik kode PIN.
  2. Pilih bank penerbit.
  3. Masukkan nomor kartu kredit (enam belas digit).
  4. Tunggu hingga layar menampilkan nominal minimum dan nominal tagihan yang harus dilunaskan.
  5. Jika ingin membayar saat itu juga, masukkan jumlah pembayaran, lalu tekan OK.

3. Via Mobile Banking

Via-Mobile-Banking

Fasilitas lainnya yang dapat dirasakan oleh nasabah dalam bertransaksi dengan mudah adalah mobile banking. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, nasabah harus melakukan pengurusan dengan pihak bank bersama customer service yang akan memandu.

Kemudian, dengan layanan m-banking, cara cek status kartu kredit Mandiri dapat dilakukan lewat aplikasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan login ke aplikasi Mandiri Mobile; ketik username dan password, atau masuk dengan scan sidik jari atau face ID untuk cara yang lebih cepat.
  2. Pada kolom Kartu Kredit di halaman utama, klik Info Total Pagi.
  3. Layar akan menampilkan limit serta histori transaksi.
  4. Klik salah satu kartu kredit yang akan diperiksa nominal tagihannya.
  5. Klik Cek Limit, kemudian layar akan menampilkan tagihan yang sedang berjalan.
  6. Klik ikon tanda seru untuk mengetahui rincian limit pada kartu kredit.

4. Via Call Center

Via-Call-Center

Jika terdapat tagihan pada kartu kredit secara tiba-tiba, cara lain untuk cek status kredit Mandiri adalah melalui layanan Call Center. Karena ini termasuk cara yang mudah juga, maka nasabah harus mengetahuinya.

Layanan Call Center Mandiri sendiri tersedia selama 24 jam setiap hari, bahkan saat tanggal merah atau libur nasional. Dengan kelebihan ini, nasabah mempunyai solusi dalam menyelesaikan keperluan atau masalah yang berhubungan dengan layanan serta produk dari Bank Mandiri.

Untuk memeriksa jumlah tagihan, hubungi langsung nomor Call Center di 14000 dan pastikan nomornya tidak salah. Ketika sudah tersambung, jelaskan keperluan yang hendak diurus secara langsung, yakni memeriksa tagihan kartu kredit.

Panggilan ini juga memerlukan biaya pulsa. Karena itu, pastikan dahulu bahwa pulsa yang tersedia cukup untuk melakukan panggilan sesuai durasi nantinya. Jika biaya tidak cukup, maka risikonya adalah panggilan terputus di tengah jalan.

Istilah dalam Kartu Kredit Mandiri

Nasabah atau pengguna kartu kredit Mandiri tidak hanya perlu mengetahui cara cek status kredit Mandiri. Di samping itu, salah satu produk perbankan ini juga perlu dipahami istilah-istilahnya. Untuk mempelajarinya, dapat menyimak penjelasan berikut ini.

1. Account Number

Persis seperti layanan kartu debit dari Bank Mandiri, kartu kredit juga mempunyai account number atau nomor akun sebagai penanda atau identitas kartu. Nomor ini adalah angka-angka dengan jumlah enam belas digit, tercetak secara fisik pada kartu kredit.

2. New Balance

Istilah new balance disebut juga sebagai tagihan baru. New balance mengandung informasi mengenai saldo terutang ketika tanggal cetak, termasuk saldo terutang pada bulan lalu serta transaksi yang pernah berlangsung hingga tanggal cetak.

Di dalamnya juga terdapat informasi mengenai bunga, biaya-biaya, dan koreksi yang dikurangi kredit dan pembayaran.

3. Minimum Payment

Sebelum menjadi pemegang kartu kredit dan mencari tahu cara cek status kredit Mandiri, nasabah perlu mengetahui bahwa terdapat minimum payment atau nilai pembayaran minimum. Kartu kredit Mandiri sendiri memiliki nominal 10% dari saldo terutang, atau sama dengan Rp50.000.

4. Payment Due Date

Tanggal jatuh tempo berarti masa di mana pihak bank harus menerima pembayaran seluruh saldo terutang, yaitu terhitung 20 hari sejak tanggal cetak. Sebelum payment due date, nasabah harus melunasi pembayaran minimum walaupun saat itu belum menerima lembar tagihan.

5. Statement Date

Tanggal cetak merupakan tanggal transaksi dan saldo terutang lain ditagih. Tanggal ini adalah tanggal yang sama tiap bulan.

6. Transaction Date

Seluruh transaksi yang dilakukan dengan memakai kartu kredit akan dicatat pada tanggal transaksi. Transaksi yang dimaksud dapat berupa tarik tunai, pembayaran saat berbelanja, dan jenis transaksi lainnya.

7. Posting Date

Seluruh transaksi yang dilakukan nantinya akan dibebankan atau dibukukan ke dalam rekening kartu kredit masing-masing nasabah.

8. Description

Keterangan atau description merupakan keterangan transaksi yang dilaksanakan. Deskripsi akan tertulis sesuai jenis transaksi yang dilakukan oleh nasabah dengan kartu kredit.

9. Credit Limit

Pagu kredit ialah batas atau limit jumlah kredit yang dapat dipakai oleh pengguna. Pagu kredit setiap nasabah berbeda-beda yang didasarkan oleh faktor yang berbeda-beda pula, seperti misalnya jumlah penghasilan nasabah tersebut.

10. Total Credit Limit

Beberapa nasabah terkadang mempunyai kartu kredit lebih dari satu. Latar belakangnya berbeda-beda, salah satunya adalah kemudahan pemakaian untuk memenuhi berbagai keperluan. Jika seseorang mempunyai lebih dari satu kartu, maka ketahui pula total pagu kredit atau jumlah limit semua kartunya.

11. Credit Limit Left to Use

Penggunaan kartu kredit dapat mempermudah tapi juga mempersulit keadaan tergantung bagaimana seorang nasabah memakainya. Walaupun unggul dalam segi kemudahan, jangan pernah lupa untuk cek status kredit Mandiri serta sisa pagu kartu kreditnya (credit limit left to use).

Pemilik dapat memeriksanya dengan berbagai metode seperti yang telah dijelaskan pada subjudul sebelumnya.

12. Total Credit Limit Left to Used

Kadang kala, nasabah terlalu larut bertransaksi dan berbelanja dengan kartu kredit, sampai-sampai hal yang kurang penting ikut dibeli. Sisa pagu kredit (total credit limit left to used) merupakan informasi sisa fasilitas dari kredit gabungan, yaitu kartu kredit satu dengan kartu kredit jenis lain.

13. Loan Performance

Kualitas kredit (loan performance) menjadi informasi yang tidak kalah penting, sebab penggunaan kartu memberikan pengaruh pada kualitas kreditnya. Beberapa jenis kualitas yang dimaksud adalah lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, serta macet.

Dikatakan kredit lancar jika pemilik sudah membayar secara tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo. Perhatian khusus maksudnya adalah indikasi yang menandakan keterlambatan pembayaran pada bulan sebelumnya (kira-kira 1-90 hari sesudah jatuh tempo).

Kurang lancar mengartikan bahwa pembayaran terlambat sekitar 91-120 hari pada bulan sebelumnya. Kualitas diragukan menandakan bahwa keterlambatan berlangsung 120-180 hari setelah jatuh tempo. Terakhir, kualitas macet adalah tanda bahwa pembayaran terlambat lebih dari 180 hari.

Untuk menghindari keterlambatan seperti ini, pengguna disarankan untuk cek status kredit Mandiri secara rutin, atau membuat pengingat pada tanggal jatuh tempo setiap bulan.

14. Cash Advance Limit

Penarikan dari kartu kredit juga tidak bisa dilakukan seenaknya. Terdapat batas penarikan tunai (cash advance limit) di mana setiap pengguna harus mengetahui batas nominal pada kartu kreditnya.

15. Interest Rate for Retail

Istilah lain yang harus diketahui oleh nasabah kartu kredit Mandiri adalah bunga pembelanjaan. Maksudnya di sini adalah, bunga pembelanjaan akan berlaku kapan saja, baik itu secara bulanan atau tahunan.

16. Interest Rate for Cash Advance

Selain bunga pembelanjaan, ada pula bunga penarikan tunai. Bunga ini dibebankan setiap nasabah melakukan tarik tunai lewat kantor cabang Mandiri atau mesin ATM. Suku bunga berlaku secara bulanan atau tahunan.

Informasi mengenai besar bunga dapat ditanyakan melalui Customer Service ketika proses pembuatan kartu kredit berlangsung, atau menghubungi pihak bank lewat layanan call center.

17. Fiestapoin

Keuntungan lain yang akan diterima oleh nasabah kartu kredit Mandiri adalah Fiestapoin. Loyalti berupa poin ini diperoleh setiap transaksi untuk kelipatan sebesar Rp20.000. Terdapat hadiah-hadiah menarik untuk ditukarkan dengan Fiestapoin berdasarkan jumlah yang dikumpulkan.

Semakin tinggi Fiestapoin-nya, semakin besar pula kesempatan untuk memperoleh hadiah menarik. Cek katalog untuk melihat hadiah-hadiah yang dapat diperoleh ketika menukarkan Fiestapoin. Beberapa di antaranya adalah gadget dan voucher diskon. Cara cek status kredit Mandiri dapat dilakukan dengan empat cara, yakni melalui SMS, melalui mesin ATM, melalui aplikasi mobile banking, dan melalui telepon call center. Ketahui pula istilah-istilah penting sebagai pengguna kartu kredit agar dapat melakukan transaksi sewajarnya.

Leave a Comment

x