Info Franchise ID Express: Modal, Cara + Syarat, Keuntungan

Seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap jasa ekspedisi, bisnis franchise ID Express juga mulai dilirik para pebisnis. Jasa ekspedisi satu ini memang memiliki reputasi yang baik dengan kualitas pelayanan yang memuaskan.

Untuk menjadi agen jasa ekspedisi ID Express, ada beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari persyaratan administrasi hingga persetujuan pembukaan gerai. Untuk mengetahui cara buka franchise ID Express dan modal yang dibutuhkan, berikut ulasan selengkapnya.

Cara Franchise ID Express

Cara-Franchise-ID-Express

Sebagai salah satu jasa ekspedisi yang terpercaya, ID Express sudah memiliki mitra kerjasama dengan berbagai toko online dan marketplace. Cara mendaftar kemitraan ID Express juga terbilang mudah seperti berikut ini:

1. Syarat Lokasi Usaha

Untuk menjadi mitra franchise ID Express, calon agen harus menentukan lokasi usaha yang akan digunakan. Pastikan lokasi agen terletak di daerah yang strategis dan mudah diakses oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Selain pemilihan lokasi usaha yang strategis, mitra ID Express juga wajib menyediakan fasilitas gerai seperti meja, kursi tunggu, spanduk nama, dan lain sebagainya.

2. Syarat Sistem Agen

Selain persyaratan lokasi usaha, calon agen ID Express juga wajib memenuhi persyaratan lainnya seperti penyediaan laptop atau komputer untuk melakukan input data ekspedisi barang. Selain itu, mitra ID Express juga wajib menyediakan printer deskjet untuk mencetak print-out resi.

Jaringan internet yang disediakan pada gerai ID Express juga harus cepat dan stabil demi kelancaran proses input data pengiriman dan penerimaan paket barang. Tidak ketinggalan juga, calon agen ID Express juga harus menyiapkan timbangan digital dengan kapasitas muatan minimal 30 kg.

Selain itu, calon agen ID Express juga harus menyediakan 1-2 orang karyawan yang bisa mengoperasikan komputer dan perangkat lainnya dengan baik.

3. Syarat Administrasi

Syarat yang tidak kalah penting yaitu kelengkapan dokumen sebagai persyaratan administrasi. Berikut ini beberapa dokumen persyaratan untuk pengajuan daftar waralaba ID Express:

  1. Fotokopi kartu identitas berupa KTP dan NPWP pemohon.
  2. Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  3. Bukti pembayaran IMB (Izin Mendirikan Bangunan) terakhir dan SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha). 
  4. SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan), tanda daftar perusahaan, dan akta pendirian usaha resmi apabila bisnis kemitraan ID Express yang akan dijalankan berbentuk badan usaha.
  5. Foto atau denah lokasi usaha agen dari bagian luar dan dalam ruangan.  

Modal Usaha Franchise ID Express

Modal-Usaha-Franchise-ID-Express

Sama halnya seperti usaha lainnya, bisnis kemitraan ID Express juga mematok sejumlah dana untuk pembukaan gerai atau agen. Biaya waralaba ID Express yang harus disiapkan yaitu kisaran 10 juta rupiah untuk paket basic.

Selain itu, pihak manajemen waralaba ID Express juga menyediakan pilihan paket lainnya yaitu paket komplit dengan nilai investasi sebesar 20 juta rupiah.

Sementara itu, untuk skema penghasilannya sendiri, pihak ID Express akan memberikan komisi dengan besara 20% dari total omset di setiap bulannya. Selain itu, mitra ID Express juga akan mendapatkan bonus menarik lainnya.

Keuntungan Menjadi Agen Franchise ID Express

Selain menawarkan komisi yang menjanjikan, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh agen ID Express. Berikut ini beberapa keuntungan menjadi agen ID Express:

1. Jangkauan Luas

Jangkauan-luas

Sebagai salah satu jasa ekspedisi ternama di Indonesia, ID Express sudah memiliki jangkauan pengiriman yang luas ke berbagai wilayah di Indonesia, bahkan ke daerah pelosok sekalipun.

Dengan adanya jangkauan yang luas ini, bisnis waralaba ID Express memiliki prospek yang bagus karena pasti dicari masyarakat yang membutuhkan layanan jasa pengiriman barang.

2. Bisa Langsung Pick-up Barang

BIsa-langsung-pickup-barang

Selain memiliki jangkauan yang luas, bisnis waralaba agen ID Express juga memiliki peluang yang bagus karena kemudahan yang ditawarkan. Konsumen bisa langsung melakukan pick-up barang ke gerai ID Express terdekat tanpa adanya minimal berat paket.

3. Ongkos Kirim Terjangkau

ongkos-kirim-terjangkau

ID Express Indonesia franchise satu ini memiliki jumlah pelanggan yang sangat banyak karena mematok biaya pengiriman yang ramah di kantong. Hal inilah yang membuat banyak customer tertarik untuk menggunakan layanan jasa pengiriman id Express.

Tidak seperti jasa ekspedisi lainnya, ID Express menawarkan ongkos pengiriman ½ harga untuk bobot paket di bawah 1 kilogram. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak konsumen yang memilih ID Express untuk menghemat biaya pengiriman paket.

4. Proses Pengiriman yang Cepat dan Aman

pengiriman-cepat-dan-aman

Alasan lainnya mengapa harus bergabung kemitraan ID Express adalah proses pengiriman barang lebih cepat dan dijamin aman. Meskipun menawarkan biaya pengiriman yang terjangkau, pelayanan pengiriman barang melalui ID Express sudah tidak perlu diragukan lagi.

5. Tawaran Cashback

tawaran-cashback

Keunggulan lainnya yang bisa dinikmati konsumen yaitu adanya tawaran cashback menarik. Selain menguntungkan bagi pengguna layanan, waralaba ID Express juga akan terkena imbas baiknya. Dengan adanya cashback, jumlah pelanggan ID Express akan terus bertambah setiap harinya.

6. Pilihan Layanan Pengiriman yang Beragam

pilihan-layanan-beragam

Banyak konsumen yang tertarik menggunakan layanan jasa pengiriman ID Express karena adanya pilihan layanan pengiriman yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ada beberapa pilihan layanan pengiriman ID Express antara lain sebagai berikut ini:

a. Layanan Pengiriman Reguler

Pilihan layanan satu ini banyak digunakan masyarakat karena menawarkan ongkos kirim yang relatif terjangkau sesuai dengan jarak pengirimannya. Untuk estimasi waktu pengiriman paket barang reguler ini yaitu sekitar 3 sampai 5 hari kerja.

Pilihan layanan pengiriman barang ini juga sudah menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan daerah-daerah terpencil sekalipun.

b. Layanan Pengiriman Same Day

Jenis layanan ID Express selanjutnya yaitu Same Day. Layanan pengiriman barang satu ini menerapkan proses yang sangat cepat sehingga barang yang dikirimkan hari ini bisa sampai di alamat tujuan pada keesokan harinya atau maksimal 24 jam.

Meski begitu, layanan Same Day ini baru bisa dinikmati oleh pengguna ID Express yang tinggal atau berdomisili di wilayah Jabodetabek.

c. Layanan Pengiriman IDLite

IDLite merupakan jenis layanan pengiriman yang menjadi andalan ID Express. Biaya pengiriman untuk layanan ini juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp6.000,00 saja dengan berat maksimal 500 gram atau 0,5 kg.

7. Customer Service Responsif

Cara-Franchise-ID-Express

Keunggulan lain yang ditawarkan ID Express yaitu tersedia Customer Service yang ramah dan responsif. Tidak hanya melayani komplain pelanggan saja, Customer Service ID Express juga siap melayani pertanyaan mitra ID Express dengan jadwal operasional selama 24 jam nonstop.

8. Kurir Ramah dan Sopan

Tidak-Menolak-Pelanggan

Kualitas pelayanan memang menjadi prioritas utama ID Express untuk menjaga citra dan reputasi perusahaan. Untuk menunjang kenyamanan dan kepuasan penggunanya, jasa ekspedisi satu ini melakukan perekrutan karyawan dengan ketat.

Dengan begitu, keramahan dan kesopanan para kurirnya juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini tentunya menguntungkan bagi pihak agen ID Express karena dengan kurir yang ramah dan sopan, proses pick-up barang menjadi lebih nyaman.

Dengan meningkatnya pengguna jasa ekspedisi, bisnis franchise ID Express memang memiliki prospek yang bagus. Selain itu, dengan adanya tawaran komisi 20% dan bonus menarik lainnya, bisnis waralaba satu ini sangat recommended untuk dijadikan passive income yang menjanjikan.

Leave a Comment

x