Franchise Indomaret, Besaran Modal, dan Peluang Usaha

Bisnis minimarket belakangan ini menjadi pilihan para pelaku usaha karena tingginya minat masyarakat untuk berbelanja di minimarket. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa franchise Indomaret mulai diminati pelaku usaha.

Minimarket yang menerapkan pola kemitraan sejak tahun 1997 ini menawarkan keuntungan yang menjanjikan dengan pangsa pasar yang luas. Untuk mengetahui peluang usaha dan tips menjalankan waralaba Indomaret, berikut ulasan selengkapnya.

Peluang Usaha Indomaret

Peluang-Usaha-Indomaret

Siapa yang tidak kenal dengan minimarket Indomaret? Minimarket waralaba satu ini sudah memiliki outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan utilitas di bawah naungan PT Indomarco Prismatama ini berfokus pada penyediaan kebutuhan pokok masyarakat.

Lalu, berapakah besaran keuntungan yang ditawarkan dari waralaba Indomaret? Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh pihak Indomaret, bisnis waralaba ini akan mendapatkan keuntungan sebesar 12% dari bisnis yang dijalankan untuk setiap bulanya. 

Risiko kegagalan dari bisnis waralaba Indomaret juga berada di bawah 10%. Maka dari itu, pengembalian modal yang dibutuhkan oleh pelaku usaha waralaba Indomaret terbilang cukup pesat yaitu hanya membutuhkan sekitar 2.445 bulan.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka waralaba Indomaret yaitu sekitar 300 juta hingga 500 juta rupiah, meskipun belum termasuk biaya sewa properti. Maka dari itu, bagi pelaku usaha yang tertarik menjalankan bisnis ini wajib mencari lokasi yang strategis.

Karena termasuk bisnis waralaba, pelaku usaha tidak perlu repot-repot melakukan branding lagi. Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dari bisnis franchise waralaba Indomaret antara lain sebagai berikut:

1. Punya Otoritas Merek yang Jelas

Sebagai salah satu bisnis franchise terbesar di Indonesia, bisnis Indomaret sangat menguntungkan karena memiliki otoritas merek yang jelas. Dengan begitu, pelaku usaha franchise satu ini tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membangun branding.

2. Punya Jaringan Promosi yang Besar

Promosi bisnis Indomaret sudah berada di tingkat nasional sehingga sering muncul di media televisi atau media sosial. Dengan begitu, pebisnis pemula yang menjalankan waralaba Indomaret ini akan lebih mudah dalam menjalankan usaha karena dari awal sudah terbangun kepercayaan masyarakat.

3. Punya Sistem Operasi yang Terintegrasi

Pasokan barang yang dibutuhkan sudah dilakukan secara terpadu dengan sistem operasional yang terintegrasi dengan baik. Dengan begitu, pelaku usaha waralaba Indomaret tidak perlu repot-repot mencari produk dari supplier lain.

4. Risiko Gagal Bayar Rendah

Dengan adanya branding yang kuat dan promosi yang dilakukan berskala nasional, kemungkinan kegagalan usaha waralaba satu ini sangat rendah.

5. Bisa Jadi Pengusaha Mandiri

Keuntungan lain yang ditawarkan bisnis waralaba Indomaret yaitu memungkinkan pelaku usaha untuk menjadi pengusaha mandiri. Karena sudah memiliki branding yang kuat, pebisnis pemula waralaba Indomaret bisa meraup keuntungan yang menjanjikan.

Besaran Modal Franchise Indomaret

Besaran-Modal-Franchise-Indomaret

Setelah mengetahui peluang usaha Indomaret yang menguntungkan, beberapa orang mungkin bertanya-tanya berapakah kira-kira modal yang dibutuhkan untuk membuka waralaba Indomaret.

Biaya franchise Indomaret cukup variatif tergantung jenis waralaba yang dipilih yaitu sekitar 300 juta hingga 500 juta rupiah untuk toko baru. Sementara itu, jika ingin mengambil alih dari kemitraan lama, modal yang dibutuhkan sekitar 150 juta hingga 200 juta rupiah.

Besaran modal ini sudah termasuk biaya lisensi selama masa kontrak. Untuk jangka waktu kontrak Indomaret yaitu 5 tahun dan bisa diperpanjang jika sudah habis masa kontraknya.

Cara Gabung Franchise Indomaret

Cara-Gabung-Franchise-Indomaret

Untuk bergabung menjadi mitra waralaba Indomaret, ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

1. Menyiapkan Dokumen

Langkah awal untuk menjalankan bisnis waralaba Indomaret yaitu pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP dan KK.

2. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Pelaku usaha waralaba Indomaret harus memiliki lokasi usaha yang strategis dengan akses yang mudah misalnya di pusat keramaian atau tempat umum yang mudah dijangkau.

Selain itu, pelaku usaha franchise minimarket satu ini juga harus menyiapkan lahan untuk toko di area komersial dengan luas lahan idealnya yaitu 120-299 m2.

3. Menyiapkan Modal Usaha

Sama seperti usaha-usaha lainnya, bisnis waralaba Indomaret juga membutuhkan modal usaha. Sumber modal usaha ini nantinya akan dialokasikan kepada pihak Indomaret sebagai kepemilikan hak waralaba dan pengalihan usaha akan dilakukan sesudah permohonan kerjasama disetujui.

Berdasarkan situs resmi Indomaret, dana investasi yang diperuntukkan sebagai modal waralaba Indomaret ini berada pada kisaran 394 juta rupiah. Namun, jika ingin mengambil alih dari kemitraan lama, maka modal usaha yang perlu dipersiapkan hanya sekitar 150 juta rupiah saja.

Besaran modal ini sudah termasuk biaya lisensi atau hak waralaba untuk masa kontrak selama 5 tahun. Nantinya, masa kontrak waralaba Indomaret ini bisa diperpanjang kembali.

4. Menyiapkan Dokumen Usaha

Selain dokumen pribadi, pelaku usaha waralaba Indomaret juga harus memiliki beberapa dokumen usaha untuk menunjukkan kapasitas legalnya antara lain SIUP, IMB/IPB, STPW, NPWP, TDP, Site Planning, UUG/Diperlukan, PKP, dan IUTM/IUTS.

5. Melakukan Registrasi

Setelah semua dokumen lengkap, pelaku usaha waralaba Indomaret bisa melakukan registrasi melalui Call Center Indomaret. Selain itu, ada pilihan lainnya yaitu dengan mengunduh formulir pendaftaran melalui website resmi Indomaret.

Nantinya, pihak Indomaret akan mengirimkan tim peneliti atau tim survei untuk melakukan penyelidikan lokasi usaha yang diusulkan.

6. Melakukan Presentasi

Ada 2 tahapan presentasi yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha franchise untuk menjadi bagian kemitraan Indomaret yaitu pelaku usaha harus mengirimkan file yang diperlukan mencakup rincian kerjasama, jumlah investasi, sistem operasi, dan keuntungan bulanan.

Presentasi selanjutnya yaitu gambaran hasil survei yang telah dilakukan meliputi RAB (Rencana Anggaran Belanja) yang memperlihatkan rincian investasi.

7.  Mempersiapkan Pembukaan Toko

Setelah semua persyaratan franchise Indomaret terpenuhi dan pengajuan kerjasama sudah disetujui, maka langkah selanjutnya yaitu persiapan pembukaan toko. Sesuai dengan ketentuan Indomaret, franchise akan menerima program promosi.

Setelah gerai waralaba Indomaret dibuka, maka pelaku usaha franchise harus menandatangani kontrak perjanjian waralaba dengan masa kontrak selama 5 tahun dengan Indomaret.

Pebisnis waralaba Indomaret akan mendapatkan nota kesepahaman atau MoU yang berisi pengaturan pengurusan izin, pembukaan toko, renovasi toko, pemilihan dan pelatihan karyawan, peralatan toko, dan termin.

Tips Menjalankan Usaha Waralaba Indomaret

Tips-Menjalankan-Usaha-Waralaba-Indomaret

Setelah mengetahui cara bergabung waralaba Indomaret, ada beberapa hal yang wajib dilakukan dalam menjalankan bisnis waralaba satu ini. Nah, berikut ini tips menjalankan usaha waralaba Indomaret:

  1. Pebisnis waralaba Indomaret wajib mengikuti dan melaksanakan SOP sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pihak Indomaret untuk meminimalisir risiko kesalahan atau kerugian.
  2. Melakukan pemilihan lokasi yang strategis dan mudah diakses seperti pusat keramaian, lingkungan kampus, atau wilayah padat industri.
  3. Melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik minat masyarakat.
  4. Memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan sehingga mereka lebih nyaman saat berbelanja.
  5. Menyusun rencana dan menetapkan tujuan bisnis. Jika perubahan atau inovasi bisnis yang dilakukan cukup besar, maka sebaiknya konsultasikan dengan pewaralaba terlebih dahulu.

Dengan mengetahui peluang usaha dan syarat franchise Indomaret, pelaku usaha akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis waralaba satu ini.

Selain itu, agar usaha waralaba Indomaret berjalan dengan lancar dan menguntungkan, pastikan untuk melakukan pemilihan lokasi usaha yang tepat.

Leave a Comment

x