Gaji Kurir JNE, SiCepat, Shopee Xpress, dll + Besaran Tunjangan

Gaji kurir pasti menjadi salah satu pertanyaan yang terlintas di benak ketika ingin melamar posisi pekerjaan ini. Sekarang, profesi kurir paket memang cukup banyak diminati.

Hal ini seiring dengan bisnis ekspedisi yang semakin lama semakin berkembang pesat serta menjamur di berbagai macam daerah. Tidak mengherankan sekarang cukup banyak ekspedisi baru yang memiliki layanan pengiriman paket.

Trend ini juga turut membuka begitu banyak lowongan yang berkaitan dengan pekerjaan kurir paket. Namun, apakah penghasilan dari profesi ini besar? Berapa tunjangan yang mereka peroleh?

Gaji Kurir Berbagai Ekspedisi

Melansir dari berbagai macam sumber, berikut gaji sejumlah ekspedisi yang harus diketahui sebelum terjun dalam dunia pengiriman barang, antara lain:

1. Kurir JNE

Kurir-JNE

JNE menjadi jasa ekspedisi yang mungkin sudah sering di dengar. Dapat dikatakan jika ekspedisi ini sudah lama malang melintang di industri pengiriman barang Indonesia.

Untuk masalah honor kurir, kurir JNE bisa memperoleh gaji pokok mulai dari Rp2 juta hingga Rp2.7 juta perbulan. Bahkan, terdapat kurir yang memiliki gaji pokok hingga Rp3 juta perbulan, bergantung dari lokasi mereka bekerja.

Namun JNE bukan hanya memberikan gaji pokok saja, namun ada berbagai tunjangan yang diberikan contohnya seperti tunjangan uang service kendaraan, uang sewa motor, uang kehadiran, bonus tambahan, uang bensin bahkan hingga THR.

2. Kurir SiCepat

Kurir-SiCepat

Ketika membahas gaji JNT JNE dll lengkap, SiCepat juga menjadi ekspedisi yang tidak boleh dilupakan. Untuk honor pokok, gaji dari kurir SiCepat berada di angka Rp1.75 jutaan.

Selain memperoleh gaji tersebut, kuris juga memperoleh uang tambahan hingga Rp54 ribuan per hari sebagai uang makan. Bila dijumlahkan, dalam sebulan gaji yang mereka terima hingga Rp3.1 jutaan.

3. Kurir TIKI

Kurir-TIKI

Selain JNE, TIKI pasti juga menjadi ekspedisi yang sering di dengar. Lantas, berapa penghasilan kurir untuk ekspedisi ini? Pada ekspedisi ini, kurir yang memiliki status sebagai karyawan dapat menerima gaji kurang lebih Rp2.7 jutaan perbulan.

Selain gaji tersebut, ada pula tunjangan yang diberikan untuk kurir TIKI. Bila ditotal, gaji dan tunjangan yang diperoleh bisa mencapai Rp4.3 jutaan perbulan. Tentu menjadi penghasilan yang cukup fantastis.

4. Lazada Express

Lazada-Express

Jika gemar berbelanja online, Lazada pasti menjadi marketplace yang sering didengar. Untuk kurir dari Lazada, mereka memperoleh gaji Rp50 ribuan per hari, serta memperoleh tunjangan Rp2.100 per paketnya.

Bila dalam sehari dapat mengantar 50 paket, gaji yang mereka peroleh dapat mencapai Rp4.5 jutaan.

5. Kurir Ninja Express

Kurir-Ninja-Express

Berbeda dengan perhitungan gaji yang dimiliki oleh jasa ekspedisi lain, untuk Ninja Express, perhitungannya Rp100 ribuan per hari.

Selain mendapatkan gaji tersebut, kurir juga memperoleh tunjangan Rp300 per paket. Bila dapat melebihi target paket, nantinya kurir akan memperoleh insentif hingga Rp50 ribuan per hari.

Bila gaji kurir tersebut dijumlah keseluruhannya, dalam 26 hari kerja sebulan, dan melebihi target, gajinya dapat mencapai Rp4.3 jutaan.

6. Kurir Wahana

Kurir-Wahana

Ketika mencari ekspedisi yang memiliki harga miring, Wahana memang dapat dijadikan sebagai pilihan. Namun sebenarnya, berapa gaji yang diperoleh kurir ini?

Kurir dari Wahana yang memiliki status sebagai mitra freelance memiliki gaji Rp51 ribuan per hari serta memperoleh tunjangan Rp1500 per paket. Bila dihitung masih 26 hari kerja, serta mengantar 60 paket perhari, gaji yang diperoleh Rp3.6 juta perbulan.

7. Kurir J&T

Kurir-JT

Perhitungan honor kurir Kurir J&T sedikit berbeda. Untuk daerah Jakarta, honor kurir Kurir J&T mengikuti UMK serta UMP Jakarta. Di tahun 2020 lalu, gaji yang diperoleh Rp4.3 jutaan serta memperoleh bonus bila dapat mencapai target.

8. Kurir AnterAja

Kurir-AnterAja

Bagaimana dengan kurir AnterAja? Untuk kurir AnterAja, gaji yang diperoleh berbeda-beda setiap daerahnya. Tetapi, perkiraan gaji yang diperoleh dapat mencapai Rp3 jutaan perbulan.

9. Kurir Shopee Express

Kurir-Shopee-Express

Kurir dari Shopee Express juga memperoleh penghasilan sesuai dengan wilayah yang dimilikinya. Namun, perkiraan gaji yang mereka dapatkan mulai dari Rp3 juta hingga Rp3 juta perbulan.

Hal yang Harus Diketahui Saat Ingin Menjadi Kurir

Hal-yang-Harus-Diketahui-Saat-Ingin-Menjadi-Kurir

Ketika melihat gaji kurir yang mencapai Rp3 hingga Rp4 juta, pasti semua akan tergoda. Namun, menjadi kurir tentu saja tidak semudah seperti kelihatannya. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan ketika ingin menjadi kurur, seperti:

1. Memiliki Fisik yang Kuat

Kurir diharuskan memiliki fisik kuat, lebih-lebih kurir yang mengantarkan barang dengan menggunakan sepeda motor. Mereka harus dapat menghadapi berbagai macam kondisi cuaca serta bahaya.

Sedangkan, untuk kurir yang menggunakan van, mobil serta truk harus menghadapi macetnya lalu lintas, parkir yang sulit serta pembangunan jalan. Padahal, seperti yang kita ketahui, setiap harinya kurir terus dikejar target pengantaran barang.

2. Dapat Stress Karena Pekerjaan

Kurir akan menghabiskan waktunya untuk melakukan pengiriman. Meskipun saat melakukan pengiriman tidak diawasi oleh staf yang bersangkutan, namun harapan melakukan banyak pengiriman untuk mencapai target tentu akan membuat stress.

Lebih-lebih ditambah dengan kurir harus memikirkan seperti apa cara aman serta tepat waktu untuk mengantarkan paket tersebut. Masalah ini bukan tidak mungkin akan membuat stress karena pekerjaan.

3. Memiliki Ketelitian yang Tinggi

Kurir juga harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Kurir harus dapat melacak lokasi pengiriman dengan akurat serta proses pembayarannya. Kurir juga harus meminta foto, tandatangan hingga informasi penting seperti patokan alamat pengiriman.

Tidak hanya sampai di sini, karena kurir sering melakukan interaksi langsung dengan pelanggan, kurir juga harus bersikap sopan dalam berbagai kondisi, bahkan jika terdapat pertanyaan yang menyinggung dari pelanggan.

4. Memiliki SIM dan Motor

Kebanyakan kurir yang berada di Indonesia menggunakan kendaraan roda dua untuk melakukan pekerjaannya karena bisa mempersingkat waktu serta mempermudah pengiriman.

Oleh sebab itu, salah satu syarat yang diberikan oleh jasa ekspedisi ketika ingin menjadi kurir adalah mempunyai SIM C serta motor, meskipun beberapa perusahaan memiliki kendaraan khusus untuk kurir, namun akan lebih baik jika memiliki kendaraan sendiri.

5. Menghabiskan Banyak Waktu di Jalan

Kurir akan menghabiskan banyak waktu di jalan, oleh sebab itu kurir harus terbiasa dengan sejumlah rute serta area pengiriman. Bahkan harus memiliki kepekaan arah yang baik, karena harus mengirim barang dengan jadwal yang padat.

Alhasil, kurir harus merencanakan hari dan melakukan pengiriman dengan efisien, sehingga barang tidak sampai terlambat sesuai dengan estimasi yang diberikan oleh jasa ekspedisi.

Keahlian yang Harus Dimiliki Kurir

Keahlian-yang-Harus-Dimiliki-Kurir

Ada berbagai keahlian yang harus dimiliki kurir seperti kemampuan melakukan pengiriman serta pengumpulan dengan efisien dan cepat, keterampilan interpersonal serta pola pikir yang memiliki fokus pada pelanggan.

Kemudian, kurir juga harus handal, presisi, dan tepat waktu, memiliki keterampilan organisasi serta dapat memecahkan masalah. Hingga kemampuan mengatasi tekanan dari pelanggan dengan baik.

Jadi, bukan hanya gaji kurir saja yang harus diperhatikan, tetapi kemampuan yang harus dimiliki untuk dapat menjadi kurir juga harus dipertimbangkan. Mengingat, target pengiriman barang yang mereka miliki juga tidak sedikit.

Leave a Comment

x