7 Cara Berjualan di Shopee Tanpa Modal yang Terbukti Menguntungkan

Untuk Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis namun memiliki permasalahan dengan modal, sekarang tidak perlu bingung dan khawatir lagi. Ada cara berjualan di Shopee tanpa modal yang terbukti menguntungkan yaitu dropship.

Pada dasarnya cara berjualan di Shopee tanpa modal dropship itu menggunakan sebuah fitur yang bernama katalog. Di mana fitur itu memang sengaja dibuat shoppe untuk membantu para dropshipper dalam memasarkan produknya.

Dengan fitur itu, nantinya para pengguna bisa menyimpan produk-produk dari Shopee dan menshare kepada orang lain melalui media sosial sehingga bisa menarik banyak pembeli dan keuntungan yang diperoleh akan lebih besar.

Cara Berjualan di Shopee Tanpa Modal

Pada dasarnya, terdapat dua cara jualan di Shopee tanpa modal dropship yang bisa dipilih yaitu dengan membuat toko sendiri dan memasukkan beberapa produk ke marketplace itu. Adapun informasi lebih jelasnya seperti dibawah ini.

1. Membuat Akun Shopee

Membuat-Akun-Shopee

Ketika hendak berjualan di marketplace satu ini membuat akun termasuk hal yang wajib dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu mendaftar terlebih dahulu akun tersebut untuk menjadi seller. Adapun langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Pertama-tama unduh aplikasi Shopee di Play store.
  2. Setelah itu klik “Daftar” pada menu utama.
  3. Lakukan pengisian informasi akun.
  4. Kemudian masukkan nomor telepon, kode capta dan verifikasi.
  5. Lalu lakukan verifikasi nomor handphone dan email.
  6. Ubahlah username Shopee sesuai keinginan.
  7. Terakhir tambahkan foto profil toko.

2. Mencari Supplier Barang

Cara berjualan di Shopee tanpa modal selanjutnya yaitu mencari supplier barang. Apabila dalam hal ini belum menemukan distributor tangan pertama, maka bisa memperolehnya langsung di Shopee dengan mudah.

Karena umumnya di dalam marketplace itu terdapat banyak supplier yang memasarkan produknya secara online. Namun, dalam hal ini pastikan bahwa distributor itu telah memiliki reputasi yang baik sehingga bisa terhindar dari penipuan.

Dalam hal ini untuk mengetahui apakah supplier itu telah memiliki reputasi yang baik atau tidak, dapat dilakukan dengan cara membaca review dari orang-orang yang pernah membeli di toko itu atau melihat banyaknya rating.

3. Hubungi Supplier di Shopee

Hubungi-Supplier-di-Shopee

Setelah berhasil mendapatkan distributor yang tepat dan memiliki reputasi baik, maka tahap selanjutnya yaitu menghubungi para supplier itu untuk menanyakan apakah membuka sistem dropship atau tidak.

Apabila dalam hal ini para supplier itu membuka dropship, jangan lupa untuk menanyakan bagaimana sistem jualannya. Pada tahap ini yang paling terpenting yaitu menjalin hubungan baik dengan distributor itu. Jangan menganggap remeh sebuah hubungan dengan distributor walaupun tidak bertemu langsung.

4. Mengisikan Alamat

Mengisikan-Alamat

Langkah selanjutnya cara berjualan di Shopee tanpa modal yaitu mengisikan alamat sesuai tempat supplier. Apabila tahapan ini tidak dilakukan dengan benar, sangat berpotensi membuat bisnis yang sedang dijalani akan mengalami kerugian.

Terutama dalam hal ongkos kirim yang akan menjadi lebih mahal. Selain itu, sebelum mengirimkan barang mintalah ke pihak supplier agar nama pengirim dan nomor telepon yang dicantumkan adalah toko milik Anda.

5. Mengupload Foto Produk dengan Jelas

Mengupload-Foto-Produk-dengan-Jelas

Meskipun hanya berjualan secara dropship tetap saja harus memastikan bahwa foto produk yang diunggah jelas. Dalam hal ini, para pengguna dapat menambah deskripsi mengenai produk yang hendak dijual itu secara singkat atau tidak bertele-tele.

Apabila dalam menambahkan deskripsi produk mengalami kebingungan, dapat menirunya kalimatnya seperti yang dimiliki supplier itu. Tentunya, hal itu bukanlah termasuk masalah besar karena barang yang dijual juga sama. Bahkan, banyak juga distributor yang memang memberikan template tersebut.

6. Masukkan Data Rekening

Masukkan-Data-Rekening

Cara berjualan di Shopee tanpa modal dengan sistem dropship selanjutnya yaitu memasukkan data rekening secara jelas dan lengkap. Hal itu tentunya wajib dilakukan agar nantinya proses pencairan dana berjalan mulus pada saat barang telah sampai di tangan penerima.

7. Manfaatkan Layanan Gratis Ongkir

Manfaatkan-Layanan-Gratis-Ongkir

Shopee memang menjadi salah satu marketplace yang dikenal memiliki banyak fitur gratis ongkir. Maka dari itu, sebaiknya ketika memulai berjualan dengan sistem dropship tidak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur itu.

Hal itu tentunya bertujuan untuk menarik para pelanggan. Ditambah lagi saat ini banyak orang yang mempertimbangkan biaya ongkos kirim ketika sedang belanja online. Namun, perlu diketahui bahwa dalam pengaktifannya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Apa Saja Keuntungan Dropship di Shopee?

Pada dasarnya keuntungan terbesar dari dropship di Shopee yaitu minim modal. Hal itu dikarenakan dropshipper tidak perlu menginvestasikan uangnya dalam nominal yang banyak untuk memulai terjun ke dunia bisnis. Selain itu, masih ada keuntungan lainnya seperti berikut:

1. Mudah untuk Memulai

Sistem dropship Shopee ini akan mempermudah para penjual yang menginginkan berbisnis online tanpa khawatir dengan stok barang. Pasalnya dalam hal ini para seller cukup mengamati stok barang dari pihak ketiga, pengiriman produk dari e-commerce dan jumlah pesanan.

Selain itu, para seller juga tidak perlu khawatir lagi tentang pengemasan produk, pengepakan, pengolahan stok barang, pengiriman pesanan ke pembeli. Bagaimana Apakah Anda mulai tertarik untuk terjun ke dunia dropship?

2. Jam Kerja Lebih Fleksibel

Tentunya untuk menjadi seorang dropshipper diperlukan koneksi internet yang stabil untuk berkomunikasi dengan pemasok barang dan pembeli. Tidak hanya itu saja, seller juga bisa melakukan perencanaan penjualan.

Dengan begitu, membuat waktu kerjanya terasa lebih fleksibel. Selain itu, bisnis ini juga bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Bahkan, ketika Anda sedang berlibur bersama keluarga tetap bisa melakukan aktivitas ini.

3. Mudah untuk Diuji Coba

Cara jualan di Shopee tanpa modal dropship ini terbukti menjadi salah satu metode yang sangat bermanfaat untuk para pemilik toko ritel dan bisnis dalam meluncurkan produk terbarunya. Karena melalui dropship, pemilik toko dapat memperoleh informasi selera para pelanggannya.

4. Produk yang Bervariatif

Dikarenakan dalam sistem dropshipper tidak memerlukan pembelian barang terlebih dahulu atau menyimpan stoknya untuk memulai berjualan, maka produk yang ditawarkan kepada konsumen bisa lebih bervariasi.

Dalam hal ini, para pelaku dropship hanya perlu mengikuti trans masyarakat tanpa khawatir mengalami kerugian. Sebab tidak ada modal yang dikeluarkan untuk membeli stok produk. Tentunya kemungkinan jika mengalami kerugian nominalnya juga kecil.

5. Skalabilitas Cukup Tinggi

Umumnya, di dalam bisnis ritel saat jumlah pesanan mengalami peningkatan. Pastinya secara tidak langsung pekerjaan yang harus dilakukan menjadi lebih banyak. Hal itu juga akan berlaku pada bisnis dropship.

Meskipun begitu untuk peningkatan beban kerjanya bisa dibilang tidak terlalu signifikan apabila dibandingkan dengan bisnis ritel lainnya. Pasalnya, sebagian besar pekerjaan untuk memproses pemesanan telah dibebankan pada supplier.

Hingga saat ini sistem berjualan dropship masih banyak diminati orang. Hal itu tentunya dikarenakan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga kemungkinan untuk mengalami kerugian sangat kecil. 

Cara berjualan dengan sistem ini juga sangat mudah untuk dipraktekkan para pebisnis pemula. Ternyata, memang cara berjualan di Shopee tanpa modal terbilang mudah untuk dilakukan. Jika ingin mulai bisnis, tidak ada salahnya mencoba cara ini.

Leave a Comment

x