5 Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Koperasi merupakan badan usaha yang memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak heran jika peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia cukup signifikan sehingga kehadirannya sangat diperlukan.

Banyak orang yang menganggap koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia, karena eksistensinya telah tertera di dalam Undang-undang. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang kurang pemahaman terhadap kegiatan koperasi yang sesungguhnya.

Peran Koperasi Bagi Masyarakat

Peran-Koperasi-Bagi-Masyarakat Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Sebelum membahas tentang peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia, ada baiknya jika memahami peranannya bagi masyarakat terlebih dahulu. Pasalnya, tidak semua orang paham tentang peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Koperasi memiliki tujuan dasar dalam mensejahterakan anggota dan masyarakat di sekitar dengan layanan yang mereka tawarkan. Kunci keberhasilan suatu koperasi dalam mewujudkan hal tersebut, terletak di tangan para anggotanya sehingga partisipasi anggota sangat penting.

Anggota koperasi dapat diibaratkan sebagai tombak utama dalam keberlangsungan koperasi. Partisipasi yang diberikan oleh anggota merupakan wujud kepedulian terhadap sesama anggota demi mewujudkan tujuan bersama.

Efektivitas partisipasi yang dilakukan anggota koperasi tergantung dari interaksi, manajemen dan program yang dilaksanakan. Dengan adanya anggota yang produktif dan memiliki inisiatif yang tinggi, sebuah koperasi tidak hanya bisa mensejahterakan anggotanya saja tapi juga masyarakat secara umum.

Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Pemerintah telah menyesuaikan fungsi dan peran koperasi berdasarkan UUD 1945. Peran utama koperasi, yaitu sebagai alat yang digunakan untuk memimpin ekonomi sosialisme khas Indonesia.

Indonesia menjadi koperasi sebagai sendi kehidupan ekonomi dan dasar dari pengaturan ekonomi masyarakat. Tujuannya supaya taraf hidup masyarakat di Indonesia mengalami peningkatan dalam berbagai segi Khususnya perihal kesejahteraan.

Koperasi identik dengan gerakan ekonomi rakyat, hampir sebagian besar masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah. Mengandalkan koperasi sebagai penyalur modal usaha, lalu apa saja fungsi dan peran koperasi dalam perekonomian Indonesia? Berikut penjelasan selanjutnya.

1. Mengembangkan Kegiatan Usaha Masyarakat

Mengembangkan-Kegiatan-Usaha-Masyarakat Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yakni membantu mengembangkan kegiatan usaha masyarakat. Salah satu contohnya, koperasi yang menyediakan alat-alat pertanian untuk para petani.

Dengan adanya koperasi tersebut, para petani tidak perlu bersusah-payah mencari bibit, pupuk, dan peralatan pertanian di luar daerah. Sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah dan bisa mendapatkan bibit dan pupuk dengan kualitas terbaik.

Hal tersebut tentu akan membantu petani dalam mengembangkan dan mengoptimalkan hasil panennya. Hasil panen yang melimpah dengan kualitas yang baik akan meningkatkan pendapatan para petani tersebut.

2. Meningkatkan Pendapatan Anggota

Meningkatkan-Pendapatan-Anggota

Tidak hanya membantu mengembangkan kegiatan usaha masyarakat, koperasi juga memiliki peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia dengan meningkatkan pendapatan para anggotanya. Ketika seseorang bergabung menjadi anggota koperasi maka dia akan mendapatkan sisa hasil usaha (SHU).

Pada umumnya sisa hasil usaha akan dibagikan secara merata dari hasil keuntungan yang didapatkan oleh koperasi tersebut. Semakin besar partisipasi atau pengaruh setiap anggota terhadap kinerja koperasi, maka nilai sisa hasil usaha yang dia peroleh akan semakin besar.

Itu artinya setiap anggota koperasi memiliki hak mendapatkan bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan. Dengan begitu mereka akan mendapatkan pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk menambah modal usahanya.

3. Membantu Menurunkan Angka Pengangguran

Membantu-Menurunkan-Angka-Pengangguran

Peran koperasi dalam perekonomian adalah sebagai wadah untuk menampung para pengangguran. Kegiatan yang dilakukan koperasi cukup padat sehingga membutuhkan anggota untuk mengelola setiap aktivitas untuk mewujudkan tujuan bersama.

Dengan banyaknya koperasi yang bermunculan di berbagai daerah di Indonesia, angka pengangguran akan berkurang. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat bisa mulai ditingkatkan dengan berkurangnya jumlah pengangguran. 

4. Membantu Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Membantu-Meningkatkan-Taraf-Hidup-Masyarakat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, keberadaan koperasi dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran. Melalui kenyataan tersebut bisa disimpulkan bahwa berdirinya koperasi di Indonesia mampu membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Para pengangguran bisa bergabung menjadi anggota dan mengelola koperasi untuk mendapatkan bagi hasil keuntungan. Dengan begitu mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan lebih layak dari sebelumnya.

5. Turut Serta dalam Mencerdaskan Bangsa

Turut-Serta-dalam-Mencerdaskan-Bangsa

Tidak hanya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kehadiran koperasi juga turut mencerdaskan bangsa. Karena koperasi sering menyelenggarakan kegiatan pelatihan keterampilan kepada para anggotanya.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, koperasi juga ikut berperan dalam mencerdaskan bangsa. Dimana sebelumnya anggota tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan menjadi lebih tahu dan memiliki keahlian yang sebelumnya tidak mereka kuasai.

Fungsi Koperasi Secara Umum

Fungsi-Koperasi-Secara-Umum Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia

Berdirinya koperasi pastinya mempunyai tujuan dan fungsi bagi masyarakat, berikut ini ada beberapa fungsi koperasi yang perlu dipahami.

1. Mengembangkan Potensi Pada Anggota dan Masyarakat

Fungsi koperasi yang pertama, yaitu membantu membangun sekaligus mengembangkan potensi dan kemampuan para anggotanya, secara khususnya dan potensi masyarakat secara umum. Fungsi ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan ekonomi pada anggota dan masyarakat.

2. Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia

Fungsi selanjutnya, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada lingkup anggota  maupun masyarakat secara umum. Kualitas sumber daya manusia yang meningkat tentu akan memberikan manfaat bagi kemajuan perekonomian negara.

3. Memperkuat Perekonomian Negara

Tidak hanya itu saja, koperasi juga berfungsi dalam memperkuat ketahanan ekonomi negara. Fungsi satu ini dapat dikatakan sebagai pondasi kekuatan dan  ketahanan perekonomian masyarakat dengan menjadikan koperasi sebagai soko guru.

4. Mengembangkan Perekonomian Masyarakat

Fungsi koperasi yang terakhir,  yaitu mewujudkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat, dengan menerapkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Dengan kedua asas  tersebut perekonomian di dalam negeri bisa terus berkembang.

Tujuan Koperasi yang Wajib Dipahami

Setelah membahas tentang peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia belum lengkap rasanya kalau belum membahas tujuannya. Berikut ini ada beberapa tujuan berdirinya koperasi di Indonesia yang perlu diketahui:

  1. Meningkatkan perekonomian anggota dan masyarakat di sekitarnya
  2. Meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat di sekitarnya
  3. Membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang adil dan makmur
  4. Sebagai soko guru pada perekonomian nasional
  5. Membantu pelaku usaha dengan menawarkan harga yang relatif lebih tinggi
  6. Membantu anggota dan masyarakat dengan memberikan penawaran harga yang lebih terjangkau
  7. Memberi bantuan pinjaman modal kepada pelaku usaha kecil dan menengah

Prinsip Dasar Berdirinya Koperasi

Setiap badan usaha atau organisasi pasti  memiliki idealisme dalam menjalankan organisasinya. Tidak terkecuali pada koperasi yang mempunyai idealisme dan tertuang dalam prinsip-prinsip koperasi. Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 1992, prinsip dasar koperasi adalah sebagai berikut:

  1. Keanggotaannya dilakukan secara sukarela tanpa paksaan dan  terbuka
  2. Proses pengelolaan harus dilakukan secara demokratis
  3. Pembagian sisa hasil keuntungan harus diberikan secara adil sesuai dengan peran dan kontribusi masing-masing anggota terhadap kinerja koperasi
  4. Memberikan balas jasa kepada pemberi modal sesuai dengan jumlah modal yang diberikan
  5. Mengutamakan prinsip kemandirian
  6. Dalam mengelola dan mengembangkan kinerja koperasi, perlu diadakan pendidikan perkoperasian untuk anggota dan kerja sama antar koperasi

Jadi, itulah tadi pembahasan seputar fungsi, tujuan, prinsip, dan peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia. Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa koperasi memiliki peran yang cukup besar dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian nasional.

Leave a Comment

x