Apa Itu Routing Number BCA Untuk Transaksi Internasional (Paypal)

Routing Number BCA merupakan satu dari perkembangan dunia perbankan dalam usahanya untuk mengikuti berbagai tuntutan zaman yang kian modern. Globalisasi untuk berbagai hal lahir dari semakin modernnya kehidupan. Akibatnya, semua transaksi keuangan yang melibatkan perbankan ikut terimbas.

BCA yang merupakan bank dengan kualitas pelayanan tesendiri di Indonesia seakan menjawab kebutuhan akan transaksi lintas negara. Terlebih lagi, hal ini mampu mendukung para pebisnis nasional ataupun para enterpreneur muda untuk semakin mendunia.

Sehingga tak heran bila peminat BCA semakin bertumbuh dengan berbagai kelengkapan dan kemudahan dalam pelayanannya.

Routing Number BCA Untuk Transfer Internasional?

Sejatinya hanya dengan memiliki tabungan atau rekening dengan Bank BCA, siapapun telah dapat menikmati layanan transaksi baik lokal ataupun secara global. Memang harus diakui, alur dalam bertransaksi setingkat global tidak sesederhana transaksi pada level lokal.

Untuk melakukan transaksi yang melibatkan perbankan pada level global, proses alurnya memang membutuhkan semacam kode transaksi perbankan yang disepakati secara internasional.

Pengertian Routing Number

Pengertian-Routing-Number

Agar lebih jelas dalam memahami pengertian istilah ini, harus dimengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan routing number itu sendiri.

Routing number merupakan sebuah istilah yang digunakan dan disepakati oleh berbagai bank yang berada di luar negeri, lebih khususnya lagi bank-bank yang terdapat di berbagai belahan Eropa.

Routing number ini disepakati untuk digunakan dalam transaksi lintas negara ataupun yang bersifat inernasional. Lebih jelas tentang hal ini, terdapat beberapa hal yang telah disepakati Internasional sebagai ciri dari routing number, antara lain:

  1. Routing number terdiri dari nomor yang berjumlah lebih dari 9 digit.
  2. Nomor-nomor yang tertera merupakan angka atau nomor dari kode negara, lalu kode bank, dan selanjutnya nomor rekening yang menjadi tujuan transaksi.
  3. IBAN (International Bank Account Number) merupakan istilah lain dari routing number yang dikenal di tingkat global.

Tentang Routing Number BCA

 Tentang-Routing-Number-BCA

Bila muncul pertanyaan seputar bagaimana membuat routing number BCA, maka pertanyaan ini tidaklah tepat dikarenakan istilah routing number dari bank lokal Indonesia seperti BCA tidaklah memiliki apa yang disebut dengan routing number.

Hal ini telah disinggung sebelumnya bahwa routing number ini hanya dikenal atau digunakan oleh bank-bank yang berada di negara Eropa. Sehingga bank-bank di luar wilayah negara-negara Eropa dapat dipastikan tidak memiliki atau mengenal istilah routing number tersebut.

Khusus di Indonesia, bank-bank lokalnya termasuk BCA tetap dapat melayani kebutuhan dalam bertransaksi ataupun transfer secara internasional.

Pelayanan tersebut lazimnya menggunakan apa yang disebut dengan kode Swift (Swift Code). Maka, lebih tepatnya untuk transaksi luar negeri memerlukan kode Swift BCA daripada routing number BCA.

Sekilas Tentang Swift Code

Sekilas-Tentang-Swift-Code

Telah disinggung sebelumnya bahwa kode Swift adalah bentuk layanan atau mekanisme lain dalam bertransaksi tingkat internasional yang dilakukan bank-bank di luar negara Eropa khususnya Indonesia.

Kode Swift atau secara Internasional disebut Swift Code merupakan singkatan atas istilah Society for Worlwide Interbank Financial Telecommunication Code.

Swift dapat dijelaskan sebagai sebuah kode yang disepakati untuk digunakan dalam komunikasi antar jaringan dari berbagai bank di lingkup Internasional. Dengan kata lain, kode Swift merupakan sebuah kode dalam bertransaksi keuangan secara online di tingkat global atau internasional.

Istilah lain dari kode Swift itu sendiri adalah BIC atau Bank Identifier Code. Kode ini terbentuk dari aphanumerik nan unik dan khas berjumlah 8 hingga 11 karakter yang disesuaikan dan mengikuti standar  Internasional.

Perbedaan Routing Number dan Swift Code

 Perbedaan-Routing-Number-dan-Swift-Code

Sekilas memang terdapat kemiripan antara Routing Number dengan Swift Code. Namun, tetap ada perbedaan diantara keduanya, semisal routing number mampu membantu nasabah dalam identifikasi bank yang terdapat di negara-negara Eropa saja.

Adapun Swift Code mampu melakukan identifikasi hingga ke kantor cabang dalam aktivitas transfer atau transaksi di lingkup lintas negara atau Internasional. Beberapa perbedaan lain antara Routing Number dan Swift Code dapat dilihat dari poin-poin berikut ini:

  1. Segi bentuk kode. Kode routing number seringkali terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Adapun Swift Code hanya menggunakan rangkaian huruf dalam kodenya.
  2. Fungsi. Routing number lebih ditujukan untuk mengidentifikasikan sebuah akun yang bersifat personal atau individu. Sementara Swift Code sendiri lebih ditujukan pada pengidentifikasian bank tertentu.
  3. Cakupan wilayah layanan. Routing number hanya dipergunakan di wilayah negara-negara Eropa, adapun Swift Code dipergunakan dalam lingkup yang jauh lebih luas yakni dalam skala Internasional.

Penggunaan Kode Swift BCA

Penggunaan-Kode-Swift-BCA

Sekali lagi harus ditegaskan, bahwa layanan BCA yang disebut dengan Routing Number BCA dapat dipastikan tidak ada. Sebagai gantinya, layanan untuk keperluan transaksi keuangan di tingkat Internasional melalui BCA adalah dengan menggunakan Kode Swift BCA.

Kode Swift BCA sendiri adalah CENAIDJA dan alamat kantor pusatnya di PT Bank Central Asia Tbk, (Menara BCA, Grand Indonesia, Jl. M. H. Thamrin No. 1, Jakarta 10310).

Kode Swift ini akan digunakan tatkala akan melakukan transaksi melakukan transfer ataupun menerima uang lintas negara ataupun Internasional.

Transaksi yang dimaksud dapat melalui kartu kredit ataupun juga transfer bank. Kode Swift nantinya akan digunakan untuk keperluan proses verifikasi sehingga terjamin lancar dalam prosesnya.

Penggunaan Kode Swift BCA tatkala melakukan transfer atau menerima uang lintas negara ataupun Internasional terbilang mudah.

Caranya, cukup meletakkan kode swift BCA tadi persis di depan nomor rekening yang menjadi tujuan dari transferan dana tersebut. Contohnya, KODE SWIFT + Nomor rekening dari bank yang dituju.

Koneksi Routing Number BCA dan Paypall

Koneksi-Routing-Number-BCA-dan-Paypall

Kabar baiknya, routing number bank BCA ternyata bisa digunakan untuk transaksi menggunakan Paypall. Disini routing number digunakan sebagai identification code saat Paypall hendak mengirimkan dana menuju rekening yang telah terdaftar.

Routing number bank BCA untuk Paypall terdiri atas 7 angka, yaitu 014001. Agar lebih jelasnya dalam melakukan transaksi keuangan menggunakan Paypall berikut urutannya:

  1. Buka terlebih dulu aplikasi Paypall.
  2. Lanjutkan dengan memasukan password Paypall.
  3. Setelah masuk ke halaman utama, lanjutkan pilih menu ‘Setting’ di bagian sudut kanan atas.
  4. Lanjutkan dengn klik menu ‘Bank and Cards’.
  5. Kemudian klik ‘Bank Account’.
  6. Selajnutnya pilih menu ‘Go to Our Website’ ketika hendak menambahkan rekening bank pada situs Paypall.
  7. Setelah situs terbuka, koneksikan rekening bank BCA yang dimiliki. Caranya, masukkan nama bank, kode bank, nomor rekening (untuk keperluan ini pilih BCA diikuti swift code 0140012).
  8. Terakhir, pilih ‘Hubungkan Bank Anda’ lalu tunggu sampai selesai.

Sedikit penjelasan mengenai routing number BCA diatas akan memberikan gambaran kalau ternyata routing number bank BCA itu tidak tersedia. Untuk keperluan transfer ke atau dari luar negeri, routing number bisa digantikan dengan swift code yang terdiri dari 8 huruf seperti yang sudah disebutkan diatas.

Leave a Comment

x