Cara Ganti Kartu ATM BCA Chip, Syarat, dan Ketentuannya

Kartu ATM BCA chip merupakan salah satu produk layanan perbankan yang disediakan Bank BCA sesuai dengan himbauan dari Bank Indonesia. Bank BCA akhirnya meminta seluruh nasabahnya untuk beralih ke kartu ATM berbasis chip paling lambat tanggal 30 November 2021.

Tidak hanya untuk nasabah Bank BCA Prioritas saja, seluruh bank di Indonesia menghimbau nasabahnya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM berbasis chip sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing bank.

Perbedaan Kartu ATM BCA Chip dan Magnetic Stripe

Perbedaan-Kartu-ATM-BCA-Chip-dan-Magnetic-Stripe

Sebelum diminta untuk menggunakan kartu ATM Bank BCA chip, para nasabah Bank BCA menggunakan kartu magnetic stripe untuk melakukan transaksi pada mesin ATM atau juga EDC.

Selain memiliki manfaat dan keunggulan yang jauh lebih baik, kartu ATM berbasis chip juga memiliki perbedaan dari segi fisik dengan kartu ATM magnetic stripe. Berikut ini adalah perbedaan dan contoh ATM BCA chip:

  1. Kartu ATM Magnetic stripe memiliki garis hitam memanjang pada bagian belakang kartu. Sedangkan untuk kartu ATM Bank BCA chip tidak memiliki pola garis hitam tersebut lagi.
  2. Pada kartu ATM berbasis chip, terdapat chip dengan warna kuning sama seperti chip yang terdapat pada kartu perdana di ponsel. Chip tersebut yang nantinya akan terkena sensor pada mesin EDC atau mesin ATM untuk melakukan transaksi.

Syarat Ganti Kartu ATM BCA Chip

Syarat-Ganti-Kartu-ATM-BCA-Chip

Penggantian dari kartu ATM magnetic stripe dengan kartu ATM berbasis chip memiliki beberapa persyaratan. Syarat-syarat tersebut nantinya akan berguna untuk memperlancar proses pergantian menjadi kartu berbasis chip.

Berikut ini adalah syarat ganti kartu ATM BCA chip yang harus dipersiapkan oleh seluruh nasabah Bank BCA:

  1. Identitas diri, seperti E-KTP, SIM atau Paspor yang masih berlaku.
  2. Buku rekening tabungan Bank BCA yang berlaku.
  3. Kartu ATM magnetic stripe yang dimiliki sebelumnya.
  4. Penggantian kartu ATM berbasis chip untuk nasabah BCA dilakukan paling lambat dilakukan pada tanggal 30 November 2021 melalui kantor cabang Bank BCA terdekat.

Cara Ganti Kartu ATM Magnetic Stripe Menjadi Berbasis Chip

Cara-Ganti-Kartu-ATM-Magnetic-Stripe-Menjadi-Berbasis-Chip

Untuk mengganti kartu ATM menjadi berbasis chip, nasabah diminta untuk membawa persyaratan yang disebutkan di atas ke kantor cabang Bank BCA terdekat. Kemudian lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat.
  2. Sampaikan tujuan kedatangan kepada petugas atau security.
  3. Kemudian Anda akan dibawa kepada petugas yang terkait.
  4. Tunggu antrean sampai dipanggil.
  5. Anda akan diberikan formulir dari petugas untuk diisi dan di tandatangani.
  6. Kemudian lampirkan formulir tersebut dengan persyaratan yang dibutuhkan.
  7. Buat kembali PIN untuk kartu ATM berbasis chip yang diinginkan. PIN tersebut tidak harus sama dengan PIN yang ada pada kartu ATM magnetic stripe.
  8. Setelah proses selesai, kartu ATM berbasis chip tersebut dapat langsung digunakan untuk bertransaksi perbankan dan memiliki data rekening yang sama.

Mengapa Harus Ganti dengan Kartu Berbasis Chip?

Mengapa-Harus-Ganti-dengan-Kartu-Berbasis-Chip

Bank Indonesia memberikan surat edaran kepada seluruh bank di Indonesia untuk mengganti kartu ATM yang lama menjadi kartu ATM berbasis chip kepada seluruh nasabahnya.

Hal ini dikarenakan kartu ATM berbasis chip memiliki berbagai keunggulan yang lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya. Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh kartu ATM berbasis chip ini? Berikut ini adalah keunggulannya:

1. Keamanan yang Dimiliki

Kartu ATM berbasis chip memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kartu ATM sebelumnya. Kartu ini tidak mudah ditiru dan dibaca sehingga terhindar dari kegiatan skimming atau kejahatan lainnya.

Dengan begitu, tentu saja data dan saldo rekening dari nasabah menjadi lebih aman dan terlindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Teknologi yang Digunakan

Keunggulan yang kedua adalah dari segi teknologi. Pada kartu ATM berbasis chip memiliki teknologi yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan kartu ATM sebelumnya.

Dengan menggunakan kartu ATM berbasis chip, jaringan dalam memproses kegiatan transaksi pada mesin EDC dan mesin ATM menjadi lebih cepat.

3. Dapat Menyimpan Banyak Data

Keunggulan selanjutnya dari kartu ATM berbasis chip adalah dapat menyimpan data lebih banyak dibandingkan dengan kartu ATM magnetic stripe.

4. Pembayaran Menjadi Lebih Efisien

Selanjutnya adalah pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu ATM berbasis chip menjadi lebih efisien dibandingkan dengan kartu ATM magnetic stripe. Hal ini dikarenakan teknologi dan jaringan yang digunakan jauh lebih cepat sehingga transaksi yang dilakukan menjadi lebih efisien.

5. Sebagai Bentuk Perhatian Terhadap Nasabah

Selain keunggulan dari segi keamanan dan kenyamanan bertransaksi, kartu ATM berbasis chip juga merupakan suatu bentuk perhatian kepada nasabah untuk lebih melindungi mereka dalam bertransaksi.

Bagaimana Jika Kartu ATM Magnetic Stripe Tidak Segera Diganti?

Bagaimana-Jika-Kartu-ATM-Magnetic-Stripe-Tidak-Segera-Diganti

Pihak Bank BCA memberikan batas waktu kepada seluruh nasabahnya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe yang dimiliki sebelumnya menjadi kartu ATM BCA chip paling lambat adalah pada tanggal 30 November 2021.

Apabila lebih dari tanggal tersebut, nasabah tidak segera melakukan pergantian kartu maka kartu ATM magnetic stripe yang dimiliki akan diblokir oleh pihak BCA. Dengan begitu, nasabah tidak akan bisa melakukan transaksi apapun menggunakan kartu tersebut.

Meskipun diblokir, data dan saldo rekening yang ada pada kartu ATM tidak akan hilang dan masih sama. Nasabah juga masih bisa melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan cara yang lain, seperti m-banking atau juga bisa langsung melalui teller yang ada pada kantor cabang BCA terdekat.

Jenis Kartu ATM BCA

Seiring berkembangnya layanan perbankan yang dilakukan oleh pihak Bank BCA, kartu ATM yang mereka miliki juga semakin berkembang jenisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis kartu ATM BCA yang juga wajib untuk diganti dengan berbasis chip:

1. Kartu ATM BCA Blue atau Silver

Kartu-ATM-BCA-Blue-atau-Silver

Jenis kartu ATM BCA ini memiliki biaya pembuatan kartu sebesar Rp10.000 dengan biaya administrasi per bulannya sebesar Rp15.000. Untuk limit penarikan tunai pada kartu ini adalah sebesar Rp7.000.000. Sedangkan untuk limit transfer ke sesama Bank BCA adalah sebesar Rp25.000.000.

2. Kartu ATM Gold

Kartu-ATM-Gold

Selanjutnya adalah kartu ATM Gold yang memiliki biaya untuk pembuatan kartu sebesar Rp15.000 dengan biaya administrasi per bulan sebesar Rp17.000. Sedangkan untuk limit penarikan tunai sebesar Rp10.000.000.

Selanjutnya untuk limit transfer ke sesama rekening BCA adalah sebesar Rp50.000.000 dengan limit transfer ke bank lain sebesar Rp15.000.000.

3. Kartu ATM BCA Platinum

Kartu-ATM-BCA-Platinum

Yang ketiga adalah kartu ATM BCA Platinum yang biasanya digunakan untuk para pebisnis yang sering melakukan transaksi dengan jumlah yang besar. Biaya untuk pembuatan kartu ini adalah sebesar Rp20.000 dengan biaya admin per bulan adalah sebesar Rp20.000.

Untuk limit penarikan tunai sebesar Rp10.000.000 per harinya dengan limit transfer ke sesama Bank BCA adalah sebesar Rp100.000.000.

Itu tadi adalah informasi mengenai pentingnya kartu ATM BCA chip beserta syarat dan cara menggantinya. Jika belum mengganti kartu ke chip, segera ganti karena ada banyak keuntungannya.

Leave a Comment

x