3 Keuntungan yang Timbul Atas Perdagangan Saham

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling populer saat ini. Akan tetapi masih ada masyarakat yang belum mengetahui apa itu saham dan keuntungan dan resikonya. Di bawah ini ada penjelasan lebih lanjut mengenai keuntungan yang timbul atas perdagangan saham. 

Mengenal Apa Itu Saham dan Jenis-Jenisnya 

Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan bahwa seseorang tersebut memiliki nilai dalam sebuah perusahaan. Jika sering mendengar kalimat pemilik saham berarti artinya orang tersebut adalah pemilik perusahaan tersebut. 

Ada juga yang mengatakan bahwa saham merupakan sebuah tanda kepemilikan modal seseorang di sebuah perusahaan. Berapapun saham yang dimiliki oleh seseorang, ia berhak hadir dalam mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS. Saham memiliki banyak jenis yaitu sebagai berikut: 

1. Saham Preferen

Saham-Preferen Keuntungan yang Timbul Atas Perdagangan Saham

Saham preferen atau preferred stocks merupakan sebuah jenis saham yang merupakan gabungan dari saham obligasi serta saham biasa. Suku bunga pada saham preferen sifatnya tetap karena adanya campuran dengan saham obligasi. 

Pemilik saham mendapatkan sebuah hak tebus untuk menukarkannya dengan saham biasa. Bursa Efek Indonesia menjelaskan bahwa saham preferen memiliki kode sebanyak 4 huruf contohnya adalah ASII, MYOR-P dan WSBP. 

2. Saham biasa

Saham-biasa

Jenis saham kedua merupakan saham biasa atau common stocks. Saham biasa merupakan jenis saham yang dapat diklaim oleh seseorang berdasarkan kerugian dan keuntungan dari perusahaan. Contoh dari saham biasa adalah saham waran. 

Apabila sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan maka pemilik saham biasa akan memperoleh keuntungan paling terakhir. Selain itu dana yang sudah diinvestasikan ke sebuah perusahaan senilai dengan kerugian yang didapatkan perusahaan. 

3. Income Stocks

Income-Stocks

Income stocks merupakan nama lain dari saham unggulan. Saham yang harus dibayarkan setiap periodenya lebih tinggi dari periode sebelumnya. Hal ini yang membuat seseorang mendapatkan keuntungan lebih besar dari sebelumnya. 

4. Growth Stocks

Growth-Stocks Keuntungan yang Timbul Atas Perdagangan Saham

Growth Stocks merupakan sebuah jenis saham yang mengalami pertumbuhan pemasukan pada perusahaan. Terbagi menjadi dua yaitu Lesser Known atau Well Known. Lesser Known adalah saham growth yang berasal dari sebuah perusahaan tidak populer. 

5. Blue Chip Stocks

Blue-Chip-Stocks

Blue Chip Stocks merupakan sebuah jenis saham yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan besar. Saham tersebut biasanya dikeluarkan oleh seseorang yang memiliki jabatan tinggi dan penghasilan tetap. Banyak yang mengincar saham jenis ini karena bisa konsisten dalam membagikan hasil. 

Keuntungan yang Timbul Atas Perdagangan Saham

Keuntungan-yang-Timbul-Atas-Perdagangan-Saham

Anda harus ingat bahwa jika sebuah saham pasti memiliki resiko tergantung seberapa besar yang diinvestasikan. Apabila ada seseorang yang menawarkan keuntungan saham besar tanpa resiko itu merupakan sebuah kebohongan. 

Oleh karena itu tidak boleh sembarangan dalam melakukan investasi saham. Anda harus ingat high return, high risk. Semakin besar keuntungannya maka semakin besar pula resiko yang akan terjadi. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari perdagangan saham. 

1. Menerima Dividen dari Saham yang Ada di Perusahaan

Keuntungan yang pertama adalah Anda akan mendapatkan dividen dari kepemilikan saham di sebuah perusahaan. Dividen akan dibagikan ke seluruh pemilik saham sejumlah saham kepemilikannya. Semakin banyak saham maka akan mendapatkan dividen yang banyak pula. 

Akan tetapi dividen yang diberikan kepada pemilik saham berdasarkan keuntungan dari perusahaan. Dalam RUPS juga telah disepakati mengenai pembagian dividen oleh para pemilik saham. 

2. Mendapatkan Hak Turut Serta dalam RUPS 

Keuntungan yang timbul atas perdagangan saham yang berikutnya adalah mendapatkan hak dalam mengikuti RUPS. Jika memiliki sebuah saham di perusahaan maka memiliki kewajiban juga untuk menghadiri RUPS. 

Pemilik saham juga memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya mengenai strategi untuk perkembangan perusahaan. Selain itu pemilik saham juga akan mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. 

3. Mendapatkan Keuntungan dari Harga Beli dan Jual 

Apabila sebuah perusahaan mendapatkan keuntungan yang besar maka harga sahamnya juga akan semakin naik. Adanya kesempatan kenaikan harga ini biasanya digunakan oleh trade untuk menjual sahamnya dengan harga tinggi dari pembelian yang sebelumnya. 

Oleh karena itu trade akan mendapatkan keuntungan dari harga beli dan jual. Keuntungan tersebut dalam investasi disebut dengan istilah gain

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Melakukan Investasi Saham

Hal-yang-Perlu-Diperhatikan-Jika-Ingin-Melakukan-Investasi-Saham

Selain mengenai keuntungan yang didapatkan dari penjualan saham, sebelum berinvestasi ada kalanya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

1. Memiliki Sifat Skeptis 

Sebelum memulai melakukan saham Anda harus memiliki sifat skeptis. Sifat skeptis adalah tidak berharap menjadi kaya dengan cepat ketika melakukan investasi saham. Ada banyak tempat yang bisa menjelaskan kepada Anda mengenai investasi seperti buku, teman atau blog. 

2. Mencari Broker yang Tepat 

Untuk mendapatkan keuntungan yang timbul atas perdagangan saham sebelum memutuskan investasi harus memilih broker yang tepat. Beberapa hal penting diperhatikan ketika memilih broker . Pertama adalah berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan untuk perdagangan. 

Selain itu apakah seorang investor harus menjaga saldo minimal agar tidak terkena biaya tahunan. Kedua adalah jumlah minimal akun yang harus dimiliki oleh calon pemilik saham. Ketiga adalah dengan melakukan riset mengenai informasi yang akan didapatkan dari broker. 

Khusus untuk investor pemula sebaiknya mulai dulu dengan saham online. Broker saham online biasanya memiliki sedikit kurva pembelajaran selain itu broker saham online juga merupakan broker berkualitas dengan banyak platform. 

3. Mengetahui Keuntungan yang Akan Didapatkan 

Hal ketiga yang perlu diperhatikan ketika Anda akan melakukan investasi saham adalah dengan mengetahui keuntungannya. Ada dua keuntungan yang didapatkan dari menanam saham yaitu pembagian dividen dan capital gain

Sebelum memilih sebuah perusahaan, ada baiknya untuk mengetahui kebijakan pembagian dividen dari perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing, oleh karena itu penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. 

4. Mengetahui Target dan Tujuan Melakukan Investasi 

Agar mendapatkan keuntungan yang timbul atas perdagangan saham sebelum menanam saham ada baiknya untuk mengetahui tujuan dan targetnya. Jika di awal Anda tidak tahu mengapa harus melakukan investasi maka akan mengalami kebingungan di kemudian hari. 

Misalnya adalah Anda ingin mempersiapkan biaya pendidikan seorang anak beberapa tahun ke depan. Tidak ada salahnya untuk mulai melakukan investasi saham, akan tetapi carilah saham yang pergerakannya stabil untuk jangka panjang. 

5. Memiliki Kesanggupan Modal 

Hal terakhir yang juga harus menjadi pertimbangan Anda adalah kesanggupan modal dalam melakukan investasi. Jangan sampai Anda meminjam uang untuk melakukan investasi. Jangan memaksakan akan melakukan investasi yang besar padahal masih pemula. 

Sebaiknya Anda menggunakan uang sendiri yang memang menjadi uang simpanan. Jika masih seorang mahasiswa Anda bisa mulai untuk menyisihkan sebagian uang agar bisa melakukan investasi saham. 

Ternyata ada banyak keuntungan yang timbul atas perdagangan saham untuk para investor. Keuntungan investasi saham ada dua yaitu pembagian dividen dan capital gain. Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda dalam pembagian dividen.

Leave a Comment

x