3 Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Perekonomian dan Pemerintah Indonesia

IPTEK adalah singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi, IPTEK akan terus berkembang mengikuti zaman. Pengaruh perkembangan IPTEK terhadap perekonomian di Indonesia sebenarnya memiliki dua sisi, yakni pengaruh positif dan negatif.

IPTEK berperan penting dalam berbagai urusan sehari-hari, baik itu secara nasional maupun global. Berkat perkembangan IPTEK, semua pihak dapat saling berhubungan tanpa terkendala jarak. Sehingga ada banyak dampak positif yang bisa kita dapatkan berkat kemajuan IPTEK di era sekarang. 

Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Perekonomian di Indonesia

IPTEK mempunyai dampak positif dan negatif di beberapa bidang, khususnya di sektor ekonomi. Setiap ada hal baru yang muncul pasti tidak bisa dimanfaatkan secara sempurna untuk kegiatan positif.

Oleh karena itu, kita harus memahami apa saja dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh berkembangnya IPTEK, khususnya terhadap perekonomian. Berikut ini akan dijelaskan berbagai dampak positif dan negatif pada kegiatan ekonomi yang bisa timbul akibat IPTEK.

Dampak Positif IPTEK di Bidang Ekonomi

Pertama kita akan membahas tentang dampak positif IPTEK terhadap perekonomian di Indonesia, berikut penjabaran selengkapnya yang bisa disimak.

1. Membantu Produktivitas Industri Meningkat

Membantu-Produktivitas-Industri-Meningkat pengaruh perkembangan iptek terhadap perekonomian

Kemajuan IPTEK dapat membantu  produktivitas industri menjadi lebih meningkat. Berkat IPTEK kegiatan investasi dan reinvestasi akan berlangsung besar-besaran yang akan sangat berguna dalam kemajuan perekonomian.

Sekarang ada banyak sekali bisnis-bisnis digital yang bertebaran di mana-mana. Salah satunya bisnis online shop, bisnis digital ini membuat masyarakat lebih mudah berbelanja tanpa harus pergi ke supermarket atau pasar.

Bahkan masyarakat bisa memesan produk dari luar negeri, melalui platform marketplace internasional dengan mudah. Sekarang kegiatan impor kecil-kecilan bisa dilakukan dengan simpel tanpa perlu proses yang rumit.

2. Bisnis di Bidang Teknologi Semakin Marak

Bisnis-di-Bidang-Teknologi-Semakin-Marak

Pesatnya perkembangan IPTEK membuat banyak pengusaha yang tertarik menekuni bisnis di bidang teknologi. Saat ini industri di bidang teknologi sangat diuntungkan karena permintaan pasar yang terus meningkat, terutama pada produk dengan inovasi teknologi baru.

Meskipun tidak semua negara mampu memproduksi produk teknologi, nyatanya bisa diakali dengan mengimpor dari negara lain. Saat ini  banyak pengusaha Indonesia yang memilih menjadi distributor produk elektronik dari luar negeri untuk memperoleh keuntungan.

3. Pembayaran Lebih Praktis dan Mudah

Pembayaran-Lebih-Praktis-dan-Mudah

Berkat perkembangan teknologi yang terus meningkat membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah. Sekarang seseorang tidak perlu membawa uang tunai atau kartu debit saat melakukan pembayaran.

Dengan menggunakan QRIS kini masyarakat Indonesia bisa melakukan pembayaran di berbagai transaksi, dengan melakukan scan barcode menggunakan smartphone. Ini artinya masyarakat menjadi lebih mudah dalam melakukan transaksi yang secara tidak langsung berimbas pada perekonomian.

Untuk menggunakan fitur pembayaran QRIS, masyarakat perlu menggunakan mobile banking atau bisa juga dengan menggunakan e-wallet (dompet digital).

Dampak Negatif IPTEK di Bidang Ekonomi

Dampak-Negatif-IPTEK-di-Bidang-Ekonomi pengaruh perkembangan iptek terhadap perekonomian

Perkembangan IPTEK di Indonesia tidak sepenuhnya memberikan pengaruh positif. Tapi, dapat juga menimbulkan peluang-peluang negatif yang merugikan perekonomian di Indonesia.

Apa saja pengaruh negatif IPTEK pada bidang ekonomi? ini penjelasan selengkapnya terkait dengan dampak negatif IPTEK bagi perekonomian Indonesia.

1. Risiko Penipuan yang Dilakukan dengan Memanfaatkan Teknologi

Penipuan memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tidak hanya saat Anda berselancar di dunia maya. Namun, penipuan yang memanfaatkan teknologi sangat marak dan cukup terorganisir sehingga banyak korban yang mengalaminya.

Ada banyak sekali modus-modus penipuan yang dilakukan secara online, contohnya mudahnya ketika berbelanja online. Banyak sekali oknum penjual nakal yang mengirim barang tidak sesuai pesanan pelanggan.

Bahkan jika berbelanja online secara langsung tanpa platform perantara, seperti marketplace atau e-commerce. Ada kemungkinan besar barang yang dipesan tidak dikirim, jika pelanggan bertemu dengan penipu berkedok penjual online .

Tidak hanya itu, ada juga modus penipuan yang meminta data-data pribadi untuk digunakan membobol rekening tabungan korban. Dengan menggunakan kemajuan teknologi masyarakat perlu lebih waspada lagi agar tidak terjerat modus penipuan.

2. Pencurian Data Kartu Debit atau Kredit

Ketika berbelanja secara langsung menggunakan kartu debit atau kredit perlu hati-hati, karena ada banyak penipu yang mampu mengambil data dan uang yang kita punya. Dengan memanfaatkan teknologi, para penipu tersebut dapat mendeteksi transaksi yang kita lakukan dengan orang lain.

Pengaruh IPTEK Terhadap Pemerintahan

Setelah membahas pengaruh perkembangan IPTEK terhadap perekonomian di Indonesia, selanjutnya mari memahami dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK bagi pemerintahan.

Berikut ini penjabaran selengkapnya yang bisa disimak untuk mengetahui pengaruh IPTEK terhadap pemerintahan di Indonesia.

Dampak Positif IPTEK Terhadap Pemerintahan

Dampak-Positif-IPTEK-Terhadap-Pemerintahan

Pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memberikan dampak positif di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pelayanan Menjadi Lebih Baik

Kemajuan IPTEK membuat informasi dari pemerintah bisa diakses selama 24 jam secara penuh. Dengan memanfaatkan teknologi digital sekarang masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke kantor instansi terkait. Untuk mencari informasi mengenai suatu hal yang mereka butuhkan.

2. Pelaksanaan Kegiatan Pemerintah Menjadi Lebih Efisien

Proses koordinasi dari pemerintahan bisa dilakukan melalui e-mail atau melalui video konferensi yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Dengan begitu pemerintah daerah dan pemerintah pusat dapat lebih mudah melakukan koordinasi mengenai kegiatan atau kebijakan yang akan ditetapkan.

3. Pemanfaatan CCTV untuk Pemantauan Lalu Lintas

Closed Circuit Television (CCTV) akan mempermudah pekerjaan, para polisi Satlantas yang bertugas mengawasi kondisi lalu lintas. Bahkan beberapa perangkat CCTV yang dipasang di jalan dapat mendeteksi pelanggaran yang dilakukan masyarakat.

E-tilang menjadi salah satu dampak positif, atas kemajuan IPTEK di Indonesia yang mempermudah pemerintah menertibkan pengguna jalan.

Dampak Negatif IPTEK Terhadap Pemerintahan

Dampak-Negatif-IPTEK-Terhadap-Pemerintahan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semua kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak hanya berdampak positif. Berikut ini beberapa dampak negatif perkembangan IPTEK terhadap pemerintahan Indonesia.

1. Membutuhkan Anggaran Besar

Penerapan IPTEK pada fasilitas publik membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan tersebut tentu ada dana besar yang harus dikeluarkan pemerintah. Mau tidak mau pemerintah harus memangkas anggaran untuk kebutuhan lain demi menerapkan IPTEK di Indonesia.

2. Privasi Sulit Dijaga

Dengan bantuan teknologi, pemerintah bisa dengan mudah mendapatkan dan menyimpan data-data masyarakat. Tapi, di sisi lain pemerintah harus menjunjung tinggi privasi warga negaranya untuk keamanan.

Pasalnya, ketika semua informasi sudah dalam bentuk digital bisa mengakibatkan penyalahgunaan dari data-data tersebut. Pencurian data yang dilakukan oleh pihak asing secara ilegal bisa saja terjadi, sehingga pemerintah harus mempersiapkan sistem keamanan yang memadai.

3. Jangkauan Akses yang Terbatas di Daerah Terpencil

Tidak semua daerah mendapatkan akses internet yang memadai, sehingga tidak semuanya masyarakat bisa merasakan kemudahan terhadap IPTEK yang diterapkan pemerintah. Sehingga pemerintah harus melakukan pemerataan akses internet hingga ke daerah-daerah terpencil.

Dari pembahasan kali ini terkait dengan pengaruh perkembangan IPTEK terhadap perekonomian di Indonesia. Sekarang Anda bisa lebih tahu tentang dampak positif dan negatif kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan bagi perekonomian dan pemerintahan.

Leave a Comment

x