Konsumen dan Pesaing dalam Dunia Bisnis, Ini Penjelasannya

Mengenal konsumen dan pesaing sangat perlu dilakukan oleh setiap pengusaha. Cara ini adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam menekuni dunia bisnis.

Seperti halnya konsumen, keberadaan pesaing juga penting dalam menunjang perkembangan bisnis.

Bisnis dapat berkembang jika disukai oleh setiap konsumennya. Adapun keberadaan pesaing berperan sebagai pemicu semangat perusahaan agar senantiasa mengembangkan produk atau jasa ke arah yang lebih baik.

Artinya, konsumen dan pesaing adalah unsur penting dalam menunjang mutu usaha.

Jenis-jenis Konsumen

Jenis-jenis-Konsumen

Konsumen adalah individu atau organisasi yang membeli produk atau jasa dari suatu perusahaan.

Konsumen yang membeli produk dari perusahaan tertentu secara berulang-ulang disebut dengan pelanggan.

Ada dua jenis konsumen dalam dunia bisnis, yaitu personal consumer dan organizational consumer.

Personal consumer adalah konsumen yang membeli suatu barang atau jasa untuk digunakan atau dimanfaatkan sendiri. 

Adapun organizational consumer yaitu konsumen yang membeli barang atau jasa dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan ataupun menjalankan organisasi.

Dengan kata lain, pembelian produk atau jasa digunakan untuk kemaslahatan bersama di kalangan kelompok atau organisasi.

Peran Konsumen untuk Kemajuan Bisnis

Sebagai seorang pengusaha, mengetahui perilaku konsumen sangat penting karena hal tersebut dapat digunakan untuk merancang manajemen pemasaran.

Dengan melakukan riset sederhana maupun mendalam, maka akan bermanfaat dalam meraih keberhasilan dalam menjalankan usaha.

Beberapa manfaat yang diperoleh oleh pengusaha jika mengetahui perilaku konsumen yaitu sebagai berikut:

1. Meminimalisir Risiko Bisnis

konsumen dan pesaing

Pada dasarnya, tidak ada satu pun bisnis yang tidak mengandung risiko. Setiap jenis bisnis pasti memiliki tantangannya sendiri dan pengusaha perlu bersikap rasional dan bijak.

Risiko bisnis dapat dikurangi jika Anda dapat mempelajari perilaku konsumen dan melakukan evaluasi di beberapa hal dalam bisnis.

Dengan mengetahui perilaku konsumen, maka Anda dapat meminimalisir risiko yang merugikan perusahaan.

Jika dapat memahami perilaku konsumen, maka hal ini akan membantu Anda dalam membuat rancangan bisnis dan menghindari berbagai kemungkinan terburuk dalam berbisnis.

2. Bahan Mengumpulkan Feedback

Bahan-Mengumpulkan-Feedback

Dalam berbisnis, penting sekali untuk memperoleh feedback dari para konsumen yang telah memakai jasa atau produk yang Anda keluarkan.

Feedback adalah umpan balik dari konsumen berupa pendapat atau masukan yang akan berpengaruh dalam perkembangan usaha Anda.

Ingatlah bahwa konsumen adalah raja, dan raja harus dihormati.

Setiap masukan perlu ditampung dan pendapat konsumen harus dihargai demi kebaikan perusahaan Anda.

3. Menciptakan Strategi Bisnis yang Tepat

Menciptakan-Strategi-Bisnis-yang-Tepat konsumen dan pesaing

Perilaku konsumen harus ditanggapi dengan pikiran yang objektif dan rasional.

Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang disuka atau yang tidak disuka dari produk atau jasa yang digunakan oleh konsumen.

Jika sudah mengetahui informasi tersebut, tentu Anda dapat lekas memperbaiki produk atau jasa agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dengan kata lain, strategi bisnis dapat dirumuskan dan Anda dapat memberikan produk atau jasa yang inovatif dan bermanfaat bagi pelanggan.

Manfaat Memiliki Pesaing dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, pesaing juga disebut dengan kompetitor. Setiap jenis usaha pasti memiliki pesaing, baik dalam jumlah kecil ataupun besar.

Setiap pesaing pasti memiliki tujuan yang sama, yakni berusaha agar produk atau jasanya laku di pasaran.

Pesaing atau kompetitor adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang sama dengan yang Anda jual.

Kehadiran mereka dapat menjadi tantangan, namun dapat pula menjadi ancaman bagi bisnis yang Anda jalankan. Hal ini tergantung bagaimana cara menyikapi persaingan tersebut.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengenal konsumen dan pesaing bisnis. Adapun manfaat memiliki pesaing bagi pengusaha yaitu sebagai berikut:

1. Memberikan Motivasi

Memberikan-Motivasi

Tidak dipungkiri, kehadiran pesaing bisnis dapat menjadi motivasi tersendiri dalam menjalankan usaha.

Hal ini karena Anda akan selalu terpacu untuk memberikan produk atau jasa terbaik yang lebih unggul dari kompetitor Anda.

Dalam proses mengenal konsumen dan pesaing ini, tentu ada berbagai upaya yang harus dilakukan dan menuntut Anda untuk bekerja lebih keras.

Namun, itu bukan suatu masalah asalkan Anda dapat mencapai tujuan, yaitu mengalahkan kompetitor secara sportif.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kapasitas SDM, menjaga mutu dan reputasi perusahaan, menciptakan produk yang inovatif, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu akan mendorong Anda untuk menyuguhkan produk atau jasa yang sangat unggul.

2. Memicu Naiknya Performa Bisnis

Memicu-Naiknya-Performa-Bisnis

Jika motivasi dalam membangun usaha telah tertanam, maka siap-siaplah untuk menikmati hasil yang gemilang.

Usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh tentu hasilnya tidak akan mengecewakan. Dengan kata lain, bisnis yang dijalankan dapat semakin berjalan optimal dan unggul dari pesaing.

Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya kualitas kinerja yang Anda lakukan bersama tim.  

Jika memandang dari sisi positif, kehadiran pesaing tidak akan membuat Anda gentar dan minder. Justru, kehadiran pesaing harusnya mampu menaikkan performa Anda dalam menjalankan bisnis.

3. Merangsang untuk Berpikir Out of The Box

 konsumen dan pesaing

Seorang pengusaha yang kreatif mengenal konsumen dan pesaing dengan baik. Mereka tentu ingin tampil dengan branding yang berbeda dari pesaing bisnisnya.

Hal ini karena pengusaha tersebut tidak ingin terlihat sama seperti pasaran, sehingga dinilai tidak memiliki keunikan.

Perlu diketahui bahwa salah satu cara untuk bisa sukses menjalankan bisnis adalah dengan menjadi berbeda dengan para kompetitor.

Adapun alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan berpikir secara terbuka dan out of the box.

Apa yang dimaksud out of the box? Maksudnya, sebagai pengusaha, Anda harus memiliki pola pikir yang berbeda dari kebanyakan orang dan mampu menghasilkan inovasi atau gebrakan baru di dunia bisnis yang Anda geluti.

Inovasi dan pembaharuan sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya oleh para ilmuwan, tetapi juga oleh para pengusaha.

Pengusaha yang baik hendaknya dapat memahami kebutuhan konsumen secara bijak dan mampu memenuhinya terlebih dahulu sebelum hal tersebut dilakukan oleh kompetitor Anda.

Jika Anda menjadi yang pertama dalam menemukan inovasi, tentu para konsumen akan memberikan kepercayaan penuh pada produk Anda.

Perhatian khalayak umum akan lebih mudah tertuju para brand Anda. Sehingga, bukan tidak mungkin jika produk tersebut dapat mengalahkan produk dari kompetitor.

4. Memperoleh Pelanggan Setia

Memperoleh-Pelanggan-Setia

Jika reputasi sudah terbangun dan bisnis sudah memperoleh kepercayaan dari publik, maka pelanggan setia akan berdatangan untuk memakai produk atau jasa Anda.

Pelanggan adalah konsumen yang menggunakan produk Anda secara berkala dan tidak menggunakan produk dari kompetitor Anda.

Pelanggan setia adalah konsumen yang dapat menjadi penyemangat dalam mengembangkan bisnis.

Tanpa adanya pelanggan setia, tentu bisnis yang Anda jalankan tidak akan mudah mencapai posisi puncak dan menjadi yang terdepan dalam memenuhi kebutuhan para pembeli.

Dalam hal ini, mengenal konsumen dan pesaing memang memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

Jangan anggap pesaing sebagai pihak yang menghambat kemajuan bisnis, namun jadikan kehadiran pesaing sebagai motivasi agar bisnis semakin maju dan konsumen bertambah banyak.

Leave a Comment