Pinjaman KUR BRI Jika Nasabah Meninggal? Ini Penjelasan dari BRI!

KUR BRI atau biasa dikenal dengan Kredit Usaha Rakyat memiliki ketentuan tersendiri dalam hal pemberian pinjaman. Beberapa ketentuan diantaranya adalah mengenai pinjaman KUR BRI jika nasabah meninggal. Informasi ini perlu diketahui agar tidak menimbulkan spekulasi.

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai ketentuan BRI, maka simak ulasan penting berikut ini. Akan ada banyak informasi yang perlu diketahui sebelum melakukan peminjaman KUR di BRI, berikut ulasannya.

Target Pinjaman KUR BRI

BRI merupakan salah satu bank di Indonesia yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meminjamkan modal. Salah satu upaya BRI dalam memberikan modal tersebut adalah dengan memberikan pinjaman KUR BRI.

Sebagaimana namanya, maka dapat diketahui bahwa target KUR adalah masyarakat yang akan membuka usaha. Berikut adalah beberapa masyarakat yang menjadi bagian dari target pinjaman KUR.

1. Pengusaha Perseorangan

Salah satu yang menjadi target utama dalam pemberian kredit KUR adalah pengusaha perseorangan. Bagi siapa saja yang memiliki keinginan untuk menjalankan suatu usaha dan belum memiliki modal yang cukup. Maka, bisa mengajukan KUR untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan.

Bahkan modal yang diberikan bisa mencapai 500 juta jika memang membutuhkan modal yang cukup banyak. Apabila tertarik untuk mendapatkannya juga cukup mudah caranya. Tidak perlu mendirikan usaha bersama dengan teman saat akan mengajukan pinjaman.

Karena pengusaha perseorangan juga bisa melakukan pengajuan saat membutuhkan modal. Dimana cukup dengan menunjukkan usaha apa yang ingin dibuat dengan menunjukkan bukti konkret. Maka, proses peminjaman akan bisa dilakukan dan modal bisa didapatkan.

2. Pengusaha UMKM

Pengusaha-UMKM

Pengusaha UMKM juga bisa menggunakan jasa peminjaman dari BRI ini. Meskipun usaha yang dirintis masih kecil, namun pengusaha UMKM tetap bisa mendapatkan peminjaman ini. Untuk besaran peminjaman maksimal juga sama dengan ketentuan sebelumnya.

Dimana Bank BRI akan memberikan peminjaman dengan jumlah maksimal 500 juta. Tentunya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman tersebut. Termasuk ketentuan pinjaman kur BRI jika nasabah meninggal yang akan dijelaskan selanjutnya.

Apa Saja Jaminan dan Keuntungan Pinjaman KUR BRI?

Apa-Saja-Jaminan-dan-Keuntungan-Pinjaman-KUR-BRI

Apabila memiliki niatan untuk melakukan pinjaman KUR di BRI, ketahui terlebih dahulu mengenai ketentuan yang harus disiapkan. Sebagaimana diketahui bahwa setiap melakukan peminjaman terhadap penyedia jasa manapun juga memerlukan jaminan.

Namun hal tersebut tidak berlaku pada pinjaman KUR yang akan diberikan kepada nasabah. Karena sifat dari pinjaman ini adalah tanpa agunan atau jaminan. Sehingga tidak perlu merasa khawatir saat ingin mengambil KUR di BRI.

Selain tidak ada jaminan ataupun agunan untuk debitur, ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dari pengambilan KUR BRI ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan debitur selama mengambil KUR.

  1. Mendapatkan plafon KUR dengan maksimal 50 juta.
  2. Suku bunga yang akan dikenakan kepada debitur KUR cukup ringan yaitu 6 persen setiap tahunnya.
  3. Fleksibelitas waktu pembayaran KUR yang bisa dipilih oleh debitur sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Debitur bisa memilih untuk melakukan pelunasan dalam jangka 12, 18 ataupun 24 bulan.
  4. Bebas dari biaya administrasi maupun provinsi.

Itulah ketentuan dalam mengambil jaminan KUR BRI dengan banyak manfaat yang bisa diperoleh debitur. Selain mengetahui ketentuan tersebut, informasi yang perlu diketahui berikutnya adalah mengenai jenis KUR yang bisa digunakan. Simak penjelasan jenis KUR pada penjelasan berikutnya.

Jenis KUR BRI

Jenis-KUR-BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki banyak penawaran produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satunya adalah KUR yang memiliki beberapa produk turunan lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis KUR yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

1. Kredit Mikro

Kredit mikro bisa juga disebut dengan kredit investasi yang bisa digunakan dengan batas atas peminjaman hingga 50 juta. Produk ini diberikan BRI kepada pengusaha skala mikro atau kecil. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan oleh koperasi yang memiliki bisnis produktif.

2. KUR Kecil

Kredit modal yang diberikan dalam bentuk KUR kecil bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkannya. Pastikan terlebih dahulu memiliki usaha yang produktif sebelum mengambil kredit jenis ini. Untuk plafonnya sendiri, kredit jenis ini mencapai 50 hingga 500 juta.

3. KUR TKI

Sebagaimana namanya, KUR BRI satu ini memang diperuntukkan untuk memberikan pinjaman kepada para TKI yang tidak memiliki modal. Adanya KUR ini bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam biaya keberangkatan.

Sehingga TKI yang mengalami penundaan keberangkatan karena kurangnya biaya yang dimiliki bisa menggunakan jenis KUR ini. Untuk plafon pada pinjaman jenis ini mencapai 25 juta. Jumlah ini tentu akan cukup untuk membantu dalam memenuhi biaya keberangkatan keluar negeri.

Syarat Umum Ajukan KUR BRI

Syarat-Umum-Ajukan-KUR-BRI

Setelah mengetahui berbagai macam jenis KUR, penjelasan selanjutnya yang perlu diketahui adalah syarat dalam mengajukan KUR. Berikut ini adalah syarat umum dalam mengambil KUR di BRI.

  1. Seseorang yang memiliki usaha produktif dan layak untuk mendapatkan bantuan modal.
  2. Usaha yang dilakukan telah berjalan secara aktif paling tidak 6 bulan.
  3. Tidak sedang mendapatkan kredit dari bank lain, kecuali dalam bentuk KPR, KKB dan kartu kredit.
  4. Melengkapi persyaratan administratif seperti data diri dalam bentuk KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga) serta surat izin usaha.

Persyaratan yang disebutkan diatas adalah persyaratan secara umum. Sedangkan untuk persyaratan rincinya menyesuaikan dengan jenis pinjaman KUR yang diambil.

Pinjaman KUR BRI Jika Nasabah Meninggal

Pinjaman-KUR-BRI-Jika-Nasabah-Meninggal

Berbagai informasi mengenai KUR BRI telah didapatkan dengan cukup rinci. Namun, ada informasi yang tidak kalah penting yaitu mengenai pinjaman KUR BRI jika nasabah meninggal. Penjelasan mengenai masalah ini perlu diketahui agar bisa mempersiapkan kemungkinan terburuk.

Karena tidak sedikit orang yang menanyakan mengenai pinjaman KUR BRI jika nasabah meninggal apakah bisa diambil. Mengingat orang yang telah meninggal sudah tidak bisa menjalankan kewajibannya. Maka dari itu, info mengenai ketentuan nasabah meninggal ini perlu diketahui.

Berdasarkan ketentuannya, pinjaman KUR BRI tidak memiliki asuransi. Padahal asuransi inilah yang akan menjamin keberlangsungan KUR ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga karena tidak adanya KUR Ini, maka ahli waris lah yang berhak untuk melakukan pelunasan hutang-hutangnya.

Jika merasa khawatir akan risiko tersebut dan masih ragu pinjaman KUR BRI jika nasabah meninggal apakah bisa kembali. Maka, solusi terbaik adalah menggunakan produk pinjaman BRI lainnya yang menyediakan asuransi. Berikut ini adalah beberapa jenis pinjaman di BRI yang ada asuransinya.

Jenis PinjamanAsuransi yang akan diperoleh
KPR BRIAsuransi kebakaran/kerugian serta asuransi jiwa kredit
KPRS BRIAsuransi kebakaran atau kerugian serta asuransi jiwa kredit
KKB BRIAsuransi kerugian atas semua risiko
BRIGuna UmumAsuransi hingga 500 juta yaitu asuransi jiwa tanpa adanya Medical Check up
BRIGuna PendidikanAsuransi jiwa
Kupedes BRIAsuransi jiwa, asuransi jiwa kredit, asuransi kesehatan, dan asuransi kecelakaan

Setelah mendapatkan penjelasan sebagaimana diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pinjaman KUR BRI jika nasabah meninggal akan dilimpahkan ke ahli waris. Hal ini terjadi karena tidak adanya asuransi yang menjamin. Untuk mendapatkan asuransi, maka bisa gunakan pinjaman lainnya.

Leave a Comment

x