5 Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang untuk Semua Bank Secara Cepat

Kartu ATM merupakan sesuatu hal yang penting untuk setiap nasabah bank. Jika kartu tersebut hilang, tentu saja semua transaksi perbankan bisa tertunda. Namun, tenang ternyata ada cara melacak kartu ATM yang hilang dengan mudah.

Jika tiba-tiba mendapati bahwa kartu ATM hilang, tentu saja akan membuat panik. Apalagi jika ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu, langkah apa yang harus dibuat agar kartu ATM yang hilang dan saldo di dalamnya tetap aman?

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang

Bagi nasabah yang kehilangan kartu ATM ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak kartu ATM tersebut dan mengamankan saldo rekening di dalamnya. Caranya untuk mengamankan dan melacaknya adalah sebagai berikut:

1. Hubungi Customer Service Bank

Hubungi-Customer-Service-Bank

Salah satu cara untuk mengatasi kartu ATM yang hilang adalah segera memblokirnya. Hal ini berguna agar kartu ATM yang hilang tersebut tidak dipergunakan untuk hal-hal yang tidak baik dan saldo di dalamnya juga menjadi aman.

Setelah memblokirnya, Anda bisa kembali membuat kartu ATM yang baru dengan memindahkan saldo dari kartu ATM yang lama. 

Untuk memblokir kartu ATM yang hilang, Anda bisa menghubungi customer service bank dan menyiapkan beberapa syarat mengurus ATM hilang, seperti Nomor kartu ATM, identitas diri, nama dan nomor rekening yang terdaftar.

Syarat tersebut berguna sebagai cara melacak kartu ATM yang hilang. Dengan identitas tersebut, petugas yang terkait dapat langsung memblokir kartu ATM yang hilang untuk menghindari digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Customer service bank bisa Anda lihat pada buku tabungan yang dimiliki atau berikut ini adalah beberapa nomor customer service bank resmi yang bisa dihubungi dalam waktu 24 jam:

Nama BankNomor Customer Service
BNI dan BNI Syariah1500046
BCA dan BCA Syariah1500888
Mandiri1500300
BRI14017 atau 500017
BTN1500286
BTPN1500300

Selain menghubungi customer service bank yang resmi di atas, Anda juga bisa menghubungi sosial media yang dimiliki dari bank-bank tersebut untuk menginformasikan kendala yang kartu ATM yang hilang.

2. Transfer Semua Saldo ke Rekening yang Lain

Transfer-Semua-Saldo-ke-Rekening-yang-Lain cara melacak kartu ATM yang hilang

Untuk mengamankan saldo rekening dari kartu ATM yang hilang, Anda perlu untuk memindahkan saldo dari rekening yang terdaftar pada kartu ATM tersebut ke rekening yang lain jika punya. 

Langkah tersebut berguna agar uang atau saldo yang ada di dalamnya tetap aman dan tidak berkurang karena digunakan oleh orang lain.

Akan tetapi, jika tidak memiliki rekening yang lain sebagai tempat untuk memindahkan saldo dari kartu ATM yang hilang tersebut, Anda bisa langsung memblokirnya dengan menghubungi customer service dari bank terkait. Jika sudah terblokir, saldo Anda dijamin akan aman.

3. Kunjungi Kantor Cabang yang Digunakan

Kunjungi-Kantor-Cabang-yang-Digunakan

Cara melacak kartu ATM yang hilang selanjutnya adalah dengan mengunjungi kantor cabang yang digunakan. 

Sampaikan ke petugas yang terkait mengenai kendala yang dialami dan jangan lupa untuk membawa syarat mengurus ATM hilang, seperti identitas diri, buku tabungan dan beberapa jumlah uang yang mungkin diperlukan sebagai administrasi.

Setelah itu, petugas tersebut akan memverifikasi data yang Anda miliki, seperti saldo yang ada sebelumnya hingga kronologi kehilangan.

Kemudian petugas tersebut akan membuat kembali kartu ATM yang baru dengan memindahkan saldo dari rekening pada kartu ATM yang lama ke yang baru tanpa berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa meminta petugas untuk mengecek apakah ada transaksi yang terjadi melalui kartu ATM selama waktu kehilangan.

4. Membatalkan Transaksi Pembayaran Otomatis

Membatalkan-Transaksi-Pembayaran-Otomatis cara melacak kartu ATM yang hilang

Untuk mengamankan saldo dalam rekening pada kartu ATM yang hilang adalah dengan membatalkan segala transaksi pembayaran otomatis yang sudah diatur sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan melalui mobile banking atau aplikasi perbankan yang dimiliki.

Cara tersebut berguna agar saldo yang dimiliki dalam kartu ATM tidak tiba-tiba berkurang dan bisa mengetahui lebih mudah saldo tersebut berkurang karena pihak yang tidak bertanggung jawab atau tidak.

5. Melaporkan Kehilangan Kartu ATM di Kantor Polisi

Melaporkan-Kehilangan-Kartu-ATM-di-Kantor-Polisi

Beberapa bank biasanya meminta surat laporan kehilangan yang dikeluarkan oleh kantor polisi sebagai salah satu syarat cara melacak kartu ATM yang hilang atau membuat kartu ATM yang baru. 

Untuk syarat laporan kartu ATM yang hilang di polisi, hanya perlu membawa identitas diri dan menceritakan kronologi kehilangan dengan lengkap. Namun, ada juga beberapa bank yang yang tidak memerlukan surat laporan kehilangan dari pihak kepolisian.

Beberapa bank tersebut adalah sebagai berikut:

a. Bank BCA

Bank BCA sendiri secara resmi menyatakan bahwa nasabah yang memiliki kendala kartu ATM hilang tidak harus membuat surat laporan kehilangan dari kantor polisi. 

Nasabah tersebut bisa langsung melakukan pemblokiran melalui nomor customer service BCA, mobile banking atau langsung mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat. 

Syarat mengurus ATM hilang dari bank BCA hanya dengan menggunakan identitas diri beserta buku tabungan yang dimiliki selain nasabah yang mendaftar di BCA Xpresi. 

Selain itu, Anda juga hanya perlu membayar biaya administrasi pemblokiran dan pembuatan kartu ATM yang baru sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000 yang dipotong dari saldo yang dimiliki sebelumnya.

b. BNI

Selanjutnya adalah bank BNI. Bank tersebut tidak membutuhkan surat laporan kehilangan dari kantor polisi untuk memproses kartu ATM yang hilang. Nasabah hanya perlu membawa identitas diri, seperti SIM, KTP atau paspor, dan buku tabungan yang dimiliki.

Untuk menggantikan surat keterangan kehilangan dari polisi Anda hanya perlu mengisi formulir permintaan pembuatan kartu ATM yang baru. Selain itu, nasabah juga hanya diminta untuk membayar biaya administrasi kurang lebih Rp25.000.

c. BTPN – Jenius

Kemudian ada bank BTPN dan e-wallet yang juga dimilikinya, yaitu Jenius. Bagi nasabah yang kehilangan kartu ATM hanya perlu melaporkannya melalui aplikasi Jenius kemudian kartu ATM yang baru akan dikirim ke alamat yang dimiliki nasabah.

Cara Mencegah Agar Kartu ATM Tidak Mudah Hilang

Untuk menghindari kartu ATM mudah hilang, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Simpan Kartu ATM di Tempat yang Selalu Sama

Simpan-Kartu-ATM-di-Tempat-yang-Selalu-Sama

Agar tidak mudah hilang atau rusak, simpan kartu ATM di tempat yang selalu sama. Tempat tersebut, seperti dompet, tas kecil atau tempat yang selalu dibawa kemana-mana. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa menaruh atau ketinggalan kartu ATM ketika ingin melakukan transaksi.

2. Gunakan E-Card atau Dompet Digital

Gunakan-E-Card-atau-Dompet-Digital

Anda juga bisa menggunakan e-card atau dompet digital untuk melakukan transaksi dan meminimalkan penggunaan kartu ATM. Dengan menggunakan e-card atau dompet digital melalui smartphone juga dapat meminimalkan kehilangan kartu ATM karena lupa.

3. Gunakan Aplikasi M-Banking dan Smartphone yang Memiliki Fitur NFC

Gunakan-Aplikasi-M-Banking-dan-Smartphone-yang-Memiliki-Fitur-NFC cara melacak kartu ATM yang hilang

Dengan menggunakan smartphone yang memiliki fitur NFC dan aplikasi m-banking, Anda bisa bertransaksi melalui mesin ATM hanya dengan smartphone tersebut tanpa menggunakan kartu ATM. 

Dengan begitu, Anda juga meminimalisir kehilangan karena smartphone merupakan salah satu benda yang tidak pernah lupa. Itu tadi adalah beberapa cara melacak kartu ATM yang hilang beserta cara untuk menghindarinya. Bagi Anda yang kehilangan kartu, jangan langsung panik dan bingung. Langsung saja praktikkan cara yang sudah dijelaskan.

Leave a Comment

x