Cara Menjadi Agen Minyak Tanah Pertamina Resmi Sesuai Prosedur

Pertamina menjadi salah satu perusahaan minyak paling populer di kalangan masyarakat. Cabangnya pun ada dimana-mana, di seluruh pelosok Indonesia. Hingga kini Pertamina membuka peluang keagenan untuk masyarakat luas. Lantas bagaimana cara menjadi Agen minyak tanah Pertamina Indonesia?

Siapa saja punya kesempatan untuk bekerja sama dengan Pertamina, utamanya dalam hal penjualan minyak tanah. Namun sebelum bergabung para calon agen juga harus tahu bagaimana prosedur yang benar sehingga kerjasama bisa terwujud dan menghasilkan komisi sesuai target.

Syarat Menjadi Agen Minyak Tanah Pertamina

Sebenarnya cara menjadi Agen minyak tanah Pertamina sekarang bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Asalkan tiap pendaftar agen memiliki pengalaman yang bagus terkait penjualan minyak. Selain itu calon agen juga harus tahu apa saja syarat yang diatur oleh Pertamina sebelum menjadi agen resminya.

Maka sebelum membahas cara menjadi agen Pertamina secara resmi, berikut ini bisa disimak penjelasan detail terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon agen Pertamina:

1. Agen Merupakan Badan Usaha

Agen-Merupakan-Badan-Usaha Cara Menjadi Agen Minyak Tanah

Syarat pertama yang harus diperhatikan adalah terkait bentuk usaha mitra atau agen. Agen yang bekerja sama dengan Pertamina haruslah sebuah badan usaha. Baik itu koperasi, yayasan, usaha dagang, perseroan, dan lain-lain yang jelas agen bukanlah individu.

2. Melengkapi Kebutuhan Administrasi

Melengkapi-Kebutuhan-Administrasi

Persyaratan menjadi agen Pertamina tidak luput dari hal-hal yang terkait administrasi. Beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk syarat jadi agen Pertamina ini adalah seperti:

  1. Scan KTP
  2. Akta perusahaan/ badan usaha
  3. NPWP perusahaan
  4. Bukti kepemilikan tempat usaha
  5. Fotokopi rekening korang dalam satu tahun terakhir
  6. Rekening tabungan dan deposito
  7. Rekening giro dalam satu tahun terakhir

3. Menyerahkan Bukti Kerjasama Dengan Pertamina

Menyerahkan-Bukti-Kerjasama-Dengan-Pertamina

Untuk syarat yang satu ini sebenarnya tidak wajib, apalagi bagi calon agen yang sebelumnya memang belum pernah menjalin kerjasama dengan Pertamina. Syarat ini lebih ditujukan pada agen yang sebelumnya sudah pernah kerjasama dengan Pertamina untuk penjualan lainnya.

4. Fotokopi Sertifikat Kerjasama Pertamina

Fotokopi-Sertifikat-Kerjasama-Pertamina Cara Menjadi Agen Minyak Tanah

Sama halnya dengan syarat sebelumnya, syarat yang satu ini juga tidak wajib, namun jika ada bisa dicantumkan. Yang dimaksud dengan sertifikat kerjasama adalah sertifikat yang pernah diberikan oleh Pertamina kepada agen yang sudah pernah ikut program Pertamina Way.

Cara Menjadi Agen Minyak Tanah Pertamina Sesuai Prosedur

Setelah mempelajari apa saja yang menjadi syarat bermitra maka selanjutnya calon agen harus memahami bagaimana cara menjadi agen minyak tanah Pertamina bagi pemula yang sesuai dengan prosedur. Berikut ini detail prosedur untuk jadi mitra Pertamina:

1. Input Data

Input-Data

Proses paling awal untuk jadi mitra Pertamina adalah dengan melakukan input data. Namun sebelum itu calon agen harus mencari tahu lebih dulu melalui situs Pertamina atau menghubungi kontak Pertamina untuk langkah-langkah pengisian.

Beberapa jenis data yang harus diinput adalah seperti biodata pribadi, data perusahaan dan informasi lokasi usaha.

Saat melakukan pendaftaran di situs Pertamina, calon agen akan langsung diminta untuk mengisikan informasi lokasi. Untuk lebih detailnya, ini dia poin-poin prosedur input data:

  • Calon agen bisa mengisikan alamat lengkap sesuai dengan lokasi yang dipakai. Setelah mengisikan semua informasi erat lokasi, klik tombol simpan. Setelah itu calon agen juga akan diminta untuk mendetailkan rencana lokasi usaha.

Tuliskan detail yang sesuai dengan kondisi. Setelah itu barulah calon agen bisa langsung klik ‘lanjutkan pendaftaran’.

  • Laman akan mengarahkan pendaftar ke halaman registrasi. Data yang harus diisi dalam laman ini adalah nama perusahaan, email, nomor telepon.

Adapun nomor telepon yang dimasukkan adalah nomor yang nantinya akan dipakai selama beroperasi menjadi agen Pertamina. Selanjutnya bisa langsung memberikan centang pada pernyataan ‘saya telah membaca dan mehamai persyaratan……..’ .

Pastikan calon agen membaca lebih detail terkait pernyataan dan persyaratan yang sudah ada pada laman Pertamina tersebut. Sehingga kedepannya tidak ada konflik yang bertentangan.

  • Lanjut ke prosedur input data setelah pengisian registrasi, calon agen akan diminta untuk melakukan aktivasi akun.

Sebelumnya ketika proses registrasi sudah disubmit, calon agen akan mendapatkan nomor registrasi. Kemudian secara otomatis sistem akan mengirim link ke email.

Link atau nomor yang dikirim ke email tersebut adalah tautan untuk mengaktifkan akun mitra Pertamina. Saat aktivasi akun pun ada kode yang harus dimasukkan. Kode biasanya akan dikirim melalui pesan SMS.

  • Input data dilanjutkan dengan mengisikan profil pengusaha secara lebih lengkap. Mulai dari riwayat pendidikan, pekerjaan pengusaha, serta hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan pengusaha tersebut.

Yang dimaksud di sini adalah track record usaha yang dilakukan oleh calon agen dalam hak penjualan minyak tanah atau lainnya. Informasi ini nantinya akan menjadi pertimbangan Pertamina untuk menilai performa kinerja pengusaha tersebut.

Selain itu pihak Pertamina juga jadi tahu kekuatan finansial pengusaha tersebut sebagai modal menjalankan usahanya.

  1. Tak hanya profil pribadi pengusaha, calon agen juga harus mengisikan informasi lebih detail terkait profil perusahaan. Sama halnya dengan profil pengusaha, pada tahap ini calon agen harus mengisikan bagaimana performa dan kemampuan finansial perusahaan.
  2. Mungkin sebelumnya calon agen sudah diminta untuk mengisikan alamat lengkap dari tempat usaha. Kali ini calon agen juga diminta untuk menjelaskan bagaimana tata letak lokasi perusahaan.  Mulai dari bentuk lahan, kondisi lahan, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan bahwa faktor tata letak lokasi ini merupakan salah satu pertimbangan yang punya bobot berat dan akan menjadi penentu lolos tidaknya pengajuan agen Pertamina ini. Maka usahakan tata letak sesuai standar syarat Pertamina.

2. Verifikasi Awal

Verifikasi-Awal Cara Menjadi Agen Minyak Tanah

Masuk ke prosedur cara menjadi agen minyak tanah Pertamina kedua adalah proses verifikasi awal. Pada proses ini akan ada dua jenis tahapan. Tahapan pertama adalah seleksi yang berhubungan dengan kesiapan finansial. Kemudian tahapan kedua adalah terkait kesiapan lahan.

Pada tahapan awal, pihak Pertamina akan secara langsung memberikan penilaian terkait kesiapan calon agen dalam mengelola finansial usaha. Selain itu kesiapan finansial calon agen itu sendiri juga akan dinilai dan jadi pertimbangan.

Sedangkan pada tahap kedua yang berkaitan dengan lahan, pihak Pertamina akan menilai apakah lahan yang diajukan atau didaftarkan memang sudah sesuai dengan kriteria syarat lahan mitra Pertamina.

Dalam hal ini perlu diketahui bahwa calon agen Pertamina tidak diwajibkan untuk memiliki lahan terlebih dulu. Namun tetap harus ada detail rencana lahan yang akan dipakai untuk usaha bermitra dengan Pertamina ini. Dengan begitu bisa menjadi pertimbangan Pertamina.

3. Verifikasi Lapangan

Verifikasi-Lapangan

Tahapan caranya menjadi agen minyak tanah Pertamina yang terakhir adalah verifikasi lapangan. Setelah dilakukan verifikasi sesuai data inputan, maka kali ini pihak Pertamina juga akan melakukan verifikasi lapangan.

Pihak Pertamina akan secara langsung melakukan survey lapangan. Kemudian penilaian akan dilakukan dengan menyamakan kondisi lapangan dengan data yang sudah diinput oleh calon agen Pertamina tersebut.

Beberapa tahapan cara menjadi agen minyak tanah Pertamina di atas bisa menjadi acuan untuk Anda yang memang punya modal untuk bermitra dengan perusahaan minyak besar tersebut. Untuk info lebih lanjut bisa langsung membuka situs resmi Pertamina.

3 thoughts on “Cara Menjadi Agen Minyak Tanah Pertamina Resmi Sesuai Prosedur”

Leave a Comment

x